Wednesday, June 21, 2017

Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Setiap keluarga pasti punya minuman atau makanan untuk sahur dan berbuka puasa favoritnya masing-masing. Dan saat Ramadhan seperti ini, ibu-ibu khususnya, sibuk menyiapkan setiap makanan dan minuman favorit keluarga tersebut. Entah untuk takjil buka puasanya, untuk makan sahur maupun menu makanan saat berbuka. Seperti keluarga saya, untuk takjil buka puasa, anak-anak saya setiap harinya harus ada bakwan tersaji. Itu untuk makanannya. Sementara minuman segar untuk buka puasa keluarga kami, tidak ada yang dijadikan favorit. Hanya saja anak-anak lebih suka pada minuman segar nata de coco yang ditambahkan es batu.

Ada beberapa macam minuman segar yang bisa dijadikan minuman untuk berbuka puasa. Kalau saya pribadi, saya suka pada timun suri, kami menyebutnya bonteng puan. Timun suri diambil dagingnya, dicampur sirup cocopandan yang warnanya merah, tambahkan air plus es batu. Minuman timun suri kurang enak rasanya jika ditambahkan sirup yang rasanya asam. Minuman timun suri lebih cocok jika menggunakan sirup yang rasanya manis. Ada kalanya kalau tak ada sirup, saya suka menggantinya dengan gula pasir. Awalnya anak-anak tidak menyukai minuman timun suri ini. Namun sekarang-sekarang ini Farras sudah mulai menyukai. Hanya Fayda saja yang belum suka. Dulu Farras bilang gak ada rasanya bu minum es timun suri ini :) Memang buah timun suri ini rasanya asrep. Tapi jika sudah diminum, terasa segar ke badan :)

Entahlah timun suri ini sebagai minuman khas kota Serang atau bukan. Tapi di kota Semarang tempat adik ipar saya tinggal, atau di daerah Jawa asal ibu mertua saya, memang tidak pernah ada minuman timun suri ini yang dikonsumsi saat bulan puasa. Dan yang saya heran, buah timun suri ini hanya ada saat bulan Ramadhan saja. Bulan-bulan yang lain tidak pernah ada. Apa memang menanam buah ini hanya sesaat menjelang Ramadhan saja ya? 

Awalnya saya pikir tak ada manfaat pada buah timun suri ini, namun ternyata banyak manfaatnya, diantaranya adalah untuk melancarkan pencernaan. Dan ternyata mengkonsumsi timun suri bisa menyegarkan tubuh kita. Setelah seharian kita menahan rasa haus dan lemas, timun suri bisa mengembalikan kesegaran tubuh yang tadinya lemas.


Rasanya adem kalau sudah minum es timun suri ini :)


Selain minuman timun suri ini, ada pula minuman segar untuk buka puasa yang tentunya tak kalah menjadi favorit di setiap keluarga. Ada es campur, es buah/sop buah, es kuwut, es kelapa muda, bahkan sekarang ada es kelapa muda yang ditambahkan daging durian.

Kalau minuman timun suri adalah minuman favorit saya saat buka puasa, kalau anak-anak saya lebih suka minuman nata de coco sebagai minuman untuk berbuka puasanya. Biasanya nata de coco saya beri sirup cocopandan dan es batu. Tapi kadang-kadang anak-anak suka gak mau jika diberi sirup. Cukup nata de coco dicampur dengan es batu saja. 

Berbagai macam dan ragam minuman segar untuk buka puasa. Lalu minuman segar favorit untuk buka puasa teman-teman apa?

3 comments:

  1. Aku suka timun yg diparut tipis dipakein sirup melon. Segerrre juga loh

    ReplyDelete
  2. Timun suri ini sering banget masuk berita di tv gitu ya Mbak saat Ramadhan. Blm pernah coba nih, heheheh

    ReplyDelete
  3. Ini kesenangannya suami akuuuu 😘😘😘

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran