Monday, September 26, 2016

Bisnis Investasi di Indonesia

Kerjasama antar negara sangat dibutuhkan, apalagi di era global seperti sekarang ini. Negara kita, Indonesia pun selalu melakukan kerjasama dengan negara lain, bahkan sejak dahulu. Ibarat manusia, negara pun saling membutuhkan yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. Suatu negara tidak bisa berdiri sendiri. Negara satu dengan yang lainnya harus bisa saling mendukung. Salah satu contohnya adalah investasi. Negara kita, Indonesia masih membutuhkan investasi dari negara lain. Dan pastinya bukan hanya Indonesia yang butuh investasi dari negara lain, negara lain pun butuh investasi dari negara kita. Potensi-potensi yang merupakan kekuatan daya saing Indonesia dalam memperoleh investasi dari negara lain adalah salah satunya kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Sumber daya alam Indonesia sangat melimpah, dan masih kurang maksimal dalam pengelolaannya. Salah satunya terbentur masalah keuangan, untuk itu untuk mengelola sumber daya alam Indonesia, maka dibutuhkan investor dari negara lain, dan ini akan membuka bisnis investasi di Indonesia tahun 2016.
Dengan stabilitas politik yang terjaga selama 17 tahun pemerintahan demokrasi, perekonomian Indonesia telah siap untuk lepas landas, juga karena Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang turut serta mendorong pertumbuhan ekonomi di Asia. (www.bkpm.go.id) 

Banyak alasan mengapa perlu berinvestasi di Indonesia. Diantaranya adalah : Sumber Daya Alam yang dimiliki Indonesia, iklim investasi Indonesia, stabilitas politik yang terjaga, pasar domestik, peran global Indonesia di kancah Internasional dll.

Peluang investasi di Indonesia, dibagi menjadi : peluang berdasarkan sektor dan peluang berdasarkan daerah. Peluang berdasarkan sektor diantaranya terdiri dari : sektor bidang pertanian, infrastruktur, industri, pariwisata, dan maritim. Lumayan banyak ya, sektor-sektor di negara kita yang membutuhkan investasi. Sementara peluang berdasarkan daerah adalah peluang investasi di beberapa daerah di Indonesia seperti investasi di pulau Jawa, pulau Sumatera dll. Sepertinya di semua daerah di Indonesia, masih membutuhkan investasi untuk pengembangan wilayahnya. Seperti untuk Banten saja, propinsi dimana saya tinggal, ada infrastruktur yang memang membutuhkan investasi yang cukup besar seperti pembangunan bandara, jalan, pelabuhan, juga kelistrikan.

Lembaga sebagai penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah adalah BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Republik Indonesia. BKPM diberi mandat untuk mendorong investasi langsung, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, melalui penciptaan iklim investasi yang kondusif. (www.bkpm.go.id) 

Semoga saja iklim investasi di Indonesia selalu berjalan secara kondusif untuk percepatan pembangunan Indonesia.

7 comments:

  1. Investasi di Indonesia itu memang menguntungkan. Dan saya pun berinvestasi, tapi modal belum cukup :(

    ReplyDelete
  2. Semoga ke depan Indonesia semakin maju dan yang paling penting adalah: kemakmurannya dirasakan oleh seluruh bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Bisnis investasi di indonesia kalau menurut saya mah memang sangat menguntungkan sekali mbak karena memang muantappp juga soalnya waktu itu teman saya pernah membagikan pengalamannya kepada saya dan ternyata memang sangat menguntungkan dan akhirnya saya putuskan untuk belajar kepadanya sampai sekarang juga masih belajar karena belum terlalu menguasai ilmunya.

    ReplyDelete
  4. Semoga saya bisa menjadi salah satu investor di Indonesia :D

    ReplyDelete
  5. Dengan penduduk terbesar kesekian di dunia wajar saja investasi di negara kita sangat menggiurkan.

    ReplyDelete
  6. ada banyak elemen penting yang perlu dipastikan terjaga agar iklim investasi di Indonesia bisa selalu kondusif :)

    ReplyDelete
  7. investasi menarik tapi harus hati2 juga ya mbak

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran