Sunday, November 06, 2016

Lakukan Pertimbangan Ini Sebelum Beli Mobil Baru Secara Kredit


Berbagai macam aktivitas yang berada di luar rumah dan tingginya mobilitas karena tuntutan pekerjaan memang menjadi alasan bagi banyak orang untuk memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi mereka. Memiliki mobil memang sah-sah saja dilakukan terlebih beberapa tahun belakangan ini mobil menjadi aset yang mudah dimiliki. Sayangnya setelah beli mobil baruseseorang malah mengalami kesulitan keuangan terlebih mereka yang membeli secara kredit sehingga harus memenuhi cicilan bulanan yang memiliki jumlah yang besar. Cicilan ini yang sering membawa permasalahan karena lamanya cicilan mulai dari 2 hingga 5 tahunan. Tentu cukup memberatkan jika tidak melakukan perhitungan secara cermat.

Agar tidak mengalami kesulitan saat melakukan kredit mobil, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertama, beli mobil sesuai dengan kebutuhan kita. Hal ini adalah hal yang paling utama yang harus kita jadikan sebagai pertimbangan. Kebutuhan akan sebuah mobil memang harus kita pertimbangkan, apakah saat ini kita benar-benar membutuhkan mobil dan sudah tidak bisa ditunda atau kah ini hanya keinginan sesaat saja? Pastikan untuk tidak membeli sesuatu yang tidak kita perlukan. Hal ini juga berlaku untuk mobil yang kita beli. Jangan sampai menyesal jika ternyata mobil hanya digunakan sebagai sebuah pajangan saja.

Kedua, beli mobil baru yang murah. walaupun tergolong memiliki harga yang murah, namun tetap saja jika pembelian mobil akan melibatkan uang dalam jumlah yang cukup besar hingga mencapai ratusan juta. Oleh sebab itu kita harus mempertimbangkan harga dengan cermat. Kita bisa memilih mobil baru dengan harga yang rendah, mulai 100 jutaan saja. Tidak perlu membeli mobil yang mewah dengan fitur yang berlebihan, percuma jika kita membeli mobil dengan fitur yang berlebihan namun ia tidak bisa digunakan secara maksimal karena hanya menjadi pajangan.

Ketiga, sesuaikan dengan kondisi keuangan yang kita miliki. Penyesuaian harga mobil dengan kondisi keuangan adalah hal yang begitu penting untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan terlebih untuk kita yang sudah mempunyai tanggungan anak dan istri apalagi jika buah hati kita sudah memasuki usia sekolah, pasti ia akan memerlukan banyak biaya. Bila kita tidak mempunyai sejumlah dana atau pun tabungan khusus untuk anak, lebih baik kita membeli mobil dengan harga yang lebih murah. Ketika kita membeli mobil, berbagai macam cicilan hutang lain harus kita pertimbangkan, semisal cicilan kredit KPR. Jika ternyata hingga sekarang kita masih mempunyai cicilan KPR, lebih baik kita menunda pembelian hingga cicilan kita selesai.

Keempat, lakukan simulasi. Bukan hanya KPR saja yang membutuhkan simulasi. Saat kita mengambil kredit ini, kita juga harus melakukan simulasi pada kemampuan keuangan yang kita miliki terlebih dulu sebelum kita memutuskan untuk melakukan pembelian mobil. Hal ini bisa membantu kita untuk mempunyai gambaran keuangan atau pun kemampuan melakukan pembayaran.




Selain berbagai tips di atas, ada beberapa kesalahan seseorang beli aksesoris mobil baru secara kredit. Berikut kesalahan tersebut, antara lain:


  1. Mengesampingkan kebutuhan. Jangan memaksakan diri memiliki mobil yang mempunyai fungsi tidak sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, terlebih untuk kita yang sudah berkeluarga,
  2. Tidak melakukan perbandingan harga. Ketika akan membeli mobil, kita harus lebih cermat melakukan perbandingan harga karena pembelian ini menggunakan uang dalam jumlah yang tidak sedikit,
  3. Mengambil cicilan yang terlalu besar. Ada banyak leasing dan waktu cicilan. Pilih yang sesuai dengan kemampuan kita, jangan mengambil cicilan melebihi kemampuan.

3 comments:

  1. Beli kendaraan memang harus melihat fungsinya ya Mbak, keuangan juga seperti apa biar (misalnya) kredit nggak macet di tengah jalan.

    ReplyDelete
  2. Biasanya kalau urusan mobil saya serahkan ke suami. Saya taunya cuma jenis ma warna aja :D

    ReplyDelete
  3. Asyiiiik .. mba Santi beli mobil baru.
    kapaan yah ane bisa nyicipin .... hehe.

    Kalo kami, kredit, cicilan, yg mengandung riba, jadi pertimbangan utama.

    Betul banget sarannya mbak, terimakasih. Kudu teliti, pikiiir dulu, pertimbangkan masak2. Tulisan mbak Santi dapat jadi bahan masukan penting.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran