Friday, September 09, 2016

Perawatan Kulit Sehar-hari Supaya Kulit Tetap Segar di Usia 40-an

Various makeup products on dark background with copyspace

Siapa yang usianya sudah 40-up? Cung! hehehehe.... Ahli dermatologist mengatakan bahwa di usia 40, kulit cenderung menjadi kering, kerutan dan garis halus mulai terlihat, warna kulit tidak merata seperti adanya flek, dan kulit cenderung lebih sensitif. Hormon estrogen dan progesterone di usia 40 akan menurun yang menyebabkan kurangnya kolagen. Kolagen sendiri berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Elastin dan komponen penting lainnya dalam kulit menjadi tak stabil, yang mengakibatkan produksi sebum berkurang yang akhirnya membuat kulit menjadi tipis dan kering.

Sebagai seorang wanita, menjaga dan merawat kesehatan kulit itu sudah semacam kewajiban supaya kulit selalu terlihat sehat dan segar. Perawatan kulit sehari-hari semenjak muda akan menghasilkan kulit yang masih terlihat terjaga di usia yang menginjak dewasa dan tua nanti.

Sebetulnya perawatan kulit sehari-hari supaya tetap segar di usia 40-an nanti, tidaklah sulit. Semua juga pasti sudah tahu ya, bahwa rajin mengkonsumsi air putih sehari minimal 2 liter, selalu menyantap buah dan sayuran, menghindari junk food, rajin berolahraga adalah hal-hal yang harus dilakukan supaya kesehatan kulit kita selalu terjaga. Bukan hanya kulit wajah saja yang sehat, tubuh kita pun pastinya akan sehat dan bugar.

Selain hal tersebut di atas, tentunya ada perawatan kulit sehari-hari yang harus kita lakukan dari luar yaitu diantaranya :

1. Selalu membersihkan wajah.
Pilihlah sabun muka yang bertekstur creamy karena umumnya sabun muka bertekstur creamy mengandung bahan alami untuk membersihkan sekaligus melembabkan wajah. Dan pilihlah pelembab yang mengandung AHA.

2. Menggunakan pelembab dan tabir surya.
Penggunaan pelembab dan tabir surya akan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan dan sinar matahari. Penggunaan pelembab dan tabir surya akan meminimalisir terjadinya penuaan kulit.

3. Pemakaian krim malam.
Pakailah krim malam yang mengandung retinoid yang berguna untuk mengatasi penuaan.

Tak jarang, kita melihat wajah-wajah kinclong para wanita yang sering muncul di TV yang berprofesi sebagai entertainer. Kadang saya suka membatin sendiri, itu pakai apa ya, mukanya kinclong gitu... Tidak bisa kita pungkiri sekarang ini banyak sekali metode perawatan kulit wajah supaya terlihat kencang dan kinclong, salah satunya adalah tanam benang. Saya sendiri gak tahu apa itu tanam benang atau apapun segala macam tentang metode kecantikan wajah yang sekarang ini sedang trend. Menurut saya hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah adalah hal-hal yang sudah saya sebutkan di atas, karena lebih mudah dan murah untuk dilakukan.

18 comments:

  1. Saya rasa langkah-langkah ini jangan dimulai sejak umur 40 deh.
    Kalau dimulai sejak umur 20, hasilnya nampak lebih bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju,,mbak, kebetulan saya 40up ...,

      Delete
  2. Saya pake sabun pembersih seringnya, praktiz!

    ReplyDelete
  3. Aq semenjak hamil ga pakai semua itu dan malah kulitku bersih hahaha... Cuma modal sabun bayi 3000 perak... Pelembab kl mau pergi doang sih, kl dirumah enggak pernah hehe...

    ReplyDelete
  4. wah makasih tipsnya mba, biar lebih siap menyambut umur 40an yang gak lama lagi :)

    ReplyDelete
  5. kalau saya ngk muluk2 mba cuman pengen bebas dari jerawat hihihi :D

    ReplyDelete
  6. Buat laki-laki bisa juga kan ya ..

    ReplyDelete
  7. Satu lagi kak resep awet muda, yaitu jangan lupa bahagia

    ReplyDelete
  8. Kalo bahas beginian nih, keingat mertua. Usianya hampir 60, tapi sejak 20 tahun yang lalu beliau jadi vegetarian. Daaan, kulit wajahnya seperti orang di usia 40an, errrrr.
    Intinya gaya hidup lah ya mba dan pasti kudu dirawat juga hihihi.

    ReplyDelete
  9. Pakai krim malam itu penting,tapi seringnya saya malas :D

    ReplyDelete
  10. tanam benang ini sedang in di kalangan pselebriti yah Mba Santi :)

    ReplyDelete
  11. Iya mbak, kalau saya yang alami-alami aja lebih sehat. Selain perawatan luar, perawatan dalam juga harus mulai dilakukan sejak dini dengan ngejaga asupan yang masuk ke dalam tubuh.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah saya mah baru 31 tahun jadi tips perawatan kulit sehari-hari diatas itu bisa segera dipraktekkan agar 9 tahun kedepan kulit saya masih mulus-lus...atuh ih

    ReplyDelete
  13. Duh aku mah males banget pake krim malam. Keburu ngantuk

    ReplyDelete
  14. udah mau jelang 40 nih...dah berasa bedanya ya..harus perawatan berarti ya, biasanya cuek2 aja

    ReplyDelete
  15. pake krim malam itu malesssss... kdg udah baring di tempat tidur terus baru inget... Makanya saya sering dikira udah oma2... *ketauan males perawatan diri*

    ReplyDelete
  16. penting niiih. saya tahun depan 40 insya Alloh.

    ReplyDelete
  17. tanam benang itu mempengaruhi juga kekncangan wajah ternyata ya, tapi aku ga ngerti car akerjanya

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran