Tuesday, March 03, 2015

Ketika Bayi Tidak BAB

Saya pernah mengalami bayi saya tidak BAB selama kurang lebih satu minggu. Pertama kali punya anak tahun 2006, Farras anak pertama saya sempat tidak BAB di usia 3 atau 4 bulan. Panik tentu. Kenapa dan ada apa dengan bayi saya? Kok gak BAB? Awalnya 3 hari tidak BAB, saya biarkan dahulu, saya tunggu apakah hari selanjutnya Farras BAB atau tidak. Ternyata setelah lima hari ditunggu, Farras tidak BAB. Akhirnya atas kesepakatan saya dan suami saya, Farras dibawa ke dokter anak. Inilah kali pertama Farras dibawa ke dokter. Pada dokter anak, saya ceritakan semua keluh kesah saya, dokter anak tidak banyak bicara, hanya memberi resep obat. Setelah resep obat saya tebus di apotik, ternyata obat yang dokter beri adalah obat pencahar yang dimasukan ke dalam dubur.
Saya gak tega memberi obat tersebut pada anak saya, begitupun suami saya. Akhirnya obat itu tak pernah kami pakai. Karena kami pikir, apakah memang benar Farras sulit BAB atau sembelit? Obat  pencahar kan, obat untuk yang sulit BAB/sembelit. Sementara Farras sepertinya tidak sulit BAB, hanya mungkin belum mau BAB. Yang saya lihat, Farras tidak menunjukkan sesuatu yang membuat Farras sulit BAB. Tidak menangis yang menandakan ada 'sesuatu' dalam perutnya sehingga sulit untuk BAB. Atau hal-hal lainnya. Dan di hari ke 7, Alhamdulillah Farras bisa BAB. Sungguh bahagianya saya, dan plooong.... , tanpa obat apapun. Saya biarkan saja, menunggu saatnya Farras BAB. Dan saya perhatikan BAB Farras pun tekstur dan kondisinya normal dan baik. Ya.... jangan ragu untuk selalu mengecek kondisi BAB bayi kita ya bu....

Atas kejadian itu, saya mulai membaca-baca hal-hal yang menyebabkan bayi tidak BAB. Ternyata.... karena saya memberikan ASI eksklusif pada Farras, hal ini bisa saja terjadi karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan ASI bisa menyerap sempurna pada pencernaan bayi, sehingga tidak ada ampas yang dibuang oleh bayi. Oleh karena itu, bayi saya tidak BAB lama, selama seminggu. Alhamdulillah.... Untungnya saya tidak buru-buru memberikan obat pencahar pada Farras saat itu.

39 comments:

  1. betul mbak. bayi memang sering begitu ya. dulu navaro juga begitu.. kalau sudah MPASI sih kita bisa kasih pepaya. tapi kalau masih ASI, suka bingung sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalau anak pertama ya mak... :)

      Delete
  2. Alfi pernah juga gitu mak, kata orang tua dulu kalo gak bab jadi daging hehe, tapi pernah juga karena lama gak bab malah sembelit :{

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksimalnya memang satu minggu mak....

      Delete
  3. Tp pencahar yg dimasukman ke anus gk bahaya kan ya. Hehe, nanya beneran ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin tdk ya mak, saya juga gak tau pasti. Tapi saya khawatir aja. Apalagi kalau sampai ketagihan atau malah terbiasa pakai pencahar

      Delete
  4. anak saya juga dulu pernah susah BAB (5 hari gak bab). malemnya rewel, mungkin perutnya terasa nggak nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak saya malah gak rewel ketika tak BAB selama hampir seminggu itu. Berarti saya pikir memang tak ada apa2

      Delete
  5. Sbgi ibu menanggapi problem yg gak biasa gt udh cemas aja y mak ;)

    ReplyDelete
  6. wah,baru tahu..penyebabnya asi ternyata..makasih mak infonya^^

    ReplyDelete
  7. anakku juga pernah mbak, cuma karena memang sembelit, jadi pakai obat yang masukkan ke anusnya itu, hehe
    tapi syukurlah sekarang sudah jarang sembelit, yang penting makan buah, sayur dan minum air putih yang banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sembelit sih memang gak papa ya diberi obat pencahar. Iya mak, buah dan sayur memang penting :)

      Delete
  8. belum ada pengalaman seperi ini mbak, jadi tahu jangan melulu memberikan anak obat - obatan yang belum tentu memang dibutuhkan si anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak.... kadang ada hal yg memang tdk membutuhkan obat

      Delete
  9. waktu kanaya usia 8 bulan kalau ga salah pernah juga tidak bab selama 10 hari, saya sempat panik dan membawa ke RS, sama dokter dikasih obat yang dimasukkan ke anus dan setelah itu baru bisa keluar. Legaaa ....

    ReplyDelete
  10. Selama minum full ASI Alfi juga jarang BAB mbak. Setelah disapih, BABnya tiap hari. :)

    ReplyDelete
  11. terima kasih infonya mba,
    sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Dulu Noofa juga pernah gak bab mak, aku pas masih asi eks, aku kasih dia apa itu namanya yang warnanya ijo yang eimasukkan dr belakang... ?? Lupa lagi dah namanyaa.. Hahha

    ReplyDelete
  13. Iya dulu anak2ku juga gitu waktu masih asi eksklusif..sulit bab bukan krn sembelit tapi krn asi terserap semua oleh tubuhnya

    ReplyDelete
  14. menjadi ibu memang harus super teliti ya mbak.. :)

    ReplyDelete
  15. Wah untung belum jadi dikasih obat yaa,, Bredasarkan info AIMI, sebenernya toleransi bayi ASI eksklusif untuk ga BAB itu bisa sampai 14 hari kok.. Kalo udah MPASI biasanya paling manjur dikasih pure pear atau pepaya..
    Sayangnya ga semua dokter anak peduli soal ASI eksklusif dan RUM..

    ReplyDelete
  16. iya, kalau ASI eksklusif memang kadang suka begitu :)

    ReplyDelete
  17. obat pencahar kan sakit mbak ya kalau dimasukkan ke dubur. Saya pernah lihat ponakan sudah TK itu saja sampai nangis :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya gak tau ya sakit atau enggak, karena blm pernah makai sendiri atau memakaikan pada anak

      Delete
  18. Aku juga pernah ngalamin dua-duanya mbak. Klo raka anak pertama, karena dulu sufor...pernah susah eek, beberapa kali pake mikrolac....tp endingnya ganti susu. Klo alya, full asi...jd saya tenang meski bbrp hr ga eek....cuma biasanya saya posisikan berbaring, trus kaki diangkat-angkat ke arah perut..pelan-pelan. Habis itu biasanya trus eek:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dgn tehnik seperti itu juga memang efektif merangsang anak utk BAB mak...

      Delete
  19. Dgn alasan ini, mbak, saya diijinkan makan sambel ketika bayiku belum usia selapan hari. hihi...
    Apakah sekarang masih sulit BAB harian mbak? anakku masih seperti itu. menurun dari aku yg sering konstipasi nih, makanya aku gak panik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak saya yg paling besar sudah 9 th, yg paling kecil sudah 5 th. Alhamdulillah dlm BAB tak pernah ada kendala atau konstipasi/sembelit. Tapi yg kecil pernah BAB nya keras, setelah diselidiki ternyata dari cokelat. Setelah tahu, anak saya yg paling kecil tak pernah lagi makan cokelat, mungkin pencernaannya blm kuat. Kalau skrg sih, sudah mulai makan cokelat, tapi harus sedikit2 dulu, khawatir BAB nya keras lagi

      Delete
  20. Ikhsan sempat ga BAB selama 3 hari di usia 1 tahun. Dan ketika bisa BAB ternyata keras dan susah dikeluarkan. Ikhsan juga diberi obat pencahar. Ternyata penyebabnya karena tidak cocok susu formulanya.

    ReplyDelete
  21. anak2 sih alhamdulillah mbak gak pernah masalah sama BAB deh kayaknya...

    Biasanya emak nya yang sering begitu mah, soalnya si emaknya suka males makan sayur dan gak suka makan pepaya...hihihi...

    ReplyDelete
  22. Anakku belum pernah sulit bab, jadi belum ada pengalaman gitu. Hihii, buat pengetahuan juga ini, kalo ada ada saudara atau mungkin anakku kelak kalo udah berkeluarga. TFS ya mbak :D

    ReplyDelete
  23. sama mbak...
    waktu anakku asi exclusive yah pernah nggak BAB smpe seminggu
    tp gapapa sih ... ^_^
    trus pup sendiri akhirnya...

    ReplyDelete
  24. Aku juga pernah baca artikel kalau ASI ekslusif nggak eé 1 minggu nggak papa

    ReplyDelete
  25. ASI eksklusif memang begitu. Seharusnya dokternya paham...ya...
    Blogwalking, salam...

    ReplyDelete
  26. haha...pernah juga mak pas anak pertama. tp cm beberapa hari ga sampe seminggu. iya tuh betul, kl anaknya tenang2 aja bs jadi dia baik2 aja.

    ReplyDelete
  27. pasti panik lah kalo bayi gak bab ya, khawatir ada yang salah
    alhamdulillah gak memberikan obat ya

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran