Monday, March 18, 2019

Interview Lebih Sukses Dengan Tips Berikut


Sebenarnya ada banyak sekali tips interview kerja yang bisa diterapkan untuk teman-teman yang sedang mencari pekerjaan. Berikut ini akan dibahas beberapa tips interview kerja. Ada salah satu tips jitu pada saat wawancara kerja yaitu kita harus tenang dan menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, InsyaAllah kita bisa lebih sukses pada saat interview kerja pada suatu perusahaan.


Manfaat Menjadi Pendengar
Memang, nantinya kita akan menjawab berbagai pertanyaan wawancara dan harus juga menceritakan tentang diri kita pada sebuah sesi interview. Tetapi jangan sampai kita lupa untuk bisa memberi kesempatan untuk pewawancara untuk turut bicara juga. Dengan hal simple seperti ini, kita bisa lebih sukses pada saat interview kerja pada suatu perusahaan.
Tentunya kita tak akan pernah bisa tahu, apa saja insight yang bisa kita dapat dan juga bisa kita manfaatkan untuk bisa memaksimalkan sesi interview kita. HRD merupakan psikolog yang ahli dalam membaca insight atau kemampuan soft skill yang terdapat pada beberapa orang. Maka dari itu, lebih baik jika kita bisa meningkatkan kemampuan soft skill kita supaya bisa lebih sukses pada saat interview kerja pada suatu perusahaan.
Cari Tahu Lawan Bicara
Ada lagi cara tepat untuk bisa lebih sukses pada saat wawancara kerja pada suatu perusahaan yang memang jarang dilakukan dan terkesan tidak penting yaitu dengan mencari tahu siapa lawan bicara kita. Tentunya hal seperti ini terasa tidak perlu dilakukan karena HRD merupakan sarana atau media yang bertugas hanya meloloskan calon pegawai yang paling tepat saja. Dan tentunya akan lebih bermanfaat kalau kita tahu informasi yang lebih lagi mengenai perusahaan termasuk bahkan HRD yang nantinya akan mewawancarai kita. Dengan hal yang seperti ini, maka kita bisa lebih sukses pada saat interview kerja pada suatu perusahaan atau instansi.
Pada saat kita dihubungi oleh perusahaan, kita bisa menanyakan terlebih dahulu nama lengkap HRD yang nantinya akan mewawancarai kita. Memang sering pihak yang menelepon akan memberi tahu nama HRD yang akan menginterview, tetapi lebih baik jika kita tahu nama panjangnya. Dengan hal simple seperti ini, maka kita bisa lebih sukses pada saat interview kerja pada suatu perusahaan. Hal tersebut berguna supaya kita dapat mencari terlebih dahulu mengenai orang tersebut dengan menggunakan akses internet yang kita miliki atau sumber lainnya. Lalu seusai wawancara, ada hal simple lainnya supaya kita bisa lebih sukses pada saat interview kerja pada suatu perusahaan yaitu dengan meminta kartu nama orang yang mewawancara kita.
Ada salah satu hal yang pantang dilakukan pada saat wawancara yaitu menjawab ataupun menjelaskan dengan jawaban yang asal-asalan. Hal yang seperti ini bisa membuat kita susah untuk bisa lebih sukses pada saat interview kerja pada suatu perusahaan. Dengan kita menjawab ataupun menjelaskan sesuatu jawaban yang tak sesuai dengan hal yang ditanyakan bisa menimbulkan kecurigaan kepada pihak pewawancara. Lalu HRD akan berpikir dua kali sebenarnya kita menguasai bidang atau malah belum menguasainya.
Selain itu, hal yang lebih buruk lagi yaitu HRD akan memutuskan untuk tak melanjutkan pertanyaan wawancara  ke tahap selanjutnya. Tentunya hal tersebut dapat berakibat sangat buruk, maka dari itu kita harus menghindari hal seperti ini supaya bisa lebih sukses pada saat interview kerja pada suatu perusahaan. Demikian saja beberapa info mengenai tips dalam menghadapi sesi wawancara untuk mendapatkan pekerjaan, semoga bisa bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran