Wednesday, March 22, 2017

Pilih AC Inverter Atau AC Low Watt? Ini Perbedaannya



Banyak orang meyakini bahwa dengan menggunakan AC berteknologi tinggi tentu dapat menghemat pemakaian listrik. Tak heran jika para produsen pun memproduksi AC Inverter dan AC Low Watt terbaik untuk mengatasi besarnya daya listrik yang digunakan.
Lalu sebaiknya pilih mana, AC Inverter atau AC Low Watt? Nah sebelum itu, kita wajib tahu terlebih dahulu perbedaan keduanya, apakah itu?

Perbedaan AC Inverter dan AC Low Watt

1. Cara Kerja Kompresor

Untuk AC Low Watt atau AC rendah watt, kompresor dibuat dengan daya yang lebih rendah. Sehingga sewaktu suhu ruangan terasa panas, maka kompresor akan hidup secara otomatis hingga suhu ruangan mencapai suhu seperti yang ditentukan semula. Kemudian saat suhu ruangan sudah mencapai suhu yang ditentukan, maka kompresor akan mati secara otomatis, begitu seterusnya.

Sedangkan AC Inverter memiliki cara kerja yang berbeda. AC ini akan terus menjaga suhu ruangan tetap stabil, sehingga kompresor tidak mati nyala seperti AC Low Watt. Kestabilan kompresor ini yang membuat listrik secara otomatis menjadi lebih hemat sekitar 60% dibandingkan AC Low Watt.

2. Kecepatan Pendinginan

AC Inverter memiliki jenis kompresor yang lebih kuat dibandingkan AC Low Watt. Itu sebabnya waktu yang dibutuhkan untuk menjangkau suhu dingin yang ditentukan juga lebih cepat plus ditambah dengan suara kompresor yang lebih tenang.

3. Harga ekonomis

Dalam pemakaian listrik, baik AC Inverter maupun AC Low Watt terbaik memang sengaja diproduksi khusus untuk membantu penghematan. Namun ada perbedaan dalam segi harga di antara keduanya. AC Inverter dipasarkan dengan harga yang lebih mahal daripada AC Low Watt atau AC rendah watt. Hal ini disebabkan AC Inverter jauh lebih unggul dalam penghematan jika digunakan dalam waktu yang lama.

Namun, jika dalam sehari-hari menggunakan AC selama 2 – 3 jam saja atau sering menghidupkan dan mematikan AC, maka AC Low Watt adalah pilihan terbaik. Justru penggunaan AC Inverter tidak tepat, karena bisa membuat energi lebih boros jika Anda sering menghidupkan dan mematikannya.


Jadi sekarang kita tahu harus memilih jenis AC yang mana dengan melihat perbedaannya. Kedua jenis AC tersebut, baik AC Inverter maupun AC Low Watt terbaik di bidang penghematan. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan bagaimana penggunaan sehari-harinya.  Semoga bermanfaat.

8 comments:

  1. Iya bener, memilih AC sesuai dengan kebutuhan ya mbak Santi. Makasih ya sharing.

    ReplyDelete
  2. Kalo sekarang, entah karena sayanya yang muali terbiasa dengan udara Surabaya, kadang mikir beli ac tp kadang mikir juga makenya gak bakal tiap waktu... Ternyata solusinya AC Low Watt ya... Makasi infonya mbaaak...

    ReplyDelete
  3. Jadi tahu nih, biasanya cuma bisa merasakan ademnya aja..hehe
    Semoga bisa beli AC sendiri :)

    Setuju, karena keinginan belum tentu jadi kebutuhan :)

    ReplyDelete
  4. makasih infonya mba, udah lama AC di rumah rusak dan gatau kapan diperbaiki ...

    ReplyDelete
  5. Makasih mbak..
    Mungkin suatu saat aku membutuhkan AC..jd nggak nge-blank pas di tokonya..

    ReplyDelete
  6. AC di rumahku kadang menyala dua hari berturut turut. Itu terjadi kalau pas hari libur,

    ReplyDelete
  7. AC low watt saja kalau begitu, selain lebih murah, jadi lebih rendah daya. Tapi sayangnya saya tinggal di pegunungan, jadi ga perlu AC :D... dan di Jerman, dingin mulu, bawaannya pengen beli kayu bakar... :D
    Tapi bermanfaat sekali informasi ini, aku jadi tahu jenis kedua AC tersebut :D

    ReplyDelete
  8. Maturnuwun informasinya. Untunglah di tempatku nggak perlu AMbak, udah dingin :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran