Thursday, October 26, 2017

Berwisata ke New Bandungan, Ungaran - Semarang

Pernah suatu kali ketika kami berkunjung ke rumah adik ipar yang berada di Semarang, kami berwisata ke Bandungan, Ungaran yang masuk pada wilayah Kabupaten Semarang. Awalnya ketika kami hendak menentukan tempat wisata sempat bingung, mau berwisata kemana. Akhirnya setelah rembukan, kami bersepakat untuk berwisata ke daerah Ungaran. Kalau saya sih, karena memang tidak hapal dan tidak tahu menahu daerah Semarang, ngikut aja... hehehe

Ungaran merupakan ibukota Kabupaten Semarang. Ungaran terletak di sebelah Selatan kota Semarang. Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur merupakan wilayah perkotaan Ungaran.

Ungaran juga dikenal sebagai Kota Seribu Rumah Makan, ini dikarenakan Ungaran jalur utama untuk kendaraan dari Semarang yang akan menuju kota Solo dan Yogyakarta.

Karena adik ipar saya tinggal di kota Semarang, sementara anak saya sudah berjalan-jalan di seputaran kota Semarang, seperti alun-alun kota Semarang, Lawang Sewu, dll, akhirnya kami mengambil rekreasi ke daerah kabupatennya. Dan jadilan Bandungan sebagai daaerah tujuan wisata kami. Bandungan terletak di lereng Gunung Ungaran.

Dari Semarang menuju Bandungan, kami melewati jalan yang sepertinya baru dibangun saat itu. Sepanjang perjalanan, di pinggir-pinggir jalan tersebut terdapat tebing-tebing yang sudah dikikis yang sepertinya untuk pembuatan jalan ini. Jadi jalannya seperti membelah tebing.

Kami pun melewati beberapa pabrik makanan biskuit/snack crackers, yang aromanya kuenya tercium  sampai ke dalam mobil kami dan enak banget :) Perut rasanya tergelitik mencium aroma kue-kue tersebut.

Memasuki tempat wisata, jalan menyempit dan terlihat ramai. Banyak kendaraan yang keluar masuk yang hendak berwisata di setiap tempat wisata yang ada di sekitaran New Bandungan tersebut. Saya sempat kaget dan terpesona, ternyata disini banyak tempat wisata buatannya ya... resort pun banyak. Jadi seperti resort yang ditawarkan di pantai-pantai yang ada di daerah saya, Anyer. 

Sepertinya adik ipar saya pun baru kali ini berwisata ke daerah Bandungan, karena sempat mencari-cari dimana kami harus menghentikan mobil untuk turun dan menikmati panorama wisata. Ternyata begitu memasuki daerah Bandungan, banyak banget ya tempat wisatanya dan ramai pula, saya sempat terbengong-bengong, makanya kami sempat bingung dimana kami harus berhenti dan turun.

begitu sampe tempat yang dituju :)

Akhirnya kami pun memilih (untuk menyenangkan anak-anak) New Bandungan Indah Water Park, suatu tempat wisata buatan. Pastinya tahu kan, kalau yang namanya water park, anak-anak pasti senang. Berhubung saat itu water park nya masih tutup, akhirnya kami mengajak anak-anak bermain di play ground nya. Sempat berwisata kuda dan berfoto-foto. 

New Bandungan Indah Water Park
sumber www.kabsemarangtourism.com

Anak-anak bermain sambil berlarian, kami yang dewasa duduk-duduk sambil memesan makanan yang ada di sekitar tempat wisata. Ada sate kelinci yang dijual dengan cara dipanggul. Saya gak mesan sate kelinci, membayangkannya rasanya gak tega, saya memesan sate ayamnya saja.








Karena New Bandungan Indah ini juga memiliki fasilitas tempat menginap, seperti resort, akhirnya kamipun menyewa tempat untuk menginap selama semalam. Penginapan yang kami pesan punya PJKA. Lumayanlah bisa mengistirahatkan tubuh setelah cape berjalan-jalan :)




Malamnya, kami sempat berjalan-jalan ke pasarnya sekalian membeli makan untuk makan malam. Ternyata water park yang kami kira masih tutup itu ternyata sedang dalam perbaikan, jadi memang untuk sementara ditutup. Akhirnya anak-anak pun tidak jadi mandi di water park.


Bandungan Indah
sumber www.kabsemarangtourism

Sepulang dari tempat wisata buatan New Bandungan, kami mampir di tempat oleh-oleh tahu bakso. Pastinya sudah tahu kan, kalau tahu bakso adalah makanan khas daerah Ungaran. Jadi ke Ungaran tanpa membawa oleh-oleh tahu bakso, rasanya ada yang kurang. Sebetulnya selain tahu bakso, ada juga oleh-oleh khas daerah Ungaran yaitu tahu serasi, tapi sepertinya adik ipar saya tidak mengetahui dimana tepatnya membeli oleh-oleh tahu serasi ini.


14 comments:

  1. Asyik tuh bisa naik kuda. Tapi anakku berani apa nggak ya? :'D

    ReplyDelete
  2. Hijau dan asri. Aku juga ingin sekali eksplore Semarang, mudah2an kesampean. Oh iya, sukses ya bu untuk lombanya.
    http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  3. Kok tiba tiba pengen tahu bakso ya mbak. hahaha
    Semarang sekarang semakin banyak tempat wisatanya ya mbak. Kapanlah saya ini bisa main ke Semarang :(

    ReplyDelete
  4. Tempatnya teduh banget, sepertinya cocok buat menghilangkan mumet,bagi yang suka suasana alam seperti saya, sambil main serodotan.:D

    ReplyDelete
  5. pokonya kalau ada kolam renang asyik banget buat main2 sama anak

    ReplyDelete
  6. aku tadinya ga tega makan sate kelinci. tapi waktu itu mertua penasaran dan beli. akhirnya nyicip dikit dan rasanya enak kayak ayam

    ReplyDelete
  7. wah bagus juga untuk anak-anak ya bisa bereksplore di sana

    ReplyDelete
  8. Si kecil suka sama Kuda dan waterbumnya. Mantap ini tempatnya. Wisata oke, Buat kuliner jg oke. Noted

    ReplyDelete
  9. Kayaknya aku pernah di luar ini deh mba..yang sebelahan sama pasar trus banyak orang jual oleh2 itu bukan tho? Klo aku berhenti di sini, dari kawasan candi gedhong songo..trus pengen beli oleh2. Akhirnya beli jeruk baby sama tahu Bandungan

    ReplyDelete
  10. jadi ini Bandungannya ya mb? Beda dgn Umbul Sidomuktinya?

    ReplyDelete
  11. Ayo mbak ke Semarang lagi, ntar janjian kopdar yaaa, aku anter ke Pecel Keong, hihii

    ReplyDelete
  12. seru bangeett kalau ke Semarang, kabari mbak :)

    ReplyDelete
  13. Waktu lewat Semarang aku cari tahu baxo. Apa ya merek yang enak. Lupa deh. Sempat googling waktu itu.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran