Tuesday, November 08, 2016

Investasi di Indonesia



Kita semua tahu bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang banyak, luas dan memukau. Bukan hanya sumber daya alamnya saja, tempat pariwisatanya pun selalu membuat penasaran untuk bisa didatangi oleh para pelancong baik domestik maupun mancanegara. Jika sumber daya alam yang melimpah plus tenaga kerja muda yang terampil, pasar domestik yang terus tumbuh dan berkembang, serta dukungan pemerintah dalam mendukung peningkatan iklim investasi dan Indonesia selalu berperan dalam kancah Inernasional, tidak dapat dipungkiri jika Indonesia akan menjadi tujuan investasi banyak orang, entah dari dalam negerinya sendiri maupun investasi dari asing/luar.

Banyak alasan mengapa Indonesia menjadi tujuan investasi, diantaranya adalah : tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi, kondisi politik yang stabil, iklim investasi. Pastinya kita sudah tahu bahwa pemerintah selama ini telah bekerja keras untuk terus bisa mereformasi iklim investasi untuk menciptakan investasi yang aman dan menarik. Sumber daya alam juga merupakan alasan lain mengapa Indonesia menjadi tujuan untuk berinvestasi, juga perekonomian yang sehat, dll.

Bahkan pemerintah sudah mulai mereformasi perizinan yang rumit menjadi lebih mudah dalam hal investasi di Indonesia, seperti perizinan dalam usaha migas sehingga akan lebih mempermudah para pelaku usaha dalam menginvestasikan dananya di negara kita. Dengan memangkas sistem perizinan tersebut, akan memangkas pula perpunglian yang sering dan marak terjadi di Indonesia. Inilah yang saya sebut bahwa pemerintah sudah bekerja keras memabangun sistem agar para investor akan lebih banyak lagi berinvestasi di Indonesia. Karena memang izin yang rumit akan membuat para investor mundur secara teratur. Dan sepertinya pemerintah mengerti akan keinginan para investor ini yang akhirnya memberikan kemudahan-kemudahan. Bukan hanya di bidang perizinan pemerintah mau berubah, dalam hal infrastruktur pun negara/pemerintah diharapkan mau berubah. Memberikan infrastruktur yang baik sehingga para investor menjadi lebih tertarik berinvestasi di Indonesia. 

Lalu adakah lembaga yang khusus bisa menghubungkan antara dunia usaha dan pemerintah? Tentunya ada, namanya BKPM. BKPM adalah Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, yang merupakan lembaga pemerintah non departemen, Tugasnya sebagai penghubung utama antara dunia usaha dan pemerintah. BKPM diberi mandat oleh pemerintah untuk mendorong investasi di negara kita baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri melalui penciptaan iklim investasi yang kondusif. Dan sepertinya, iklim investasi di Indonesia saat ini sangat kondusif, dan mudah-mudahan akan menarik banyak investor untuk berinvestasi di Indonesia.

3 comments:

  1. sumber daya alam indonesia nggak usah ditanya deh.. banyak..

    cuma kualitas sdm nya aja gak mendukung..gak heran banyak sumber dayaindonesia dikuasai pihak asing..dan kita cuma jadi buruh.. :(

    ReplyDelete
  2. Seuju dengan Mbak Nova di atas. SDM kita yang masih perlu ditingkatkan. Banyak yang gaptek soalnya, hehehe...

    ReplyDelete
  3. Semoga saja ya mba semakin banyak investor yang berinvestasi di Indonesia, yang akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan semakin banyak. Dan bisa mengurangi penggangguran di Indonesia.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran