Sunday, June 14, 2015

Mangga Arumanis, Mangga Yang Harum dan Manis

Mangga Arumanis, Arum = Harum, adalah mangga kesukaan saya. Kenapa saya suka mangga Arumanis? ya karena itu, baunya harum dan rasanya manis sesuai namanya. Saya memang tidak suka buah yang berasa asam. Saya sukanya pada buah yang berasa maniiis. Mangga Arumanis itu, jika sudah tua dan matang, rasanya manis sekali dan harum jika dicium di bagian pangkalnya. Maka nya di depan rumah dengan luas tanah yang seadanya, saya menanam buah mangga Arumanis. Mangga Arumanis ini saya beli dari tetangga sebelah rumah karena memang dia punya usaha menjual tanaman buah dalam pot (tabulampot). Waktu itu saya memilih tabulampot mangga Arumanis ini, karena saya suka pada mangga ini. Sempat berbuah sekali. Rasanya memang manis banget. Saya gak kecewa membeli tanaman ini. Tapi setelah sekali berbuah, lamaaaa sekali gak berbuah-buah. Sempat bertanya-tanya, kenapa ini pohon, kok gak berbuah lagi. Padahal kalau melihat pohon mangga punya orang lain, sudah berbuah lebat. Akhirnya suami saya memangkas bagian dahan yang tidak indah dipandang mata, supaya rapi gitu.... dan ternyata memang ada efeknya, mangga Arumanis saya berbuah kembali, tapi tidak banyak. Aneh (lagi). Tapi biarin aja deh.... Setelah pohon mangga itu kami cuekin, eh... ternyata berbuah lagi, lumayan banyak :) Tapi suami saya terlalu terburu-buru untuk mengambil buahnya, padahal belum tua. Akhirnya buahnya rasanya asam begitu matang, karena tidak tua di pohon. 

Bentuk buah mangga Arumanis ini berbentuk jorong, berparuh sedikit dan ujungnya meruncing. Buah yang sudah tua berkulit hijau tua. Mangga ini berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur. Tanaman mangga Arumanis cocok hidup di daerah dengan musim kering selama 3 bulan. Masa kering diperlukan sebelum dan sewaktu berbunga. Jika ditanam di daerah basah, tanaman banyak mengalami serangan hama dan penyakit serta gugur bunga/buah jka bunga muncul pada saat hujan. Pohon mangga saya pun banyak yang rontok, mungkin ini terjadi ketika si pohon berbunga pada saat hujan. Karena memang iklim sekarang ini sedang tidak menentu. Di saat panas terik, tiba-tiba turunlah hujan, atau sebaliknya. Tanah yang baik untuk tanaman ini adalah gembur mengandung pasir dan lempung dalam jumlah seimbang. Nah... untuk yang ini, saya mah gak tau pisah euy.... Jadi setumbuh-tumbuhnya aja :(

Ternyata memang pemangkasan pohon itu memang diperlukan untuk perawatan. Jadi punya pohon juga harus dirawat, supaya muncul tunas-tunas baru, selain tentunya  penyiangan dan pemupukan. Kalau penyiangan, saya memang suka melakukannya. Penyiangan itu adalah mencabut rumput atau tanaman lain yang mengganggu yang tumbuh di sekitar tanaman. Untuk pemangkasan, itu adalah tugas suami hehehe... Sementara untuk pemupukan, gak pernah euy.... :( Maka nya mungkin buahnya tidak maksimal, walaupun terbilang lumayan banyak. 




21 comments:

  1. Makan mangga jenis satu ini, sebuah kenyang mb. Udah musim mangga mbak....?? Tempat saya kok blm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, gak cukup satu. Sudah mba, sudah lama malah :)

      Delete
  2. Ini udah musim mangga belum sih? Biasanya pas Lebaran ortu panen. Sebentar lagi berati :D

    ReplyDelete
  3. Mangga arumanis ini belum matang saja alias masih mengkal sudah enaaaak :)

    ReplyDelete
  4. aku suka mangga mbak, jadi kangen mangga di Indonesia, enak-enak

    ReplyDelete
  5. Dirumah mertua ada pohonnya nih mak :)

    ReplyDelete
  6. mangga kesukaanku..dan melihat mangga ini aku langsung...glek...

    ReplyDelete
  7. mangga itu buah favorit saya. Kalau lagi musim, setiap hari bisa makan mangga terus, gak ada bosennya :)

    ReplyDelete
  8. Kalo pohonnya udah besar butuh pot yg Lebih besar juga mba. Soalnya sy jg punya pohon nya tp masih keciiiiil dari biji ditanam

    ReplyDelete
  9. Sudah muslim lagi mak?. Tempatku masih berbunga saja, belum ada kemajuan. Seneng kalau lihat mangga arumanis berbuah banyak.

    ReplyDelete
  10. di sini malah belum musimnya mbak, banyak yang jual melon, semangka sama timun mas :D

    ReplyDelete
  11. itu jenis mangga favorit saya.. tapi disini belum banyak yg jual mangga.. mungkin sebentar lg.. ^^

    ReplyDelete
  12. Buah paling nikmat dimakan iitu klo buah dari pekarangan sendiri, ulaalaa

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran