Tuesday, March 21, 2017

Menyimpan Makanan Dalam Lemari Es Satu Pintu


Pernah gak sih, bingung saat mau menyimpan makanan dalam lemari es satu pintu karena lemari es sudah penuh? Atau bingung mencari sesuatu dalam lemari es karena isinya tidak beraturan bahkan berantakan? Tahu enggak sih ibu-ibu kalau menyimpan bahan makanan dalam lemari es tidak boleh sembarangan agar selalu terjaga ke- higienis-annya atau kebersihannya dan juga mengurangi kontaminasi mikroba dari satu makanan ke makanan yang lainnya.

Untuk menghindari kesalahan kita dalam menyimpan makanan di lemari es yang akan menyebabkan makanan kita terkontaminasi bakteri, inilah hal-hal yang harus kita perhatikan. Ternyata rak-rak dalam lemari es itu memiliki fungsinya masing-masing lho…. yaitu :

  • Rak Pertama
Rak pertama digunakan untuk bahan makanan matang atau makanan sisa yang masih bisa dimakan, seperti cake, donat, dll. Sebaiknya sebelum dimasukan ke dalam lemari es, disimpan dulu dalam wadah tertutup. Mengapa bahan makanan matang yang disimpan di rak lemari es paling atas? Supaya tidak terkena tetesan dari bahan makanan mentah seperti daging-dagingan atau sayuran yang bisa saja terkontaminasi bakterinya.

  • Rak Kedua
Yogurt, susu, keju, telur, bisa disimpan di lemari es pada rak kedua. Jangan lupa untuk menutup rapat kemasan yang sudah dibuka supaya tetap terjaga kesegarannya. Kita lebih suka menyimpan susu pada pintu lemari es. Hal ini tidak dibenarkan karena suhu pada pintu lemari es lebih hangat. Suhu ini akan memperpendek umur susu.

  • Rak Ketiga
Rak ketiga pada lemari es bisa digunakan untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan. Cucilah terlebih dahulu buah-buahan dan sayuran sebelum dimasukan ke dalam lemari es. Setelah dicuci, masukan pada plastik yang diberi lubang agar ada udara. Namun jangan mencampur buah dan sayur dalam satu plastik. Pisahkan antara buah dan sayur.

  • Rak Keempat
Rak keempat pada lemari es digunakan untuk menyimpan ikan segar maupun daging-dagingan. Bahan hewani ini disimpan dalam rak paling bawah supaya tidak ada tetesan air yang dapat mengenai bahan makanan lain yang bisa saja terkontaminasi.
Bahan pangan hewani bisa saja disimpan di freezer. Namun ketika hendak diolah, simpan di rak paling bawah terlebih dahulu, barulah diolah.

Nah… itulah cara tepat menyimpan bahan makanan dalam lemari es satu pintu. Bicara mengenai lemari es satu pintu, jadi ingat lemari es satu pintu di rumah orang tua saya yang sudah tua☺. Pertama kali ayah saya beli lemari es kalau tidak salah di tahun 1993 atau 1994, sampai sekarang belum pernah ganti. Ini lemari es memang kuat, walaupun depan pintunya sudah berkarat, tapi belum pernah rusak. Dan lemari es ini bukan lemari es satu pintu yang menjulang tinggi. Lemari es yang di tahun itu sudah terbilang lumayan bagus. Saya gak tahu berapa harga lemari es satu pintu yang ayah saya beli waktu itu, namun kami merasa puas karena lemari es peninggalan alm. ayah saya itu sangat bandel. Bayangkan dari tahun 1993 sampai tahun 2017, lemari es satu pintu itu masih dipakai oleh ibu saya sampai sekarang. Sudah berapa tahun, coba? :D

Di rumah saya sendiri pun menggunakan lemari es satu pintu, hadiah dari ibu mertua saya☺. Dan saya pun berharap lemari es satu pintu milik saya ini akan sekuat dan sebandel lemari es satu pintu milik orang tua saya☺.

9 comments:

  1. Aku tiap ada makanan aku isahakan disimpan di tempat model container gt mbak... Sedia dr yang kecil sampe yang lumayan gede... Sayur biasanya setelah cuci aku biarkan dulu supaya airnya tiris itu juga membantu sayur g cepet layu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, cara seperti itu membuat makanan jadi awet, aman dan bersih

      Delete
  2. Umur lemari esnya sama kayak umur adik,,hampir 25 tahun,,,wowww..
    Oh begitu ya mbak? Ilmu baru yang luar biasa nih,,,aku selalu nyimpan susu di pintu...sekarang nggak lagi deh :D

    ReplyDelete
  3. kalo aku pingin punya kulkas kecil kayak yang di hotel hotel gitu tante...
    taruh di kamar
    buat nyimpen es krim
    hihihii

    ReplyDelete
  4. saya biasanya sembarangan masukin makanan ke kulkas,hehe
    ternyata ada filosofinya toh
    hehe

    ReplyDelete
  5. Aku suka meletakkan susu di rak pintu Mbak, waduh kurang tepat dong ya...tapi enggak lama juga sich, nyimpennya. Paling satu hari sudah habis

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya mbak, jadi sekarang lebih tahu deh makanan apa ditaruk di tempat yang mana.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran