Wednesday, April 02, 2014

Manfaat Sarapan Bagi Anak

Semua orang pasti tahu manfaat sarapan. Selain untuk menjaga keshatan tubuh kita, sarapan juga penting untuk menjaga konsentrasi kita. Apalagi untuk anak-anak. Semua ibu-ibu juga pasti tahu manfaat sarapan untuk anak-anak. Selain untuk tumbuh kembangnya, sarapan juga berguna untuk menjaga konsentrasi anak-anak selama di dalam kelas. Anak-anak yang tidak sarapan, pasti di dalam kelas, akan merasa lapar. Dan jika lapar, konsentrasi anak-anak dalam belajar pun akan buyar. Maka materi yang disampaikan oleh guru, tidak akan bisa diterima dengan baik.

Sebetulnya, sebelumnya saya pernah memosting tulisan tentang sarapan, tapi berhubung kali ini ada GA yang berbicara tentang sarapan, maka saya ingin menuliskan lagi tentang sarapan ini, tapi tentu dengan isi yang berbeda :)

Karena sarapan itu sangat penting dan wajib, makanya saya pun harus menerapkan sarapan pada anak-anak sebelum berangkat sekolah. Dulu Farras dan Fayda termasuk anak-anak yang baru bisa sarapan jika diatas jam 9. Tentu ini membuat saya khawatir, karena jam berangkat sekolah kan jam 6.30. Otomastis sebelum jam tersebut, Farras sudah harus sarapan. Kalau Fayda, berhubung masih sekolah di Kober, jam masuk sekolahnya jam 7.30. Tapi Fayda pun tetap sulit jika harus sarapan di bawah jam tersebut. 

Saya lebih cenderung 'sreg' jika sebelum Farras dan Fayda berangkat sekolah, mereka sarapan dengan sereal + susu. Lebih cepat dihabiskan dan lebih bergizi. Juga bisa diterima oleh perut anak-anak terutama Farras dan Fayda di pagi hari. Jika sarapan dengan nasi + lauk, khusus untuk Fayda, suka lama mengunyahnya, sehingga memakan waktu lama, dan akhirnya hanya beberapa suap saja nasi + lauk yang disantap Fayda. Jika Farras bosan dengan sereal + susu, biasanya saya ganti dengan roti + susu.

Alhamdulillah....... karena mungkin sudah terbiasa, Farras kini sudah tidak sulit lagi untuk diajak sarapan. Sarapan dengan apapun mau, asal jangan dengan bubur ayam hehehe.... Entah kenapa, Farras tidak menyukai bubur ayam :)

Manfaat Sarapan Bagi Anak : 

1. Meningkatkan kemampuan Fisik

Jika anak-anak tidak dibiasakan untuk sarapan, maka tubuhnya akan lemas, dan aktivitas harian selama di sekolah akan terganggu. Kemampuan fisiknya pun akan menurun.

2. Meningkatkan konsentrasi

3. Jarang sakit
Pernah tidak, jika kita tidak sarapan, lalu kepala kita menjadi pusing? Anak-anak pun begitu. Dengan sarapan, kesehatan anak bisa terjaga.

4. Kebutuhan gizi tercukupi
Kebutuhan gizi anak usia 7-13 tahun setiap harinya sekitar 1.800 kkal-2050 kkal, dan protein 45-50 gram. Dengan sarapan, kebutuhan gizinya sudah terpenuhi sebanyak 20%

5. Menciptakan kebiasaan sehat
Yuk... kita ciptakan kebiasaan sehat anak-anak dengan sarapan sebelum memulai aktivitas.





17 comments:

  1. terima kasih banyak untuk infromasinya . . .salam sukses !!

    ReplyDelete
  2. apalagi kalau mau ujian ya saapan pagi berguna banget

    ReplyDelete
  3. Mau dong sereal ama susunya..kepingin banget daah

    ReplyDelete
  4. Sarapan itu memang sangat penting, dan konon bahkan lebih utama daripada makan siang dan makan malam….
    Keep happy blogging always…salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  5. kalau gak sarapan bisa pingsan...istilah orang sunda (bandung) mah salatri...heheh

    ReplyDelete
  6. Keke setiap pagi harus sarapan. Kalau enggak biasanya dia suka sakit

    ReplyDelete
  7. Bisa lemes di sekolah kalo ngga sarapan, minimal minum susu...

    ReplyDelete
  8. Aku juga selalu membiasakan diri sarapan
    Kalau gak sarapan ntar siangnya pasti pusingggg

    ReplyDelete
  9. Sarapan memang baik juga untuk semua umur. Saya sendiri sudah mulai membiasakan keluarga saya untuk menyantap sarapan di waktu pagi. Walaupun cuma beberapa sendok nasi dan lauk sederhana namun cukuplah perut terisi. Konon kata orang tidak sarapan pagi bisa membuat otak tidak bisa berpikir dengan baik. Banyak yang bilang juga sarapan pagi akan mengurangi Porsi Makan Siang yang terlalu banyak

    ReplyDelete
  10. Sama dong, Nadya juga dulu sarapannya sereal+susu, tapi abis itu ngeliat bapak-emaknya sarapan nasi, akhirnya dese juga mau. Sekarang sereal+susunya malah jadi camilan, wkwkwkwk..
    Aku dibiasain sarapan sih sama ortu dan emang merasakan manfaatnya, makanya sekarang anak-anak juga aku biasain :)
    Gutlak GA-nya ya, Santi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seral ya? Wahahah kok sama juga ya. Kadang kadang juga saya suyka sereal yang biasa djual dalam bentuk saset bungkusan gitu, Merek Sereal yang sering saya sukai adalah merek ENerG*N

      Delete
  11. Kalo ga sarapan susah konsentrasi, because what?? perut keroncongan , hihihihi

    ReplyDelete
  12. Assalamu'alaikum mbak dan salam kenal. bila ada waktu ditunggu kunjungan baliknya mbak, saya punya banyak koleksi cd interaktif dan vcd pembelajaran untuk anak2, barangkali mbak mempunyai anak, adik atau keponkaan yang masih kecil, ini angat bagus sekali untuk mendidik dan membangun karakter serta moral anak sejak dini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan tdk lupa ditunggu kunjungannya ya ^_^

    ReplyDelete
  13. Hai... sarapannya simpel but bergizi. Anak-anak memang suka sereal, emaknya juga hahahah.

    btw, thanks sudah ikutan GAnya. semoga beruntung yaaa

    ReplyDelete
  14. yah, bener banget ntuh, thank's yah mba untuk infonya , ini penting banget loh dalam menjaga kesehatan ;) dan gak boleh di anggap remeh (y)

    ReplyDelete
  15. Ini ilmu buat saya inshaa Allah ntar klo sdh punya anak diterapin mba. Terima kasih atas ilmunya.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran