Friday, May 31, 2013

Komunitas (Menulis) Yang Ideal


Menurut Wikipedia Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu kedelapan.
Berhubung dari dulu saya suka menulis, maka komunitas yang saya ikuti sekarang ini adalah komunitas yang ada hubungannya dengan hobi saya ini, yaitu menulis dan komunitas perblogeran. Membuat blog pun digawangi oleh kesukaan saya menulis. Dan saya mengikuti komunitas-komunitas yang ada hubungannya dengan menulis dan perbloggeran, setelah saya menjadi Blogger (ehem... :P), walaupun berdirinya blog ini belumlah lama.
Tujuan saya mengikuti komunitas-komunitas ini, agar pengetahuan saya tentang menulis bertambah, dan tulisan sayapun semakin berkualitas. Karena saya sadar diri, walaupun saya senang menulis, tapi kualitas tulisan saya masih berada di bawah level bagus. Apalagi jika saya menulis Cerita Pendek/Cerita Mini (Cermin)/Flash Fiction. Sungguh, masih jauuuh banget dari kata bagus. Tanda bacanya pun masih acak-acakan. Keinginan saya untuk terus bisa mengembangkan tulisan inilah membuat saya semakin semangat untuk terus ikut komunitas-komunitas yang lain dan yang ada, tentunya masih berhubungan dengan menulis dan perbloggeran.

Dari sekian komunitas yang saya ikuti, ada juga komunitas yang kurang/tidak aktif. Artinya, tidak ada kegiatan yang berarti. Tapi di sisi lain, komunitas yang aktif, yang saya ikuti pun ada. Dan komunitas yang aktif inilah yang membuat saya konsen untuk terus mengikuti segala macam kegiatannya, walaupun saya belum bisa mengikuti kegiatannya secara offline (baru bisa mengikuti secara online). Hiks.. Tapi saya tetap semangat untuk terus bisa ikut 'nimbrung' dalam segala macam kegiatan yang diadakan oleh komunitas tersebut.

Dan setelah ada tantangan dari Anging Mammiri mengenai Komunitas Ideal di Minggu ke delapan ini, membuat saya berfikir, seperti apa ya, komunitas yang ideal itu? Apalagi ada komunitas-komunitas yang saya ikuti yang tidak terlalu aktif dalam kegiatannya.

Sehingga akhirnya saya mengambil kesimpulan, bahwa komunitas yang ideal adalah komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama (tentu dong, yang dicari kan memang yang seperti itu :P). Juga visi dan misi yang jelas. Ada struktur organisasinya. Selalu mengadakan kegiatan (yang positif tentunya) bagi angotanya/tidak vakum, sehingga ada interaksi sesama anggota. Tak kalah pentingnya adalah saling support sesama anggota, jika memang ada persaingan, persaingannya adalah persaingan sehat. Sehingga sesama anggota memberikan energi positif yang akan memberikan kenyamanan dan akan memberikan semangat kepada kita untuk terus ikut dalam kegiatannya. Komunitas yang tidak membosankan. Memang sulit ya, mulai dari membuat dan mengelola sebuah komunitas (bagi saya), apalagi jika anggotanya sudah banyak. Oleh karena itu, memang harus ada niat baik sebelum membuat sebuah komunitas. Dan saya angkat topi bagi mereka-mereka terutama para wanita yang telah berhasil/sukses membuat sebuah komunitas yang ideal. Menjaga tetap solid suatu komunitas, apalagi jika komunitas tersebut sudah bisa 'naik daun', menjadi berita di banyak media masa maupun di dunia internet, menjadikan kebanggan tersendiri bagi pendirinya dan juga anggota-anggotanya. Hidup Komunitas. Ehh... :)

Menjadi bagian dari komunitas, sangatlah seru. Banyak ilmu dan teman baru disana. Dunia seakan bertambah berwarna. Tidak melulu bertemu teman dengan bertatap muka, yang cenderung menghasilkan gosip hangat :), tapi bertemu dan bersilaturahmi di dunia maya yang sebelumnya tidak pernah terfikirkan dan terbayangkan. Walaupun ingin juga bertemu dengan mereka, teman dunia maya secara face to face. Memiliki teman banyak dari Sabang sampai Merauke, siapa takut? hehehe...

23 comments:

  1. lanjutkan perjuanganmu teh...*LohEh
    yang pasti kutunggu rabegnya teh... akukan salah satu komunitas haha...

    ReplyDelete
  2. saya sempet tertarik pengen ikut tantangan anging mamiri itu. Tp akhirnya gak jadi, takut gak sanggup :D

    ReplyDelete
  3. kalo aq punya duit, mau juga face to face sama semua teman dr sabang sampai merauke :D

    ReplyDelete
  4. @ Noorma Fitriana M. Zain : Terima kasih mba... yuk menulis terus :)

    ReplyDelete
  5. @Topics : Hari ini tadinya saya mau masak rabeg (tapi buat keluarga lho... hehehe), gak jadi krn dagingnya tdk tersedia di warung heuheu.. akhirnya masak kare ayam deh... qiqiqi (sengaja, biar ngiler :P)

    ReplyDelete
  6. @ keke naima : ga sanggup gimana mba? saya juga ga tiap minggu ikutan hehehe... jadi kalo sempet n ada ide nulis, baru deh posting :)

    ReplyDelete
  7. @ jiah aljafara : hehehe... iya mba, saya juga begitu :)

    ReplyDelete
  8. Great mak... tulisan ini sekaligus aku ambil yang baiknya untuk komunitas KEB, dan semoga mak Susanti betah di KEB dan di komunitas2 yang diikuti :D

    ReplyDelete
  9. Hihihi.. kayaknya perlu nih bikin acara kopdaran buat blogger wilayah Serang Cilegon ;)

    ReplyDelete
  10. saya juga suka angingmammiri sebab even #8minggungeblog nya sukses besar bikin saya hobi ngeblog. akhirnyaaa selain ngasah kemampuan nulis juga jadi kenal blogger2 kece ^^ bisa nyerap ilmu dari banyak orang. bisa kenal banyak orang ddengan cara yang mudah: main internet ^^

    tetap semangat ngeblog yaaa_
    Salam manis,
    Arga Litha

    ReplyDelete
  11. @ Mira Sahid : Wahhh... senangnya saya dapat kunjungan dari mak Mira Sahid trus blog ku di follow lagi hehehe... Makasih ya mak Mira. Saya betah banget di KEB (walaupun belum lama gabung). Dan saya salut sama mak Mira yg sudah bisa membuat komunitas yg baik dan bagus. Kata suami saya, membuat suatu komunitas itu gak gampang lho, Bu.... :) Perlu komitmen, kerja keras dll. Dan Mak Mira and the crew sdh membuat KEB 'naik daun' Sukses terus untuk KEB! :)

    ReplyDelete
  12. @ noestyle : betul mba Nurul. Yuk... kita bikin :)

    ReplyDelete
  13. @ Arga Litha : Terima kasih. Siip... keep writing!

    ReplyDelete
  14. aktif di komunitas apapun pasti seru ya. apalgi kalo bikin lomba2 kayak gini

    ReplyDelete
  15. Bergabung dengan komunitas memang banyak manfaatnya kalo memang komunitasnya berjalan dan didukung dgn baik oleh para anggotanya :)

    ReplyDelete
  16. @ IrmaSenja : Terima kasih mba Irma :)

    ReplyDelete
  17. @ rusdy hikmawan : betul sekali :) Makasih dah mampir

    ReplyDelete
  18. @ Lidya : terima kasih mba Lid, semoga mba Lidya juga terus dan tetap semangat dalam menulis ya...

    ReplyDelete
  19. @ Evi Sri Rezeki : betul mba Evi :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran