Tuesday, March 01, 2016

Standard Penting dalam Membeli Lemari Pajangan

Berbagai pertimbangan sangat penting untuk dilakukan ketika hendak membeli sebuah lemari pajangan untuk rumah. lemari menjadi sekian perabot rumah tangga yang cukup penting untuk menjadikan rumah indah sekaligus rapi. Tanpa kehadiran lemari sudah tentu berbagai barang remeh-remeh yang dimiliki akan berserakan tidak beraturan. Menjadi perabotan yang penting ternyata juga memerlukan persiapan dana yang mendukung sebab harganya memang relatif lumayan. Apalagi jika memiliki detail tertentu dan diproduksi oleh pabrik furniture ternama.




Namun, kualitas ternyata tidak selalu dijamin oleh nama besar pabrik pembuatnya sebab bisa jadi mendapat lemari yang ringkih. Agar tidak keliru memilih lemari, maka perlu menimbang beberapa standar berikut:


Material yang bagus,
Bahan dasar yang digunakan untuk membuat lemari haruslah bagus, setidaknya cukup kuat dan bisa dilihat dari strukturnya. Lemari yang kuat biasanya dari material kayu jati yang cenderung memiliki sifat keras dan tahan lama. Material yang bagus biasanya memang lebih mahal, apalagi jika memilih ukuran lemari yang besar dengan detail desain yang berbeda.

Bagian pelengkap yang juga kuat,
Lemari tidak hanya tersusun oleh satu material saja, terdiri dari beberapa bagian dan sebagian memanfaatkan bahan tambahan. Sebut saja untuk kunci lemari, gagang pintu lemari, dan bagian-bagian lain yang melekat di dalamnya. Selain memperhatikan material dasar dari lemari pajangan  tersebut Kita perlu mengecek bagaimana kualitas bagian tambahannya. Cek kunci apakah dapat dikaitkan dengan kuat sehingga aman untuk menyimpan beberapa jenis barang penting. Gagang pintu lemari juga sebaiknya cukup kuat untuk menahan beberapa tarikan paksa dan membuatnya awet.

Lemari yang bisa berdiri tegak,
Saat datang ke toko lemari Kita pun sebaiknya mengecek apakah lemari tersebut dapat berdiri dengan tegak dan juga kokoh. Akan sangat mengecewakan jika lemari yang dibeli sedikit miring, sehingga beberapa perabot di dalamnya ikut miring. Jika hendak dijadikan pajangan maka nilai keindahannya akan berkurang dan menjadikan isi ruangan nyaris terlihat aneh. Selain memastikan berdiri dengan tegak sebaiknya juga cukup kuat ditandai dengan kekuatan kaki lemari tersebut. Semakin kuat kaki lemari berdiri maka menjadi salah satu tanda bahwa lemari tersebut memang cukup kuat untuk dibawa pulang dan dipajang.

Memperhatikan permukaan lemari,
Permukaan lemari yang berkualitas juga ditunjukkan dari finishing yang optimal, selain tampak indah juga halus ketika dipegang. Pengerjaan oleh ahlinya akan memperhatikan detail pengamplasan jika terbuat dari bahan kayu jati. Kemudian untuk material lainnya juga dicat secara maksimal agar tidak terlihat dan terasa kasar. Sebab semakin halus permukaan sebuah lemari maka akan terlihat semakin mahal meski harganya tidak demikian. Teliti memilih lemari pajangan memberikan kesempatan kepada Kita untuk mendapatkan lemari terbaik.

14 comments:

  1. Saya kemarin baru pesan almari kecil untuk anak saya mbak, setelah jadi ternyata tidak bisa berdiri rata tapi agak deglak deglik, ya udah saya ganjel aja supaya nyaman. Mau komplain malas :)

    Terima kasih sharenya mbak, mungkin lain kali kalau mau beli lagi harus memperhatikan beberapa hal tersebut ya :)

    ReplyDelete
  2. Bener2 harus teliti sebelim membeli ya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. betul mbak kadang permukaannya gak lurus , goyang-goyang giti. Ngeri kan pajangan jadi jatuh ya

    ReplyDelete
  4. Saya percaya dengan kayu berbahan kayu jati Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Benar Mbak. Artikelnya sangat membantu dalam proses memilih lemari yang awet dan tahan lama. Terimakasih :)

    ReplyDelete
  6. Di rumah Jawa masih terpajang lemari sejak 30 thn-an, msh kokoh, dari kayu dg ukiran khas-nya.

    Untuk baju anak2 saya pilih lemari plastik, pilih yg kualitasnya bagus, kokoh, tidak "deglak-deglik" hihi ..ngikut istilahnya mbak Anjar, komen di atas. Sip terimakasih mbak Santi.

    ReplyDelete
  7. Saya suka bingung pilih lemari pajangan mbak..

    ReplyDelete
  8. Klo saya dari segi bentuk dan harga..suka yang materinya dari serbuk kayu dipadetin itu apa..lupa namanya. Biasanya klo dah jadi furniture bagus2.../tapi sayang...pada nggak awet. Klo nggak berjamur..dimakan rayap..

    ReplyDelete
  9. Itu dia mba, masalahnya untuk lemari-lemari yang harganya murah, malah cepet rusaknya ya, belum lagi kalau ketemu problem rayap duhh nyerah deh

    ReplyDelete
  10. Wah thanks banget bun tipsnya :) jadi bakalan lebih selektif ketika membeli lemari

    ReplyDelete
  11. Makasih info nya, jadi bisa lebih teliti :D

    ReplyDelete
  12. jadi teringat beli lemari ke bapak tua yang lewat depan rumah. lemarinya, kecil, dibawa pakai sepeda kayuh ...asal beli aja karena kasihan :)

    ReplyDelete
  13. boleh nih tipsnya, biar ga salah beli hehehe..

    ReplyDelete
  14. Thanks untuk tipsnya.. Aku biasanya pastikan ukuran dan model yang dimau dulu, baru cari2 :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran