Friday, October 21, 2016

Salah Satu Kebiasaan Baik dalam Mengelola Keuangan


Maraknya bisnis asuranis di Negara kita, membuktikan bahwa masyarakat kita peduli akan proteksi untuk dirinya sendiri maupun keluarganya. Taka da yang tahu apa yang akan terjadi pada hidup kita di kemudian hari. Untuk itu kita harus mempersiapkannya sejak dini. Menyiapkan bekal masa depan anak kita dengan asuransi pendidikan misalnya, menyiapkan ‘warisan’ untuk keluarga kita ketika kita tiada berupa asuransi jiwa misalnya, dan menyiapkan dana yang disediakan jika sewaktu-waktu kita sakit dan butuh dana yang besar dengan asuransi kesehatan, dan macam-macam proteksi lainnya dalam bentuk asuransi, adalah termasuk salah satu solusi dalam menghadapi hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi di masa yang akan datang.


Salah satu asuransi yang bisa memberikan solusi untuk proteksi hidup kita adalah Solusi Asuransi astra life. Dengan asuransi kita sudah bisa menerapkan salah satu kebiasaan baik dalam pengelolaan uang untuk bisa mencapai kebahagiaan di hari tua nanti. Selain menyiapkan asuransi seperti asuransi pendidikan untuk anak-anak kita, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan dan lainnya, kebiasaan lain yang baik dalam pengelolaan uang adalah menabung, berinvestasi, tidak berhutang tanpa perhitungan, menyiapkan dana pensiun dan lain sebagainya.

Mencari perusahaan asuransi yang kredibel memang susah-susah gampang ya… Jangan sampai kita berasuransi pada perusahaan asuransi, tapi ketika saatnya kita klaim, ternyata perusahaan asuransinya sudah pailit. Pahit banget kan ya? J Untuk itu kita diharuskan cermat dan cerdas dalam memilih perusahaan asuransi, juga harus bisa cermat dan cerdas dalam memilih asuransi apa yang sebenarnya benar-benar kita butuhkan. Jangan mudah tergoda dan goyah akan berbagai macam penawaran asuransi yang menggiurkan. Apalagi dengan maraknya perusahaan-perusahaan asuransi yang menyebabkan persaingan pun menjadi ketat. Pastinya banyak tawaran-tawaran yang menggiurkan dari jenis-jenis asuransi yang dimiliki perusahaan asuransi.  Ketika kita hendak berasuransi, kita harus melihat kondisi keuangan yang kita miliki, jangan terjebak pada kemudahan-kemudahan yang kelak akan kita dapatkan. Gaya hidup sehat finansial harus diterapkan dan dijalankan, supaya kondisi keuangan keluarga tidak amburadul. Niat ingin memiliki sesuatu yang bisa dinikmati di saat tua nanti, malah kita sendiri terjebak dalam gaya hidup finansial yang tidak sehat. Jika kita bingung menentukan jenis asuransi, Solusi Asuransi astra life bisa membantu.

Membicarakan masalah pilihan asuransi yang akan diambil bersama pasangan, sangat dianjurkan, supaya tidak salah pilih dan salah jalan. Jangan mengambil keputusan sendiri. Tak jarang di kantor, saya pun sering mendapat tawaran asuransi. Tapi secara halus saya katakana, saya harus membicarakannya terlebih dahulu dengan suami saya, karena saya hidup sudah tidak sendiri lagi. Saya memiliki pasangan hidup, yang mana setiap keputusan adalah keputusan bersama, bukan keputusan sepihak.

Memang memiliki asuransi adalah kebutuhan, tapi tetap kebutuhan pun harus dipilah dan dipilih. Kebutuhan yang mana yang terlebih dahulu harus didahulukan. Asuransi apa dulu yang kita butuhkan.

Saat dulu Alm. Ayah saya masih hidup, ayah saya sudah bijak dan tepat dalam memilih asuransi. Beliau memilih asuransi sesuai kebutuhan beliau saat itu. Beliau ketika masih hidup memilih asuransi jiwa dan asuransi pendidikan untuk adik bungsu saya. Yang Alhamdulillah sudah dirasakan oleh ibu saya dan adik bungsu saya ketika ayah saya sudah tidak ada lagi.


Manfaat asuransi terkadang memang manfaatnya tidak terduga. Ibu saya dan sayapun dulu tak menyangka bahwa asuransi yang ayah saya miliki ternyata bermanfaat untuk kami. Jadi, berasuransi adalah merupakan salah satu kebiasaan baik dalam mengelola keuangan.

7 comments:

  1. Bijak. memang keputusan yang baik adalah keputusan yang dibicarakan bersama suami. apapun resikonya nanti, tetap akan di emban bersama.

    ReplyDelete
  2. Pengelolaan keuangan bagian dari managemen ya, kalau tidak dilakukan, kita sendiri bisa rugi ya mba

    ReplyDelete
  3. Patut dipertimbangkan. Kebetulan aku belum ikut asuransi apapun. Kira-kira iuran di asuransi Astra Life mahal nggak ya?

    ReplyDelete
  4. Penting dan berguna sekali asuransi itu ya. Aku baru ikut asuransi kesehatan :)

    ReplyDelete
  5. Semoga almarhum bapaknya tenang ya mba, manfaat asuransinya sudah dirasakan keluarga yang ditinggalkan

    ReplyDelete
  6. bermanfaat banget mbak apalagi kalau dalam keadaan urgent, aku udah mengambil manfaatnya

    ReplyDelete
  7. Bener mbak... manfaanya banyak banget, disaat kelabakan bt biaya sekolah anak itu yang biasanya saya hadapi...

    Cuma. Sayang ya.. peminatnya baru perkotaan... daerah2 masih sulit menerapkan asuransi.. next kali ya :D

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran