Monday, February 27, 2017

4 Jenis dan Desain Pintu yang Pas untuk Rumah Minimalis


Sebuah rumah dijual di Bandung dengan gaya minimalis berukuran kecil biasanya membutuhkan elemen-elemen pelengkap yang juga berdesain minimalis serta simpel. Salah satu yang dibutuhkan adalah desain pintu yang pas sehingga tidak banyak memakan tempat. Jika pemilihan bentuk serta tidak efisien dalam hal ukuran, rumah minimalis yang mungil bisa terasa tambah sempit.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui desain pintu yang pas untuk rumah minimalis yang dimiliki. Berikut ini beberapa desain pintu yang pas dan bisa dijadikan referensi.

Pintu Engsel

Pintu engsel merupakan desain yang paling umum digunakan untuk segala jenis rumah, termasuk untuk rumah minimalis. Pintu jenis ini dibuka dan ditutup dengan cara didorong dan ditarik secara horizontal.

Mengapa disebut pintu engsel? Sebab desain pintu ini dilengkapi dengan engsel di permukaan belakangnya. Engsel itu sendiri ditempelkan pada kusen pintu sehingga dapat bergerak terbuka dan tertutup.

Ukurannya bemacam-macam, ada yang besar dan ada pula yang kecil. Pilihlah ukuran pintu yang sesuai dengan kebutuhan rumah mungil kita agar tidak membuat rumah jadi sulit ditata.

Pintu Geser

Pintu yang satu ini sangat efisien dalam menghemat untuk sebuah rumah mungil. Lahan yang tadinya disisakan untuk pintu saat dalam kedaan terbuka bisa ditempati barang lain. Ruangan di dalam rumah pun jadi sedikit lebih lega.

Pintu yang satu ini dibuka dan ditutup dengan cara digeser ke kiri dan ke kanan. Supaya bisa dibuka dengan leluasa, sebuah rolling rail ditempatkan pada bagian atas pintu, tepatnya tertempel pada dinding.

Desain pintu ini namun tidak cocok jika diaplikasikan untuk eksterior rumah. Kamar tidur, kamar mandi, dan ruangan interior lainnya masih bisa ditutupi dengan pintu yang satu ini.

Pintu Pocket

Hampir sama seperti pintu geser, pintu pocket pun merupakan pilihan yang baik untuk sebuah rumah minimalis. Desain, bentuk, dan sifatnya memang hampir sama dengan pintu geser. Perbedaannya hanya terletak pada kantong yang berada di sisi dinding tempat masuknya pintu tersebut.

Baik pintu pocket atau geser bisa didesain dalam bentuk single door atau pun double door. Pintu yang satu ini selain bisa dijadikan pintu ruangan juga bermanfaat sebagai pintu lemari built-in di kamar tidur atau pun area dapur.

Pintu Dutch

Desain pintu yang satu ini aslinya digunakan pada rumah-rumah tradisional kolonial zaman dulu. Desainnya cukup unik karena pintu terbagi menjadi dua bagian, atas dan bawah yang bisa dibuka salah satu atau dua-duanya.


Bentuknya simpel, sifatnya juga sangat fungsional. Maka dari itu pintu desain dutch cocok untuk dipilih sebagai pintu untuk rumah mungil kita. Kita bisa menaruhnya sebagai pintu dapur yang mengarah ke halaman belakang rumah. 

6 comments:

  1. waah lucu juga ya desainnya, simple dan menarik ^^

    ReplyDelete
  2. pintu geser emang cocok buat rumah mungil :D tadinya jg pengen make itu buat kamar tp akhirnya pakai pintu biasa :P

    ReplyDelete
  3. sebenrnya dalam pemilhan desai pintu tidak hanya dari segi artistiknya.

    dilihat dari fungsinya juga mba. kalo kita memaksakan kehendak maka ada beberapa hal yang akan terjadi.

    di lihat dari kemananan.
    sama dana. hehehe

    maaf suka ngadat komennya. baper jadi tukang panggul pelabuhan.

    ReplyDelete
  4. Yg paling kusuka pintu geser Mbak. Kayak rumah2 di Jepang hehehe. Prakis

    ReplyDelete
  5. Dari dulu, saya pengen punya rumah yang bentuk pintunya itu pintu geser, tapi kata orang kalo orangnya g serantan kadang bisa jadi pintu yang cepet rusak, ini entah bener apa nggak.

    ReplyDelete
  6. Suka pintu Dutch mba.. tapi geser juga pengin hihii

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran