Tuesday, August 29, 2017

7 Keunggulan Membeli Rumah KPR sebagai Hunian Keluarga


Rumah adalah aset yang sangat berharga bagi setiap orang karena berfungsi sebagai tempat bernaung, berlindung, beristirahat, dan berkumpul bersama keluarga. Dengan beberapa fungsinya tersebut, rumah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia. Dewasa ini, terdapat sistem rumah KPR yang dapat membantu mewujudkan hunian keluarga yang aman dan nyaman. Apa istimewanya sistem tersebut? Ketahui lebih lanjut di penjelasan ini.


1. Bersifat Legal

Legal adalah hal utama yang harus diperhatikan saat membeli rumah. Sistem kredit rumah yang dibiayai oleh bank akan terjamin di mata hukum. Bank hanya akan membeli rumah yang dilengkapi sertifikat resmi dan lengkap, sehingga syarat rumah legal dapat dipenuhi. Setelah menerima sertifikat resmi dari pemilik sebelumnya, bank akan mengecek keabsahannya melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Untuk pembiayaan pembangunan rumah, bank juga melakukan hal yang sama. Bank akan membantu kepengurusan sertifikat rumah beserta tanahnya, sehingga kita bisa menempati rumah baru yang sudah mengantongi sertifikat resmi. Dengan cara ini, maka kepemilikan rumah secara kredit melalui program KPR sudah terjamin legalitasnya.

2. Hunian Aman dan Nyaman

Selain dapat membayar secara bertahap, kita mampu mendapatkan hunian yang aman dan nyaman saat memutuskan membeli rumah dengan sistem KPR. Lokasi rumah bisa dipastikan strategis karena bank hanya akan menyetujui pengajuan KPR dengan lokasi rumah yang strategis. Dengan kepemilikan rumah sistem KPR, kita akan mendapat hunian yang mudah dijangkau dan tidak berada di kawasan terpencil.

Bank hanya akan menyetujui pembiayaan KPR dengan lokasi rumah yang jauh dari kawasan berbahaya, sehingga terjamin keamanannya. Dengan ini, kita terhindar dari bahaya ataupun tindak kejahatan. Selain lokasi yang terjamin, kondisi fisik rumah juga baik dan layak huni. Setiap penghuni rumah dapat hidup dengan nyaman dan damai dalam bangunan yang kokoh dan desain sesuai keinginan.

3. Harga Lebih Terjangkau

Keunggulan pembelian rumah secara kredit adalah harga rumah yang lebih terjangkau. Poin ini menjadi poin pasti keunggulannya. Pihak jasa pembiayaan dapat memberikan kredit dengan suku bunga pinjaman yang rendah, sehingga kita dapat mengangsur cicilan setiap periode dengan ringan dan tetap lancar hingga proses pelunasan.

Selebihnya, terdapat penyedia jasa KPR tanpa uang muka (DP). Down payment ini tidak dibayarkan oleh pemohon kredit, namun pihak developer yang menanggungnya. Kita harus membayar ganti biaya awal tersebut beserta cicilannya setiap periode. Meskipun demikian, pengembalian biaya awal hanya sebesar 15% dari harga keseluruhan. Angsuran juga bisa ditawar sesuai dengan kemampuan.

4. Proses Terjamin

Proses kepemilikan rumah sistem kredit tergolong terjamin, di mana setiap tahapnya melalui prosedur yang jelas. Kita dapat mengikuti setiap tahap dari pengajuan KPR hingga pelunasan KPR yang berjalan sesuai prosedur dan terlaksana dengan lancar. Proses yang terjamin ini merupakan keunggulan yang dapat kita peroleh, tentunya dengan memilih jasa penyedia pembiayaan rumah yang meyakinkan.

Untuk mendukung proses yang terjamin kelancarannya, kita harus ikut berperan. Proses dapat dilancarkan dengan kesiapan seluruh persyaratan pengajuan rumah KPR yang berlaku, sehingga dapat segera disetujui pihak pemberi kredit. Umumnya, bank yang terpercaya mempunyai persyaratan lebih rinci dan pemeriksaan ketat. Jadi, kita harus mempersiapkan persyaratan lebih matang agar pengajuan segera disetujui.

5. Angsuran Ditentukan Sesuai Kemampuan

Sistem KPR menghendaki adanya pembayaran cicilan setiap periodik oleh si penerima kredit. Apabila kita memilih kepemilikan rumah dengan sistem ini, maka harus siap untuk membayar cicilan setiap periode. Meskipun demikian, janganlah cemas karena sistem KPR menetapkan jumlah angsuran sesuai kemampuan kita. Dengan ini, kita dapat melunasi kredit rumah dengan lancar.

6. Cicilan Semakin Ringan

Salah satu keunggulan kepemilikan rumah dengan sistem kredit adalah cicilan semakin ringan. Cicilan yang semakin ringan ini bisa terjadi karena penurunan nilai riil akibat inflasi ataupun karena penghasilan kita yang umumnya naik secara periodik. Jika kita dapat memperoleh rumah dengan cicilan yang semakin ringan, maka usahakan untuk memperoleh penghasilan yang semakin meningkat.

7. Siap Huni

Saat memutuskan untuk membeli rumah dengan program KPR, berarti kita bisa langsung menempati rumah yang sudah dikehendaki dan disetujui oleh penyedia jasa kredit rumah, meskipun belum lunas. Kita dapat menempati rumah tersebut sambil melunasi cicilannya. Akan tetapi, apabila rumah masih dalam proses pembangunan, tentu kita harus sabar menunggu.


Beberapa paket keunggulan rumah KPR tersebut merupakan segenap kelebihan yang dapat diperoleh ketika kita mengajukan program kredit rumah. Kita dapat segera mempunyai rumah yang layak huni dengan harga lebih terjangkau dengan sistem KPR. Sebagai saran, tetaplah pilih jasa pembiayaan rumah yang terpercaya agar kita dapat merealisasikan hunian keluarga yang sesuai ekspektasi dengan proses lebih cepat dan terjamin tentunya.

3 comments:

  1. punya rumah dimasa sekarang pun adalah impian banyak orang, "Impian".

    ReplyDelete
  2. Aku senang KPR karena terbantu bayarnya mbaaa.. jadi bisa punya rumah :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran