Monday, March 09, 2015

[Hijabku Karena....] Wajib

Pertama kali saya memakai jilbab tahun 1994 sesaat setelah saya lulus SMA. Sebetulnya keinginan saya berjilbab sudah ada di tahun sebelum-sebelumnya, tapi baru terlaksana setelah lulus SMA. Dulu.... kami menyebutnya jilbab, bukan hijab seperti yang banyak orang sebut sekarang ini. Menurut yang saya baca, pengertian jilbab dan hijab ini memang berbeda. Tapi saya tak akan membahasnya disini. Dan berhubung dari dulu saya sudah terbiasa menyebut dengan kata jilbab, maka saya akan menggunakan kata jilbab tersebut dalam tulisan saya. Toh... tetap saya mengartikan kata jilbab sama seperti hijab yang adalah pakaian tertutup yang menutupi seluruh tubuh wanita kecuali muka.

Yang membuat saya akhirnya berjilbab adalah ketika saya telah mengetahui ada surat dalam Al-Quran yang mewajibkan kepada seluruh muslimah untuk mengenakan jilbab, yaitu sesuai dengan Firman Allah dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab Ayat 59 yang berbunyi : 

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dan satu lagi ayat Al-Quran pada Surat An-Nur Ayat 31 yang berbunyi : 

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.

Dari surat dalam Al-Quran tersebutlah saya merasa bahwa kewajiban saya sebagai seorang muslimah belum dijalankan sebagaimana mestinya. Dari situlah saya tahu dan mengerti bahwa seorang muslimah wajib menggunakan jilbab untuk menutupi seluruh tubuhnya kecuali muka. Maka berdasarkan ayat tersebut, hati saya seperti terdorong-dorong terus menerus untuk menutupi tubuh saya dengan jilbab. Sepertinya hati saya tak merasa tenang manakala keinginan kuat saya untuk menutupi tubuh saya dengan jilbab belum terealisasi.
Saat itu memang saya dan teman saya janjian untuk menggunakan jilbab bersama. Saya dan teman saya sudah mengetahui bahwa ada kewajiban untuk seluruh muslimah yang diperintahkan Allah SWT lewat Al-Quran berupa kewajiban menutup aurat.
Jadi motivasi terbesar saya dalam menggunakan jilbab adalah perintah Allah yang termaktub dalam Al-Quranulkarim, bahwa adalah wajib bagi seluruh muslimah untuk menutupi seluruh tubuh kecuali muka. Saya tak menemukan kendala di saat saya menggunakan jilbab, karena di keluarga saya tak ada yang aneh jika ada anggota keluarga yang menggunakan jilbab, walaupun di keluarga memang saya orang pertama yang menggunakan jilbab, sehingga dalam mempertahankan pakaian saya, saya seolah direstui. Dan tak pernah ada keinginan atau apapun namanya dalam melepas jilbab saya. Bahkan di keluarga saya sebagian besar sekarang sudah menggunakan jilbab. Dan Alhamdulillah setelah 21 tahun ini saya menggunakan jilbab, saya masih istiqomah dalam pakaian saya ini. Dan semoga terus diberikan keistiqomahan oleh Allah SWT, walaupun saya pernah mencoba berbagai macam model jilbab yang sedang trend saat itu, Alhamdulillah saya masih setia dengan pakaian jilbab saya. 

Inilah salah satu penampakan saya dalam berjilbab :)





43 comments:

  1. Semoga istiqomah ya, mba Santi. Hidayah itu mahal. :')

    ReplyDelete
  2. kok ditulisnya penampakan sih mbak... hehe
    semoga istiqomah ya mbak... keren, udah 21 tahun menutup aurat... :))

    ReplyDelete
  3. Pengalamannya sama denganku, Mak. Setelah tahu hijab itu wajib, aku cepat-cepat pakai hijab. Semoga istiqomah ya, Mak.

    ReplyDelete
  4. Semoga selalu istiqomah ya mbak :)

    ReplyDelete
  5. wah keren jeng penampakannya .....good luck ya Ganya

    ReplyDelete
  6. semoga selalu istiqomah ya mbak santi :)

    ReplyDelete
  7. Yg pasti penampakannya makin cantik :)
    Goodluck ngontesnya mak :)

    ReplyDelete
  8. Semoga tetap istiqomah ya Mbak dgn hijabnya...

    ReplyDelete
  9. semoga tetap istiqomah dan bikin makin termotivasi utk berbuat baik ^ ^

    ReplyDelete
  10. suka ama penampakannya.. jilbabnya simple, syar'i dan anggun.. :)

    ReplyDelete
  11. Waah..penampakannya tetep goodloking kok mbaa he he..good luck ngontesnya :D

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, semoga istiqomah ya Mbak :)

    ReplyDelete
  13. saya alhamdulillah menggunakan jilbab dari SMP dan blm sempurna juga, tapi dari waktu ke waktu saya mulai mengerti bagaimana yang sesuai sampai sekarang kuliah insyaalloh terus menggunakan :) .. semoga istiqomah :)

    ReplyDelete
  14. Good luck, mamak tjantiiik binti shalihaaat :))
    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  15. Wah alhamdulillah dapat hidayah di usia semuda itu :)

    ReplyDelete
  16. semoga istiqomah..jilbab-nya syari'i dan tetep terlihat cantik

    ReplyDelete
  17. anggun mak..aku masih berantakan hijabnya...belum rapi..

    ReplyDelete
  18. saya pertamakali berjilbab kls 4 SD tapi cuma ke sekolah aja...kayanya pas kuliah deh baru benar2 paham makna berjilbab

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillaah..., ikut senang saya membaca pengalaman berhijab ini :)

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah sekarang semakin banyak anak gadis yang sudah berhijab, semoga semakin dan semakin banyak lagi remaja putri yang berhijab

    ReplyDelete
  21. Berhijab karena Allah lebih langgeng ya mbak

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillaah udah 21 tahun mak, sudah lumayan lama ya :)

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah.
    insya Allah istiqamah ya mbak

    ReplyDelete
  24. alhamdulillah.. sudah lama ya mbak memakai jilbab :)

    ReplyDelete
  25. wah, alhamdulillah hidayah langsung ditangkap ya Mbak Santi. Kalau saya dulu prosesnya panjang, sampai akhirnya insha Allah istiqomah kelak sampai mati

    ReplyDelete
  26. Sama mbak, aku pun mengenakan jilbab krn wajib... walau sering blm berjilbab yg syar'i... :)

    Semoga selalu istiqomah yah mbak, sukses GAnya.. :)

    ReplyDelete
  27. saya saja jadi ngefans sama dia biar anak saya lahir mirip dengan agan ada lesung pipi.a hehehe

    ReplyDelete
  28. Wah, lama juga ya sudah berjilbab.

    ReplyDelete
  29. http://www.aneka-obat.com/
    oke gan makasih..

    ReplyDelete
  30. Amiin.. semoga istiqomah y mba pake Jilbab nya...
    Hebatnya, mba Santi sudah dari muda berhijab... Kalau saya sejak punya suami saja.

    ReplyDelete
  31. menutup aurat adalah wajib, dan cara menutup aurat itu dengan memakai hijab dan menggunakan pakaian sesuai syariat Islam (tidak tipis, ketat dll). Terima kasih sharing-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) yg membuat jadi penasaran adalah justru perintah menutup aurat sebagaimana diperintahkan dalam QS. Al-'Araf: 26, bagaimana Pakaian Taqwa, Pakaian Terbaik versi-NYA, adalah berlaku bagi semua Anak Adam, Non-Islam bertaqwa?

      Delete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran