Friday, April 06, 2018

Inilah Beberapa Istilah Penting dalam Pewarnaan atau Semir Rambut yang Perlu Dipahami



Mempunyai rambut dengan berbagai warna itu merupakan salah satu cara merubah penampilan supaya lebih menarik. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh para remaja tetapi juga beberapa orang dewasa. Bahkan orang tua sering melakukan semir rambut untuk membuat warna rambut yang memutih kembali hitam. Hal ini sudah tidak asing lagi di masyarakat, apalagi dengan bahan-bahan pewarnaan yang dijual bebas dipasaran. Bahkan toko online sekarang ini juga tidak luput dari penjualan barang-barang kecantikan dan tidak terkecuali bahan cat rambut.

Di beberapa salon juga menyediakan berbagai teknik pewarnaan rambut, tetapi ternyata hal tersebut tidak semua orang paham. Seperti yang diketahui bahwa dalam salon menggunakan beberapa istilah untuk perawatannya. Bagi teman-teman yang mempunyai keinginan untuk merubah warna rambut ke salon, ada baiknya belajar beberapa istilah terlebih dahulu supaya tidak malu ketika berkomunikasi dan tidak paham.

Berikut ini ada beberapa istilah yang sangat penting untuk Anda dipahami, antara lain:

1. Bleaching.
Ini merupakan salah satu cara untuk menghilangkan warna pada pigmen rambut asli dengan menggunakan bahan kimia. Lebih dikenal juga dengan istilah penetralan warna rambut, jadi warna yang diinginkan bisa langsung masuk melalui proses coloring. Jenis satu ini sebenarnya cukup populer dikalangan masyarakat, tetapi ada saja orang yang belum paham mengenai apa itu bleaching sesungguhnya.

2. Toner.
Mungkin ada yang lebih familiar dengan istilah toning, ini merupakan proses pemberian warna pada rambut tetapi tidak menggunakan proses bleaching terlebih dahulu. Rambut yang mengkilap menjadi salah satu ciri pada teknik satu ini. Bagi orang tua umumnya hanya mengenal semir rambut saja tanpa memahami istilah pewarnaan dalam sebuah salon.

3. Foiling.
Pada metode satu ini dikerjakan melalui proses pemisahan rambut menggunakan media alumunium foil. Jadi setelah diberi warna beberapa helai pada rambut akan diteruskan dengan ditutup menggunakan kertas tersebut.

4. Tri color.
Ini merupakan salah satu jenis pewarnaan yang merupakan hasil dari foiling, jadi rambut akan diwarnai dengan tiga warna sekaligus. Penggunaan alumunium foil sendiri untuk membuat warna satu dengan lainnya tidak tercampur rata. Tetapi secara garis besar hasil dari tri color akan terlihat lebih natural.

5. Ombre.
Beberapa waktu yang lalu jenis pewarnaan satu ini cukup booming dikalangan masyarakat, bahkan sampai saat ini. Gaya rambut dengan memberikan gradasi pada rambut seperti dari gelap ke terang membuat tampilan yang semakin terlihat berbeda. Bukan saja para artis yang menjadi public figure tetapi juga beberapa masyarakat umum memilih menggunakan jenis pewarnaan satu ini.

6.  Hair dipping.
Sekilas pewarnaan rambut ini hamper sama dengan ombre, tetapi yang dilakukan pada teknik ini adalah tidak memberikan gradasi warna pada rambut. Pewarnaan yang dihasilkan seperti halnya pencelupan biasa. Namun tetap memberikan efek kontras pada warna rambut yang asli dengan warna menggunakan cat tersebut. Tidak sedikit masyarakat yang memilih jenis pewarnaan ini, proses yang lebih cepat tetapi hasil cukup menarik.

Jika harus dibahas lebih jauh, masih ada beberapa istilah penting dalam dunia kesalonan atau kecantikan khususnya pewarnaan. Jika memang ada yang menginginkan untuk merubah warna rambut pastikan terlebih dahulu dengan memilih warna yang tepat. Untuk lebih amannya menggunakan semir rambut dengan warna hitam. Namun bila menginginkan sesuatu yang baru bisa juga memilih salah satu dari banyaknya proses pewarnaan di salon.

7 comments:

  1. Iya nih, ombre lagi banyak digandrungi anak muda zaman now :D

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak istilah yang asing di aku :D

    ReplyDelete
  3. Hmm, saya pingin di ombre kayaknya bagus yaa XD.

    ReplyDelete
  4. banyak sekali istilah yang harus kita ketahuinya dalam dunia kesalaonan

    ReplyDelete
  5. Sebelum berhijab, saya rajin ngewarnain rambut. :D

    ReplyDelete
  6. Wah nyemir rambut banyak ragamnya ternyata

    ReplyDelete
  7. Thanks mbar..udah lama ngga semir rambut hehehe..paling sukaaa sama ombre :)

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran