Wednesday, February 14, 2018

Cara Mudah Bayar BPJS Kesehatan




Teknologi modern sudah masuk ke hampir semua segi kehidupan manusia di zaman sekarang. Bisa kita lihat hampir semua orang yang kita temui dimana-mana memiliki smartphone yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Keperluan yang tadinya perlu diselesaikan dengan waktu lama dan jarak yang jauh, sekarang bisa diselesaikan hampir semuanya hanya dari smartphone atau gadget yang terhubung dengan internet.

Salah satu penerapan dari teknologi modern ini adalah di bidang pembayaran kebutuhan sehari hari. Dulu, semua pembayaran harus diselesaikan dengan mendatangi tempat pembayaran dan bertatap muka langsung. Harus keluar dari rumah, menempuh jarak beberapa kilometer, hanya untuk mengantri panjang dan menyelesaikan sebuah transaksi. Banyak dari kita yang merasa hal-hal semacam ini sangat membuang buang waktu, oleh karena itu sistem pembayaran online hadir untuk memudahkan kita semua melakukan transaksi pembayaran tanpa antri panjang dan capek menunggu selama berjam jam.
Banyak pembayaran yang sudah menerapkan sistem online seperti ini, tak terkecuali BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan memang dibutuhkan oleh banyak sekali warga negara indonesia sebagai fasilitas kesehatan yang murah, terutama untuk masyarakat dengan penghasilan rendah. Nah apabila teman-teman sudah terdaftar sebagai peserta BPJS, khususnya BPJS kesehatan dan perlu melakukan pembayaran iuran rutin, simak artikel dibawah ini untuk mendapatkan cara mudah melakukan pembayaran dan pengecekan tagihan BPJS kesehatan.

Bayar Lewat ATM

ATM, atau Automatic Transfer Machine, adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan kita. ATM tersebar di hampir seluruh penjuru nusantara, dan tentunya kita dapat dengan mudah menemukan ATM d idekat tempat tinggal atau tempat kerja kita. ATM sekarang sudah memiliki menu sendiri untuk membayar BPJS Kesehatan.

Secara umum, pembayaran BPJS kesehatan menggunakan ATM membutuhkan nomor virtual account. Beberapa bank sudah bekerjasama dengan BPJS kesehatan untuk kemudahan pembayarannya. Untuk bank BRI kodenya adalah 88888, BNI 88888 dan untuk Mandiri 89888. Nomor ini harus ditambah dengan 11 digit angka yang ada di kartu BPJS kesehatan kita. Gabungkan kode untuk bank kita dengan nomor di kartu BPJS, dan kita mendapat nomor virtual account BPJS Kesehatan.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kita lewati dalam melakukan pembayaran BPJS Kesehatan menggunakan ATM.

Mandiri :

-               Masukkan kartu ATM, password, serta bahasa
-               PIlih Bayar/beli
-               Pilih Lainnya
-               Pilih menu BPJS
-               Pilih jenis BPJS yang ingin anda bayar
-               Pilih Individu kalau anda ingin membayar akun BPJS perorangan.
-               Masukkan nomor virtual account anda (89888 + 11 angka di kartu BPJS)
-               Input nominal pembayaran dan berapa bulannya


BRI :

-               Masukkan kartu, nomor pin, dan bahasa
-               Pilih Transaksi Tunai atau Paket Tunai
-               Pilih Transaksi Lainnya
-               Pilih Pembayaran
-               Pilih Lainnya sampai anda menemukan pilihan BPJS
-               Pilih BPJS lalu BPJS Kesehatan
-               Masukkan nomor virtual account
-               Masukkan nominal pembayaran


BNI

-               Masukkan Kartu dan PIN
-               Pilih Pembayaran
-               Pilih BPJS
-               Masukkan Virtual Account
-               Pilih Kelas
-               Selesai

Selain dengan cara cara yang tertera diatas, kita juga bisa membayar iuran BPJS dengan smartphone dan gadget yang kita miliki. Berkat maraknya sistem pembayaran online yang hadir sekarang, pembayaran BPJS Kesehatan pun menjadi semakin mudah dan cepat. Salah satu website dan app yang bisa dicoba untuk menuntaskan pembayaran BPJS adalah Sepulsa. Dengan website Sepulsa ini, kita tidak hanya bisa melakukan pembayaran BPJS Kesehatan, namun kita juga bisa melakukan cek tagihan BPJS Kesehatan kita.

7 comments:

  1. Waah sekarang bayar-bayar makin mudah aja yaaa ga perlu ngantri loket

    ReplyDelete
  2. Aku kalau bayar BPJS biasanya lewat ATM lebih enak hihi.

    ReplyDelete
  3. Lebih enak lewat ATM sih.
    Nggak mesti antri lama-lama dan bisa dimana aja, asal ada ATM-nya.

    ReplyDelete
  4. wah ternyata harus input virtual account dulu yah cara bayar BPJS di ATM pantesan gagal terus terimakasih informnasinya

    ReplyDelete
  5. lebih enak bayar secara online, ga perlu keluar rumah wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Tugas bayar BPJS sama bapake Mbak Dew. Tapi saya pernah kepingin belajar dan paham gimana caranya, tapi belum-belum nyoba. Ternyata lewat gadet bisa yaaa, ya ampun dimudahkan banget ya, oleh teknologi internet yaaaa. Makasih yo MBak, informasinya

    ReplyDelete
  7. makin asik aja karena jadi lebih mudah :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran