Wednesday, July 17, 2013

Seminggu Berpuasa

( Di foto tanggal 10 Juli 2013 Jam 15.30, masih ceria dan semangat  ^-^ )

Alhamdulillah, sudah seminggu kita berpuasa, semoga tak ada halangan dan rintangan dalam menghadapi minggu-minggu ke depan dalam berpuasa hingga sampai pada Hari Kemenangan, Idul Fitri. Aamiin. 
Pun sudah seminggu pula Farras menjalankan ibadah puasa pertamanya di bulan Ramadhan tahun ini. Dan Alhamdulillah lagi, ibadah puasa Farras lancar layaknya jalan tol, walaupun terbilang ini adalah tahun pertama Farras berpuasa di bulan Ramadhan. Mungin karena Farras sudah mengerti apa itu puasa, bagaimana itu puasa, dan apa saja yang harus dilakukan ketika kita berpuasa. Tak ada rengekan yang berarti dalam menjalankan ibadah puasanya, bahkan dikala adiknya sedang makan ataupun minum dan Farras melihat, Farras tak bergeming, tetap kuat dalam berpuasa, tak tergoda. Juga dalam menjalankan ibadah yang lainnya, seperti sholat lima waktu dan sholat Tarawih, tidak pernah ketinggalan. Syukur yang amat dalam kehadirat Allah SWT, selama seminggu Farras berpuasa, tidak pernah bolong sholat lima waktunya, dan juga tidak susah untuk diingatkan untuk sholat.

Hari Senin tanggal 15 Juli 2013 malam, setelah berbuka puasa dan sholat Maghrib, hujan turun sangat deras, diiringi suara halilintar yang keras dan angin kencang, rumah mertua saya kebanjiran (kami sedang tidur di rumah mertua). Air masuk ke dalam tiap ruangan yang ada di dalam rumah. Setelah hujan reda, kami pun mulai bersih-bersih dari air yang masuk ke dalam rumah. Otomatis kami tidak ada yang sholat Tarawih di Masjid. Biasanya Farras sholat Tarawih di Masjid bareng ayahnya, kali ini tidak. Setelah kami selesai bersih-bersih, Farras disuruh ayahnya untuk mencuci badan, wudhu langsung sholat Isya. Farras nurut. Sholat Isyanya diatas tempat tidur, karena lantainya masih basah. Tak kami kira, setelah sholat Isya, Farras langsung sholat Tarawih, tanpa panduan. Mungkin karena sudah seminggu ini Farras ikut sholat Tarawaih, jadi Farras merasa sudah bisa untuk sholat Tarawih sendiri, begitu juga dengan sholat Witirnya. Jadi terharu :)
Hanya saja, mengajinya belum setiap hari.

Ketika akan memulai puasa Ramadhan tahun ini, saya dan suami agak was-was, khawatir Farras tidak bisa bangun untuk sahur, tapi ternyata, hampir tiap hari Farras yang membangunkan kami  sahur, dengan semangat pula ^-^. Dan kami pun tidak menyangka Farras akan kuat dalam menjalankan puasanya. Makanya ketika Farras akan mulai puasa, kami memberi semangat berupa reward, yaitu jika Farras puasanya full sampai Maghrib, maka rewardnya adalah Farras memperoleh uang Rp. 10.000,- setiap harinya. Tapi jika puasanya hanya setengah hari, rewardnya hanya uang sebesar Rp. 5.000,- setiap harinya.

Suatu hari Farras bilang ke saya : "Ibu.. kata Ayah, Farras puasanya gak boleh batal, kalo gitu, udah aja uangnya langsung kasih ke Farras tiga ratus ribu, jangan nyicil sehari sepuluh ribu."
Alamak Farras.. Farras, itu sih namanya minta persekot dong... hehehehe...

16 comments:

  1. Semangat ya Faras. Semoga puasanya full terus.

    ReplyDelete
  2. lanjutkan "perjuanganmu" farraz | semoga jadi anak yg sholeh itu doa dari kakak ^_^
    *sedikititumahcuma300uangmamahkanbanyak*

    ReplyDelete
  3. hihihi.. minta dibayar dimuka.. pinter bgt farras.
    Klo anakku tiap hr nodong uang rewardnya. Pdhl maunya mo aku kasih pas lebaran nanti. Anak2 skrg emang canggih2 ya :D

    ReplyDelete
  4. Semoga semangat terus puasanya ya. Pascal dapetnya setengahnya 5rb :)

    ReplyDelete
  5. hahaha... emg seharusnya gitu ya Farras, lgsung 3 ratus ribu, biar kerasa banyaknya hehehe

    ReplyDelete
  6. @ Niken : Aamiin. Terima kasih tante Niken :)

    ReplyDelete
  7. @ Topics : Aamiin. Makasih ya, Om Taufik.
    (Jangan manas2in dong Om.. hehehe..)

    ReplyDelete
  8. @ covalimawati : Ada2 aja maunya, anak2 sekarang mah hehe..

    ReplyDelete
  9. @ Lidya : Aamiin. Yang penting mau belajar puasanya ya, mba Lid :)

    ReplyDelete
  10. @ Rini Uzegan : hehehe... iya Tante Rini, pengennya begitu, biar langsung bisa megang uang gede :)

    ReplyDelete
  11. Farras pinter bgt ya..Langsung minta reward Puasanya dimuka.

    ReplyDelete
  12. Keren Mbak...
    Anak seusia dia sudha bisa puasa, rajin lagi...
    Emang harus dikasih reward, jadi inget jaman masih kecil, he he he

    ReplyDelete
  13. @ Pendar Bintang : hehehe... iya, supaya lebih semangat lagi. Makasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  14. Farras pinter nih puasanya tidak ada lowongnya. Semangat.

    ReplyDelete
  15. @ prih : Alhamdulillah. Terima kasih :) Sampai hari ini pun, masih tetap semangat dalam berpuasa dan sholat 5 waktunya.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran