Monday, December 05, 2016

Acer Switch Alpha 12, Switchable Me Untuk Profesi & Hobi

Saya adalah salah satu dari sekian banyak ibu yang menjalani profesi dan hobi secara bersamaan, yang mana kegiatan saya itu membutuhkan sebuah perangkat atau alat yang bernama komputer atau laptop.

Profesi

Pertama kali saya mulai bekerja di salah satu BUMN yang ada di kota saya, Serang, saya langsung ditempatkan di bagian keuangan dan memegang suatu sistem keuangan yang disebut dengan SSK (Sub Sistem Keuangan), dan sistem tersebut berada dalam perangkat komputer. Saya masuk kerja tahun 2000 dan komputer yang ada di tempat kerja saya masih komputer dengan layar cembung dengan bagian belakang yang menonjol, beserta CPU plus printer yang besarnya ampun-ampunan dengan suara yang bising. Ya.. laporan keuangan yang saya buat menggunakan komputer SSK tersebut masih memakai kertas continous form yang sambung menyambung itu lho... dengan ukuran kertas yang paling besar (saya lupa ukuran kertasnya berapa), sehingga printer-nya pun printer yang besar.

Dan bagian yang paling menyiksanya adalah, setiap triwulan, kami, bagian keuangan harus rekonsiliasi data dengan kantor Divisi Regional yang ada di Bandung. Otomatis, kami harus ke Bandung setiap 3 bulan sekali dengan membawa perangkat komputer lengkap beserta printer yang super duper berat dan merepotkan. Kebayang kan, bagaimana susahnya. Belum lagi ditambah membawa kertas yang tebal, besar dan berat. Jadi... jika waktunya harus rekonsiliasi data ke Bandung, bukannya senang bisa sambil jalan-jalan ke Bandung, karena memang mengerjakan rekonsiliasai datanya pun di hotel, dan tidur juga di hotel, tapi bawaannya malah malas. Disamping memang harus membawa 'peralatan tempur' tersebut, di hotel kami tidak bisa menikmati tidur yang nyaman layaknya staycation. Hahaha... kerja kok malah pengen staycation sih... :) Yes... kami harus lembur. Di dalam aula hotel. Jadi bagaimana bisa menikmati kamar hotel, kerjanya saja di aula, lembur pula. Ya kali, gimana bisa bawa komputer segede gaban ke kamar hotel :) Kebayang kan, bagaimana kami kerja rodi (lebay) :D


Awal-awal saya kerja. Kompinya gede kan? hehehe

Dan setelah era komputer yang berat itu lewat, tergantikan dengan komputer dengan layar datar atau LCD. Masih mending walaupun tetap harus membawa CPU, namun printer sudah berganti pada printer yang lebih kecil dan tidak lagi menggunakan kertas continous form, tapi menggunakan kertas A4. Sedikit lebih ringan. Berbarengan dengan komputer LCD, Laptop pun menjadi barang favorit. Dan akhirnya, kami pun jika rekosniliasi data keuangan, menggunakan laptop. Lebih ringan dan mudah dibawa. Saya mendapat laptop dari kantor satu untuk mengerjakan laporan keuangan dengan mengunakan sistem SSK tersebut. 

Namun, sekarang ini, laptop tersebut sepertinya ingin diganti. Mesinnya mudah panas dengan bunyi   yang berdengung, membuat telinga tidak nyaman lalu tiba-tiba laptop itu bisa mati sendiri, plet... Baterai laptop-nya pun sudah tidak terpasang, jadi kalau memakai laptop harus selalu terhubung listrik. Mengenaskan!

Hobi

Saya mulai ngeblog tahun 2012, tapi itupun masih belum bisa posting artikel banyak. Maklum masih baru, jadi masih meraba-raba. Selama saya ngeblog, saya menggunakan laptop suami saya. Dan sekarang ini, laptop suami saya tidak lebih mengenaskan dari laptop kepunyaan kantor. Malah sekarang, laptop suami mati sama sekali, tidak bisa dinyalakan. Untuk itu, jika saya mendapat tawaran job artikel atau ada lomba blog, agak-agak sulit untuk menulis. Kalau ada waktu luang di kantor, saya manfaatkan untuk menulis di blog, kalau di rumah, saya manfaatkan laptop kantor walaupun harus ekstra sabar. Belum lagi jika harus rebutan sama anak-anak. Ada yang ingin sekedar main game (kalau sudah bosan main game di HP saya, anak-anak menuju laptop), atau mencari bahan untuk belajar anak-anak. Terkadang saya dan anak-anak mencari referensi bacaan/pelajaran dari internet.

Berkat ngeblog, saya mendapatkan uang sampingan dari job-job artikel yang ditawarkan untuk blog saya. Beberapa kali menjadi pemenang lomba-lomba, baik giveaway maupun lomba blog. Berkat ngeblog juga saya sudah memiliki beberapa buku antalogi. Suatu berkah yang tidak saya duga-duga. Karena awal ngeblog karena memang ingin menyalurkan hobi menulis saya. Tapi ternyata mendatangkan rezeki. Alhamdulillah. Jadi supaya rezeki saya bisa terus mengalir lancar dari ngeblog, saya pun harus memiliki laptop yang mumpuni, yang bisa membuat saya nyaman senyaman-nyamannya.

Lalu... suatu saat saya melihat iklan di TV tentang notebook dengan inovasi terbaru, yang mana layarnya bisa dilepas sehingga bisa menjadi tablet. Saya langsung terpukau. Woww... betapa teknologi benar-benar berkembang secara pesat. Saya pun membayangkan, jika suatu saat nanti saya bisa memiliki notebook seperti itu, betapa mudahnya hidup saya. Kerja dan hobi bisa berjalan lancar. Namun sempat terlintas, merk notebook-nya bisa dipercaya tidak ya? Hmmmm..... *mikir*

Acer Switch Alpha 12

And then.. kabar gembira datang untuk kita-kita yang profesi dan hobinya tergantung pada perangkat elektronik yang bernama notebook. Kabar gembiranya adalah Acer telah meluncurkan notebook 2-in-1 yang powerful dan fanless yang pastinya dibutuhkan oleh kita yang menjalani profesi dan hobi secara bersamaan seperti saya, yaitu Acer Switch Alpha 12. Notebook Acer Switch Alpha 12 2-in-1 ini dapat menjadi partner yang memudahkan kita menjadi seseorang yang “switchable” antara profesi dan hobi. Menyenangkan bukan? :D





Notebook Acer sudah terkenal dan bisa diandalkan karena Acer adalah pemimpin di ranah notebook 2-in-1 Indonesia. Acer selalu berinovasi untuk membuat produknya selalu tampil lebih baik. Bahkan di kantor saya, rata-rata menggunakan laptop Acer. Berarti memang sudah terbukti kalau Acer memang lebih diandalkan dibanding yang lain.

Sistem Pendingin Tanpa Kipas




Tidak seperti notebook yang biasanya, Acer Switch Alpha 12 ini tidak mengandalkan kipas konvensional yang ketika berputar mengeluarkan suara yang cukup mengganggu ketika bekerja. Menggantikan peran kipas sebagai pengusir panas, Acer mengusung teknologi Acer LiquidLoop™ yang mengandalkan pipa berisikan cairan  pendingin untuk menstabilkan suhu prosesor Intel Core i Series di dalamnya secara optimal. Karena biasanya, sistem pendingin tanpa kipas hanya digunakan untuk perangkat dengan prosesor Intel Core M.



Dengan begitu, notebook Switch Alpha 12 dapat beroperasi senyap dan tidak mengganggu konsentrasi kerja begitu pula orang-orang disekitar kita tidak terganggu dengan suara notebook yang biasanya mengeluarkan suara berdesis atau berdenging. Sistem pendingin tanpa kipas atau fanless juga membuat perangkat ini bebas debu. Debu yang menempel pada kipas sangat berpotensi membuat suhu overheat yang merusak motherboard. Dengan begini, notebook kita akan lebih panjang umur.
Keuntungan lainnya, notebook hybrid ini tidak memiliki ventilasi udara yang terkadang mengganggu kenyamanan saat notebook dipangku maupun diletakkan di atas kasur. Nah... ini bisa digunakan ketika saya rekonsiliasi data keuangan. Tidak perlu harus ngedekem di aula hotel. Mengerjakan di kamar hotel sambil tidur-tiduran juga bisa. Kalau ngantuk, tinggal tidur aja deh... :) Namun yang pasti, sistem fanless ini sangat membantu menghemat daya baterai sehingga Switch Alpha 12 bisa kita gunakan dalam waktu lama tanpa khawatir tidak ada colokan di disekitar kita.
Desain Ramping dan Fleksibel

Switch Alpha 12 dirancang dengan bodi yang tipis dan bobot yang ringan. Lagi-lagi bisa dibawa-bawa saat rekonsiliasi data keuangan nih.... Tidak ribet dan berat. Mudaaah bangeet :) Bahkan, Switch Alpha 12 didesain sangat fleksibel mengikuti kebutuhan penggunanya. 
Switch Alpha 12 dapat berubah sesuai kebutuhan, dari mode tablet menjadi notebook atau sebaliknya. Hanya perlu melepas dan memasang kembali keyboard docking yang telah dilengkapi engsel magnet. Dengan engsel magnet ini, melepas keyboard Switch Alpha 12 dapat dilakukan dengan cepat dan aman. Ini nih yang bisa membuat anak-anak kesenangan. Bisa ber-game ria dengan bebas, sambil dibawa-bawa dengan layar yang lebih besar daripada main game dari smartphone punya ibunya a.k.a saya :) 

Terkadang, saya ngetik atau ngeblog saat anak-anak dan suami sudah terlelap, sehingga lampu-lampu sudah dimatikan. Kesulitaan saya dulu adalah mencari tombol keyword dengan pencahayaan yang redup. Namun dengan notebook Acer Switch Alpha 12 ini saya tidak mengalami kesulitan lagi karena Acer Switch Alpha 12 memiliki keyboard docking yang bukan sekadar aksesoris semata, melainkan berfungsi sebagai screen protection. Acer bahkan mendesainnya super tipis dan membekalinya lampu backlit agar bisa tetap mengetik meski sedang berada di ruangan dengan pencahayaan redup. Tidak lupa dilengkapi kickstand yang bisa diatur sudutnya hingga 165 derajat untuk memberikan sudut pandang yang diinginkan. Dengan begini, saya bisa mengetik lebih nyaman.
Performa Kencang Didukung Fitur Terdepan
Notebook Acer Switch Alpha 12 telah menanamkan prosesor Intel Core i Series generasi ke-6 yang memiliki kinerja kencang dan hemat energi. Inilah yang membuat Acer Switch Alpha 12 berada di level lebih tinggi dibanding produk sejenis yang biasanya masih mengandalkan prosesor Intel Core M.
Acer juga menyediakan fitur teknologi terdepan seperti port USB Type-C dengan USB 3.1 gen 1. Melalui port tersebut, kita bisa mendapatkan transfer data berkecepatan hingga 5 Gbps, alias 10 kali lipat lebih kencang dibanding USB 2.0. Menariknya, port USB Type-C juga bisa difungsikan sebagai output video dan sumber daya yang dapat mengalirkan hingga 4.5W untuk gadget kita.
Keunggulan yang ini juga dibutuhkan saya ketika saya bekerja, apalagi saat rekonsiliasi data keuangan yang harus menyimpan data banyak dan kecepatan pengoperasian, supaya saya dan tim tidak telat dalam memberikan data untuk direkonsiliasi. Karena setiap rekonsiliasi data, ada saja dari tim yang lain yang telat memberikan datanya dikarenakan daya kerja laptop-nya yang lemah atau lambat, yang menyebabkan mereka harus pulang terakhir. Dan tim kami pun pernah mengalaminya. Dengan Acer Switch Alpha 12 ini, tentunya kami tidak akan mengalami keterlambatan penyerahan data lagi. Rasanya sakit hati kalau harus pulang terakhir.
Sementara di sisi layar, layar 12 inci yang memiliki resolusi QHD (2160 x 1440 pixel) telah dilengkapi teknologi IPS. Jadi layarnya mampu menghadirkan gambar tajam dan warna yang baik dari berbagai sudut. Bahkan telah membenamkan teknologiBlueLight Shield yang membantu mengurangi emisi cahaya biru pada layar. Dengan begitu mata kita tidak cepat lelah walaupun menggunakan notebook dalam waktu lama. Dengan begitu, saat saya rekonsiliasi data keuangan, dengan lembur tidak akan membuat mata saya sakit, begitu pula jika saya ngeblog dengan tenggang waktu yang mepet deadline.
Selain keunggulan-keunggulan di atas, Acer Switch Alpha 12 pundi lengkapi dengan pena digital active pen. Gimana saya gak jatuh cinta sama produk ini, coba... Ini sih lengkap banget untuk kebutuhan profesi dan hobi saya dan anak-anak. Farras, anak pertama saya senang nge-doodle. Dan saya sedang giat-giatnya memberi dukungan pada Farras. Maklum, anaknya moody. Jadi saya sebagai orang tua harus ekstra mendorong kemampuannya. Kalau tidak saya support ekstra keras, kemampuan anak tidak terasah, dan akhirnya teronggok begitu saja. Sayang kan? 

Dengan notebook Acer Switch Alpha 12 yang dilengkapi dengan pena digital active pen ini, bisa membuat Farras semakin asyik menggambar. Dan akan meningkatkan kreativitasnya. Anak senang, ibu pun puas :)


Di atas adalah beberapa gambar Farras. Jadi, Acer Switch Alpha 12, Switchable Me Untuk Profesi & Hobi saya dan anak saya. Deadline job artikellomba dan kerja pun bisa diselesaikan di mana saja kapan sajaSegala kebutuhan untuk profesi & hobi saya dan anak saya ada di notebook Acer Switch Alpha 12 ini.


38 comments:

  1. Sukses selalu mbak.. ... Moga bisa menang lomba

    ReplyDelete
  2. Itu fotonya jaman dinasty ming ya bu hehe. Tapi teriring doa semoga mba sukses selalu amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.... Aamiin. Terima kasih mas Imron :)

      Delete
  3. foto komputernya hihihi, jadul banget ya Mbak.
    Acer memang udah mumpuni :)
    aku suka gambarnya si jagoan, bagus banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... saya kan emak2 jadul wkwkwk...
      Makasih mba Wahyu :)

      Delete
  4. Mantaps ya, Mbak, spesifikasi Acer Switch Alpha 12, dilengkapi pena digital lagi :)

    ReplyDelete
  5. Foto jadulnya cantik banget ya.. si Dede hobi menggambar kayaknya pas banget deh Acer Switch alpha kan punya pena digital, jadi bisa gambarnya di tablet deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an suatu saat bisa punya :) supaya saya dan anak senang hehe

      Delete
  6. pas kerja dulu monitornya juga cembung mbak. malah ga sempat ngerasain layar lcd karena udah jadi IRT.

    good luck mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... saya udah merasakan berbagai macam model komputer mba Diah
      Makasih ya... :)

      Delete
  7. Aku dulu ngantor pertama kali juga pake komputer layar cembung hahaha 17 inch dan itu dah gaya banget

    ReplyDelete
  8. Makin sering membaca ulasan Acer yang satu ini, semakin ingin memilikinya.... Sukses mbak...

    ReplyDelete
  9. MBAKK SANTI DI FORO UNYUK BANGET YAH HAHAHA..

    BTW harga laptop ini berapa sih? Jadi pengenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... maklum saya kan generasi jadul wkwkwkwk... langsung ke Acer-nya aja Jen...

      Delete
  10. waaah, kebayabg ribetnya bawa peralatan tempur pc dan lain-lain, makin sini teknologi makin ringkas dan memudahkan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ribeeet banget mba kalo dibayangin kembali :)

      Delete
  11. Wah.. gambarnya bagus, berbakat banget anaknya.. kalau dapet alat pendukun bisa makin terasah bakatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih mba Irly. Semoga saja :)

      Delete
  12. Gamabr Farrash cakep banget Mbak, suka sketsa ya anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka nge-doodle mba Astin. Makasih ya... :)

      Delete
  13. wah leptopnya keren ihh jadi pengen dah.. jadi ngiler nih pengen acer itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren pake banget :) saya juga ngiler hehe

      Delete
  14. Apapun profesinya notebook harus ada ya apalgi kayak kita merangkap jadi blogger keceh hehehe

    ReplyDelete
  15. Notebooknya keren ya Mba', membantu sekali untuk Emak blogger plus pekerja ya, sukses untuk lombanya.. :)

    ReplyDelete
  16. pengalamanku make laptop acer udah 5 tahun sampe sekarang masih kuat dan lancar.. apalagi yang itu udah core i7.

    semangat baut profesinya ya mbak.. terus ngeblog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percaya kalo Acer memang awet. Terima kasih :)

      Delete
  17. Saya tertarik dg "pena digital active pen".

    Kalo cuma beli penanya aja, gimana yah ..
    terus dioret2in di layar laptop.
    Bisa tidak kira2 yah ... selak pengin orat-oret nih.

    hallooo dek Faras ..semangaat banget nyoretnyaaa, mantaab gambarnya.



    Dengan notebook Acer Switch Alpha 12 yang dilengkapi dengan pena digital active pen ini, bisa membuat Farras semakin asyik menggambar. Dan akan meningkatkan kreativitasnya. Anak senang, ibu pun puas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.... mba... :) iya nih kalo punya notebook kayak gini, Farras kayaknya tambah semangat nyoret2nya

      Delete
  18. Pasti butuh perjuangan dan pengorbanan ya Mbak beralih profesi dari karyawan menjadi sekarang. Tapi hobi ngeblog bisa makin eksis dan rezeki lancar dengan Switch Alpha 12 ini ya Mbak. Saya doakan menang ya. Mupeng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih Mas. Tapi saya ngeper sama tulisan mas rudi hehe

      Delete
  19. Keunggulannya banyaaaak banget mbaa.. jadi pengen :). Bon courage yaaa

    ReplyDelete
  20. keren keren..... itu komputernya gede banget ya hahahah, btw thanks infonya

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran