Friday, September 26, 2014

[Macau] Kenapa Harus Takut Pergi Ke Macau?

Makau terletak pada 70 km sebelah barat daya Hong Kong dan 145 km dari Guangzhou. Ia adalah koloni Eropa tertua di Tiongkok, sejak abad ke-16. Pemerintahan Portugal menyerahkan kedaulatan terhadap Makau kepada Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada 1999, dan Makau kini merupakan sebuah Daerah Administratif Khusus Tiongkok.
Penduduk Makau kebanyakan bertutur dalam Bahasa Kantonis; selain itu, Bahasa Mandarin, Bahasa Portugis dan Bahasa Inggris juga digunakan. (sumber)
Macau - terletak di tepi barat Sungai Pearl Delta di selatan Provinsi Guangdong, Cina – bersebelahan dengan kota Daratan Zhuhai dan terletak sekitar 60 kilometer di sebelah timur Hong Kong. Macau terdiri dari Macau Peninsula, Taipa dan kepulauan Coloane. Macau Peninsula adalah pusat dari wilayah tersebut dan terhubung ke Pulau Taipa oleh tiga jembatan jalan. Beberapa resort hotel besar internasional - dengan infrastruktur pendukung baru - yang terletak di tanah reklamasi antara Taipa dan Coloane di distrik baru yang dikenal sebagai Cotai.
Bangsa Portugis tiba dan menetap di Macau pada pertengahan abad ke-16. Dengan demikian, arsitektur kota, seni, agama, tradisi, makanan dan masyarakat mencerminkan integrasi budaya Cina, Barat dan Portugis. Macau menjadi Daerah Administratif Khusus Republik Rakyat China pada tanggal 20 Desember 1999 dan menjadi wilayah otonomi tinggi di bawah prinsip 'Satu negara, dua sistem ". SAR kecil tumbuh seiring perkembangan bangunan di tanah reklamasi, dan dalam jumlah dan keragaman atraksinya. Pada tahun 2005, Pusat Sejarah Macau yang tertulis di Daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai hasil dari lanskap yang unik sejarah dan budaya. Macau saat ini memposisikan diri sebagai Pusat Dunia Pariwisata dan Kenyamanan karena berkembang menjadi tujuan wisata bertaraf internasional.(sumber)

Terus terang, tanpa adanya lomba menulis tentang Macau ini, saya tak pernah sedikitpun berpikir jika suatu saat, jika punya uang yang sangat lebih untuk bisa berkunjung ke Macau. Tidak pernah terpikir sama sekali, sedikitpun, untuk bisa berkunjung ke Macau. Bahkan ketika saya tahu ada lomba menulis tentang Macau inipun, saya masih buta tentang Macau. Letak geografisnya dimana, apa keistimewaan Macau, seperti apa kotanya, apa yang bisa dilihat dan dikunjungi dari Macau ini. Kuper apa kuper ya saya ini? :D Dan setelah saya browsing tentang Macau, apa sih Macau itu, ternyata banyak hal yang indah yang bisa dilihat di Macau. Mata saya jadi terbuka nih, pengetahuan saya juga jadi tambah. Jadi saya harus berterima kasih kesiapa dong? hehe... Tentunya pada panitia penyelenggara lomba ini dong ya... :D *uhuk2mendadakbatuk*

Katanya nih, Macau itu terkenal dengan dunia malam dan perjudiannya. Iih.... serem amat ya... Bagi saya yang Muslim, ini tentu serem. Bisa dibilang, Macau adalah Las Vegas-nya Asia. Woww... tambah serem. Bahkan perekonomian wilayah ini  tergantung pada kegiatan perjudian dan pariwisata kotanya. Haduh... *tutupmuka* Jadi tambah geleng-geleng kepala. Jadi.... tambah gak mau dong pergi ke Macau? :) Eits... tunggu dulu. Walaupun begitu, masih banyak obyek sejarah dan tempat pariwisata yang indah yang bisa dikunjungi di Macau. Kalau serem sama tempat perjudian, ya gak usah didatangin dong tempat perjudiannya, gitu aja kok repot *tepokjidat*. Lebih baik datangi aja tempat lain yang lebih nyaman, enak dan indah di kota Macau ini. Karena ternyata Macau menyimpan harta karun lain yang lebih bermanfaat untuk didatangi dan dikunjungi juga untuk obyek foto :) berupa kekayaan arsitektural, tata kota, dan kuliner yang melimpah peninggalan dari pemerintahan Portugis. Tuh... kan bener kan, kalau Macau memiliki sesuatu daya pesona yang indah selain dari perjudian dan dunia malam yang bikin serem.

Bahasa yang digunakan disini adalah Mandarin dan Portugis. Tapi warga Macau lebih banyak yang menggunakan bahasa Mandarin berlogat Kanton. Banyak yang kita bisa kunjungi di Macau, diantaranya nih...


Kerlap kerlip lampunya indah banget ya...


Siapa yang gak kepengen datang kesini coba? haduuh... pengen banget :)


Arsitektur yang menawan.


Huwaaa.... tambah mupeng :D

Berhubung saya belum pernah ke Macau, jadi fotonya minimalis romantis yang saya ambil dari beberapa sumber.

Untuk makanan, jangan risau, ternyata di Macau sudah ada restaurant yang bersertifikat halal.

Muslim Macau tak menemui kesulitan dalam mendapatkan makanan halal. Sekarang, ini telah banyak restoran halal di penjuru negeri. Sertifikat halal telah didapat restoran Muslim yang kebanyakan menyajikan makanan bercita rasa India, di antaranya, Aruna Indian Curry and Cafe, Indian Garden Restaurant, Taste of India, Spicy Garden, dan lain sebagainya. Selain cita rasa India, terdapat satu restoran Singapura, yakni Three Monkey, dan restoran Cina, Niu Ji Halal Restaurant.Taste of India merupakan restoran halal pertama yang dibuka di Macau. (sumber)

Jadi... memang tak ada lagi keraguan untuk bisa berkunjung ke Macau. Selain arsitektur yang memiliki daya pesona yang tinggi, sejarah, keindahan kota di malam hari bahkan makanannya pun mudah untuk didapatkan. Jadi Macau pantas untuk dilirik. Inga... inga... ting... *sambilngedipinmata*








22 comments:

  1. kalau ke macau aja-ajak kita bu de :)

    ReplyDelete
  2. Teman teman saya di kantor juga banyak yang sudah bolak balik Jakarta - Beijing atauu Tiongkok. Bahkan rekan saya, sekantor, yang juga fotografer juga baru saja pulang liputan dari Macau. Senang banged kalau Bandara Pontianak tempat saya sekarang ini sudah dilintasi oleh jalur penerbangan Air Asia. Kan enak kalau ada rute air Asia bisa kemana mana dengan biaya murah. Eala ngomong apa saya ini

    ReplyDelete
  3. Emmm..meski terkenal 'kota judi' nya, tetap pingin tahu seperti apa cara dan suasana ketika perjudian itu. Hihihi

    Btw, pingin naik prahuuu... :D

    ReplyDelete
  4. mikir2 kl pergi ke tpt yg makanannya gak terjamin kehalalannya ya mak. alhamdulillaah kl kita msh peduli dg urusan itu. dan alhamdulillaah jg sdh ada yg 'berani berkorban' buka restoran halal di sana.

    ReplyDelete
  5. Macau memang keren bingit maak. Kepingin juga kesana. Someday kali yaa kalo udah banyak tabungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, saya baru tahu kalau Macau tuh keren bingit :)

      Delete
  6. Wiiih seru bgt ya bisa ke Macau, kayaknya bikin ngiler deh...kapaaaan bisa kesana ya hiksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga lagi ngelamun mak, kapan ya bisa kesana hehe

      Delete
  7. saya sendiri taunya, kalau macau memang terkenal las vegas nya asia :-)
    gara-gara film King Of The Gambler :-)

    ReplyDelete
  8. Masih ragu terkendala bahasa deh dakuh meski pingin banget bisa kesana

    ReplyDelete
  9. Wah mbak dewi udah pernah kesana ya, rupanya :)

    ReplyDelete
  10. Aku beberapa kali liat Liputan Macau ini di Trans 7. Seruuuu banget mak. Jadi mupeng juga ngider ke sana.

    ReplyDelete
  11. luar biasa kerennya macauu .. woaaah mau ikuuut

    ReplyDelete
  12. wah ke macau ya mbak...
    kapan ya bisa pergi kesana....

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran