Friday, December 17, 2021

Cara Cek Resi Pos Praktis Dan Mudah, Apakah Kiriman Paket Sudah Sampai atau Belum?

Di jaman milenial sekarang ini banyak dan marak sekali jasa pengiriman yang memberikan pelayanan cepat dan mudah. Dikarenakan seiring dengan antusiasnya masyarakat Indonesia dengan jual beli berbasis online atau daring. Salah satunya adalah PT. Pos Indonesia. PT. Pos Indonesia hadir sejak lama memberikan pelayanan lebih baik diantara jasa dan pengiriman yang sedang marak. Cikal bakal pos Indonesia merupakan PT yang bernaung di pemerintahan. Meski usianya sudah mencapai 272 tahun, Pos Indonesia sampai saat ini masih jadi primadona yang digunakan oleh masyarakat Indonesia, dikarenakan pos Indonesia merupakan badan usaha milik Negara ( BUMN ) yang khusus bergerak pada layanan pos. Pos Indonesia sendiri berdiri sejak 26 agustus 1746 yang masih berdiri dan berjalan sampai sekarang ini. Disamping tarif atau ongkir yang ditawarkan untuk masyarakat lebih murah dibanding yang lain hingga lebih terjangkau, jasa dan pengiriman yang di tawarkan oleh pos Indonesia sudah terpercaya puluhan tahun lamannya.

Seiring dengan teknologi yang semakin bekembang, Pos Indonesia telah semakin meningkatkan pelayanan yang prima dan terpadu, hal tersebut bisa dilihat ketika pelanggan merasa ingin mengetahui cara mengecek kiriman pos Indonesia. PT. Pos Indonesia menyediakan layanan tracking paket, untuk mengetahui posisi paket yang dikirimkan Indonesia, apakah kiriman nya sudah atau belum ? berikut ini adalah rangkuman langkah langkah  cara cek resi pos Indonesia :

Cara mengecek kiriman sudah sampai atau belum bisa dilakukan dengan cara online ataupun ofline. Biasanya,  ketika sudah melakukan pengirman dokumen atau paket dari kantor pos, kita  bisa mendapatkan detail berisi informasi dan detail pengiriman, yang biasa di sebut dengan resi. Setelah itu nantinya bukti resi tersbut di gunakan untuk mengecek kiriman sudah sampai atau belum.  Dibawah ini adalah beberapa tahap cara cek resi pos Indonesia serta bisa mengecek kirimannya melalui daring atau online dan tahap tahap untuk mengecek kiriman secara online adalah sebagai berikut:

Cara cek resi pos

Langkah pertama, kita bisa mencari nomor resi ( no kiriman / no barcode) pada bukti pengiriman paket.

Langkah kedua, kita bisa memasukan nomor resi yang sudah  didapatkan di gerai pos Indonesia melalui manual ataupun online dengan melakukan pencarian status kiriman.

Langkah ketiga, klik tombol cek resi di sebelah kanan.

Langkah ke empat, adalah dengan mengetahui posisi barang/status pengiriman akan di tampilkan di bawah kotak pencarian.

Langkah kelima, kemudian langsung dengan memasukan no resi lain untuk tracking paket yang lain.

Untuk mengetahui setelah mengecek kiriman barang sudah dikirim, kita akan menemui status kiriman saat  mengecek pelacakan di basis online, status pengiriman yang ada pada pelacakan paket berguna untuk memberikan informasi kepada para pelanggan keberadaan barang/paket yang sudah dikirim. Ada beberapa status pengiriman pos Indonesia yang sering ditemui antara lain :

• Posting loket

Itu tandanya kiriman sudah diterima di loket dan akan segera diproses pada pengiriman ke tempat tujuan.

• Manifest serah

Data pengiriman sedang diteruskan atau dalam proses diantar ke cabang kantor pos tujuan.

• Proses pengantaran

Barang paket kiriman telah di serahkan kepada kurir untuk di serahkan ke penerima /pelanggan dan pengiriman telah sukses.

• Apabila ada kesalahan dalam pengiriman

Hal tersebut artinya gagal diantar pada hari ersebut dan akan dikirim keesokan harinya, gagal dalam pengiriman dapat terjadi jika kurir tidak dapat menemukan alamat tujuan, pelanggan / penerima tidak ada di tempat.

• Antar ulang pengiriman

Antar ulang kiriman berarti kiriman yang gagal di kirim kemarin diantar kembali kirimannya keesokan harinya.

1 comment:

  1. Pelayanan pos jaman sekarang emang ngga kalah bersaing dengan ekspedisi lain. Sayapun beberapa kali pakai jas pos untuk kirim-kirim dan terima barang.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran