Tuesday, February 26, 2013

PMS

Premenstrual syndrome (PMS) adalah kumpulan gejala fisik dan emosional yang terkait dengan siklus menstruasi wanita.

Ibu-ibu pernah merasakan yang namanya PMS? Saya pernah.
Dulu… sewaktu belum menikah dan punya anak, kalo menstruasi mau datang, perut rasanya sakiiit sekali, seperti diremas-remas dan tidak bisa melakukan apa-apa. Yang bisa saya lakukan hanyalah tiduran di tempat tidur sambil menahan nyeri yang tak  tertahankan. Ada yang bilang, minum soda dan kacang, supaya haid nya lancar, dan tidak nyeri, entah benar atau tidak kabar tersebut, tapi tetap saya lakukan meminum minuman soda dan memakan kacang, karena saya ingin menghilangkan rasa nyeri yang tak tertahankan ini. Ini terjadi tiap bulan.

Karena setiap bulan saya selalu merasakan hal yang sama setiap kali hendak menstruasi, mungkin karena ibu saya khawatir, akhirnya ibu membawa saya memeriksakan diri ke dokter, gimana ibu saya tidak khawatir, kalau setiap kali datang  “tamu”  bulanan ini, saya sampai tidak bisa masuk sekolah, bisa sampai 2 hari saya tidak masuk sekolah. Walaupun sudah ke dokter, tapi tetap saja setiap kali “tamu” itu datang, rasa sakit kembali berulang, karena memang dokter tidak bisa berbuat banyak, hanya memberikan obat penghilang rasa nyeri saja, dan karena itu adalah hal yang wajar yang dialami wanita. Akhirnya…. Setiap kali kedatangan “tamu” , saya selalu meminum obat yang diresepkan oleh dokter. Lama-lama saya jadi ketergantungan, dan saya tidak mau hal itu tejadi. Akhirnya… saya hentikan konsumsi obat penghilang rasa nyeri tersebut, dengan konsekuensi, saya harus menahan rasa sakit setiap bulannya. Dan hal itu terus saya alami hingga saya kuliah & bekerja….

Tapi setelah saya menikah…. rasa nyeri yang biasa datang setiap kali menstruasi, sedikit-sedikit mulai berkurang, apalagi ketika saya sudah melahirkan anak pertama, rasa sakit jika saya kedatangan “tamu” hilang sama sekali. Saya tidak tahu kenapa……. Apakah ada perubahan hormon, atau apa….. yang jelas, saya merasa terbebas dari rasa sakit yang luar biasa setiap bulannya. Atau mungkin memang sudah fitrah wanita ya? :)

Sekarang jika haid datang, biasanya emosi saya yang kadang kurang terkendali, tapi nyeri nya sudah tidak ada dan saya bisa beraktifitas seperti biasa walaupun “tamu” datang, bebas seperti kupu-kupu, bahagia rasanya………..




10 comments:

  1. kalau sakit sih gak pernah paling kok jadinya serba salah , emosi gitu :)

    ReplyDelete
  2. wah, saya malah kebalik mbak, dulu sebelum punya anak malah gak pernah sakit sama sekali, justru sekarang yang kdg suka sakit (walo gak terlalu) dan sensitif with emotion itu loh, yg sering bikin khilaf.. :D

    ReplyDelete
  3. @ Lidya - Mama Cal-Vin : saya juga skrg ini suka agak2 emosi kalo mau haid :)

    ReplyDelete
  4. @ Aisyah S.A. : kadang kita ga sadar ya, kalo emosi yg keluar itu adlah kita mau kedatangan "tamu" :D

    ReplyDelete
  5. ampe sekarang saya jarang sih kena PMS, bisa diitung jari saya PMS parah, hehhee biasanya parah nya karena mood yang tiba tiba anjlog mbak..

    salam kenal yaa

    ReplyDelete
  6. @ meilya dwiyanti : salam kenal kembali. makasih sudah mampir :) mood anjlog juga kadang bisa bikin kita bete ya.....

    ReplyDelete
  7. klo saya PMSnya 2x mba.. pra & pasca
    hehe..
    http://sweetdonath.blogspot.com/2010/02/pms-oh-pms.html

    ReplyDelete
  8. @ Nathalia Diana Pitaloka : oh... gitu ya....

    ReplyDelete
  9. kalau lagi Premenstrual syndrome (PMS)wah bawaannya malas melulu, memang yg namanya wanita sering mengalami hal tersebut.

    ReplyDelete
  10. @ Lisa Thut Ali : iya, mba... nasib wanita hehehe...

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran