Thursday, April 13, 2017

Makanan-Makanan yang Menyehatkan Gigi

Gigi, awal mula proses pencernaan makanan kita. Semua makanan memiliki banyak hubungan dengan gigi yang kita miliki, karena kita mengunyah menggunakan gigi.

Tapi ada makanan yang tidak harus kita makan karena akan menyebabkan bahaya bagi kesehatan gigi kita. Demikian juga ada makanan yang harus kita makan secara teratur untuk meningkatkan kesehatan gigi dan tulang kita.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui semua jenis makanan yang harus kita makan sehingga gigi kita dapat tetap sehat.

Jika kita tidak makan makanan sehat berarti kita tidak menjaga kesehatan dan kebersihan gigi yang nantinya dapat membahayakan kesehatan kita sendiri.


Berikut adalah beberapa makanan sehat yang sebaiknya  dimakan secara teratur untuk menjaga kesehatan gigi kita  :

1. Apel

Buah yang satu ini memang manis tapi tidak akan membahayakan kita kok, hehe...  Apel kaya akan serat dan air. Mereka membantu menghasilkan air liur di mulut yang menghilangkan partikel makanan dan bakteri berbahaya. Serat dari apel juga membantu merangsang gusi dan menjaga kesehatan gigi.

2. Wortel

Wortel juga kaya akan serat. Sayuran yang renyah ini membantu menghasilkan air liur dengan cara yang sama seperti yang apel lakukan. Jika kita makan wortel secara teratur, kita akan meminimalkan resiko gigi berlubang. Dan juga wortel memiliki vitamin A yang berlimpah untuk memperkuat gigi dan tulang.

3. Sayuran hijau

Makan-makanan yang kaya vitamin dan mineral sangat bagus untuk kesehatan gigi kita. Seperti yang dilakukan sayuran hijau. Selain rendah kalori, mereka meningkatkan email gigi dengan kalsium. Sayuran hijau mempunyai peran dalam membantu menjaga kita dari penyakit gusi.

4. Yogurt

Salah satu olahan produk susu ini sangat baik untuk kesehatan gigi. Yogurt kaya akan kalsium dan protein, dua elemen yang paling penting untuk gigi yang kuat dan sehat. Yogurt juga mengandung bakteri yang bermanfaat dan baik untuk membasmi penyakit gusi.

5. Almond

Makanan yang rendah gula tapi memiliki kalsium dan protein yang tinggi sangat membantu untuk kesehatan gigi. Disini peran almond untuk membantu gigi kita sealu sehat. Konsumsilah almond secara rutin dan kita akan mendapatkan gigi yang sehat.

6. Keju

Keju juga merupakan olahan susu yang dapat meminimalisir resiko kerusakan gigi. Keju dapat meningkatkan pH dalam mulut dan membantu menghasilkan air liur. Keju kaya akan kalsium dan protein, membantu meningkatkan email gigi.

7. Seledri

Dokter gigi merekomendasikan seledri untuk membersihkan partikel makanan dan bakteri dari gigi. Seledri kaya akan vitamin A dan C yang dapat membuat kita jauh dari penyakit gusi. Jadi, masukan seledri dalam menu makanan karena akan meningkatkan kesehatan gigi.


Secara keseluruhan, sebaiknya hati-hati dengan makanan yang kita makan karena tidak semua makanan dapat membantu kesehatan gigi. Konsultasi juga ke dokter gigi untuk mendapatkan kesehatan gigi yang maksimal. 

Bicara mengenai makanan, di Jakarta ada sebuah perusahaan jasa catering yang bernama Jakarta Catering yang menyediakan beragam layanan paket dengan harga yang terjangkau dengan kualitas pelayanan yang pastinya memuaskan untuk acara pernikahan, khitanan, ulang tahun dan juga katering kantoran. Selain daerah Jakarta, Jakarta Catering juga melayani pesanan di daerah Depok, Tangerang, Bogor dan Bekasi.




Adalah Dylan Fardhani seorang mahasiswa tingkat akhir yang mencintai makanan dan suka travelling yang sedang merintis perusahaan jasa catering ini. 

Jadi untuk teman-teman yang berada dalam jangkauan Jakarta Catering dan kebetulan sedang membutuhkan jasa katering, bisa menghubungi Jakarta Catering ini :)

9 comments:

  1. baru tahu kalo keju bisa menyehatkan gigi,, berarti saya harus makin rajin makan keju nih biar gigi lebih sehat :)

    ReplyDelete
  2. kalo apel sering banget emang katanya bagus untuk gigi.. sampai dokter gigi pun setelah scaling menyarankan untuk makan apel, jangan makan daging.. hehehehehe..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  3. Mbak santi, aku suka semua kecuali yogurt. Tapi herannya ponakanku dari kecil maniak sama wortel, eh masih aja giginya bolong Mbak

    ReplyDelete
  4. Wow...gigiku sudah beberapa yang tanggal akibat keropos. Memang harus diperhatikan jenis makanannya ya agar gigi sehat

    ReplyDelete
  5. Bentaar mbak .. setelah aku cek, hampir kesemuanya ada di rumah. Hanya Almond yang gak ada .. ada juga saudaranya niy, Kacang Arab hehehe.

    Terimakasih berbagi infonya .. kereeenn !

    Cateringnya, noted! Suatu saat diperlukan. Naksir "tumpeng"nya.
    Boleh lah saya bagikan info catering niy, buat saudaraku di Depok n Bekasi.

    ReplyDelete
  6. dari ketujuh makanan yang dapat menyehatkan gigi semuanya selalu tak konsumsi, hanya alomd yang palingan seminggu sekali, maklum rada susah dapetinnya disini mah

    ReplyDelete
  7. Satu lagi mbaaak, katanya daun mint juga bisa menyehatkan gigi kalo dikunyah-kunyah... haha katanya lho ya.. ndak tau bener ato gak :P

    ReplyDelete
  8. Baru tau kalau keju juga baik untuk gigi. Tapi saya lebih suka makan apel yang agak kecut. Apa baik juga ya apel yang kecut?

    ReplyDelete
  9. uhuuyy...suka semua makanannya.. ternyata bagus buat gigi ya mba

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran