Thursday, September 22, 2022

Gabin Tape yang Renyah di Luar, Lembut di Dalam


Belum lama ini, saya kepengen makan gabin tape. Tapi kalau beli, rasanya kok belum nemu yang sreg di hati. Pernah beli gabin tape, tapi isiannya yang terasa cuma rasa tepungnya, tapenya gak terasa sama sekali. Sementara saya suka gabin tape yang tape-nya terasa banget. Daripada susah mencari gabin tape yang sesuai selera saya, saya niat membuatnya sendiri.

Alhamdulillah ketika ada tukang sayur yang suka lewat rumah pagi hari, ada tape singkong, saya pun membelinya. Akhirnya dimulailah persiapan membuat gabin tape ala saya, gabin tape yang renyah di luar, lembut di dalam 😊


Bahan-bahan :


1. Tape singkong yang matang dan manis 200 gram

2. Gabin (saya pilih merk Roma yang bungkusnya berwarna kuning)

3. SKM (saya pake 2 sachet)

4. Gula pasir (saya pake 1 sendok makan)

5. Garam secukupnya saja (waktu saya membuat gabin tape, saya lupa menambahkan garam 😀)


Cara Membuat :


1. Lumatkan tape singkong sampai halus, buang sumbunya ya...

2. Masukan SKM dan gula pasir, juga garam aduk sampai tercampur rata

3. Siapkan gabin, oles gabin mengunakan campuran tape (ketebalan sesuai selera), saya mengoleskan dua sendok makan, tebel banget ya... hehehe

4. Tutup dengan gabin lagi, rapikan pinggirnya.

5. Panaskan minyak

6. Setelah minyak panas, goreng gabin tape dengan api kecil. Jangan terlalu lama khawatir gabin gosong, dan jangan dibolak balik supaya gabin tape tidak menyerap minyak terlalu banyak.

7. Setelah dirasa cukup, angkat dan tiriskan

Kalau dulu, gabin goreng seperti ini belum banyak inovasi ya, tapi sekarang-sekarang ini, isian dari gabin goreng, bukan hanya tape singkong. Tapi ada gabin goreng isi fla cokelat, fla susu vanila, fla pandan, bahkan gabin goreng dengan isian yang gurih atau asin.

Setelah mencoba gabin goreng tape ini, saya pun mencoba gabin goreng fla susu keju. Rasanya juga enak. Hanya saja gabin yang saya beli berbeda merk, sehingga gabinnya kurang renyah dan mudah melempem, berbeda dengan merk gabin yang saya beli sewaktu membuat gabin goreng tape singkong. Bahkan diinapkan juga rasa gabinnya masih renyah. Sementara untuk isiannya, terasa enaknya.

Jadi kesimpulannya, untuk kerenyahan gabinnya, tergantung dari merk gabin. Ada gabin yang tahan renyah, ada yang mudah melempem. Dan untuk tape, jika ingin awet gabin tape nya, tape bisa dikukus terlebih dahulu. Jika teman-teman ingin menambahkan tepung pada olahan gabin tape-nya, bisa ditambahkan tepung terigu sebanyak 1 sendok makan. Kalau saya, ingin pure terasa tape pada gabin tape yang saya buat, jadi tidak saya tambahkan tepung terigu.



Karena saya suka ngopi, maka Gabin Tape yang Renyah di Luar, Lembut di Dalam ini saya jadikan teman ngopi sore hari 😉

8 comments:

  1. ya ampun jaman dulu ada yang jualann nih kue kaya gini di warung0warung kecil, jaman sekarang udah susaah jadi pengen cobain bikin sendiri buat ngemil si hubby hihihi

    ReplyDelete
  2. Gabin ini jajanan zaman dulu yang sekarang masih banyak digemari, rasanya tetap unik apalagi membuatnya mudah. Sering juga sih liat di jajanan kuliner adaa gabin isinya kurang tahu tapi masih digoreng sama telur. Enak sih tetep enak, terima kasih resepnya bisa dicoba nih!

    ReplyDelete
  3. Duh, enak banget nih
    Sayang sekarang sudah jarang yang jual
    Makasih banget sharing resepnya, jadi bisa buat sendiri di rumah

    ReplyDelete
  4. Wah gabin tape ini cocok banget untuk dijadikan cemilan keluarga, ya. Cara buatnya juga mudah. Kapan-kapan bisa nyobain bikin, deh! Makasih sharingnya ya, Mbak

    ReplyDelete
  5. Ini kesukaanku. Dah lama nih ga makan kue ini. Bisa habis banyak dan ga mau berbagi saking enaknya 😂

    ReplyDelete
  6. Jadi itu namanya Gabin Tape. Aku suka makan tapi nggak tau namanya wkwk. Emang enak banget, Mbak. Mengenyangkan pula.

    ReplyDelete
  7. Gabin Tape ini saya belum pernah coba mbak. Biasa dalamnya tepung atau srikaya. Nah untuk komposisi tape boleh juga di coba ini kak.

    ReplyDelete
  8. Kesukaan aku banget gabin tape ini. Favorite banget sampai sekarang..

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran