Friday, March 24, 2017

Belajar jadi Mudah dengan 4 Aplikasi Android Ini


Seperti yang kita ketahui, smartphone sudah menjadi bagian dari masyarakat kita. Setiap lapisan masyarakat pasti setidaknya memiliki 1 buah smartphone di tangan mereka, baik itu untuk bekerja, main games, ataupun untuk bergaya.

Smatphone sendiri memiliki banyak sekali aplikasi yang bisa kita unduh di dalamnya, baik itu aplikasi untuk menghemat baterai, games, baca berita, sampai resep masakan. Semuanya sudah tersedia dan tentunya memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi bukan berarti smartphone itu tidak berguna karena aplikasi-aplikasi tersebut, ternyata ada juga aplikasi yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar sang anak. Jadi kita juga bisa memaksimalkan waktu sang anak untuk belajar di rumah. Aplikasi tersebut juga unik, karena dapat membuat kegiatan belajar mengajar menjadi asik dan menyenangkan.


Aplikasi apa sajakah itu?

 Quipper

Aplikasi yang pertama adalah Quipper. Aplikasi ini merupakan aplikasi premium (berbayar) dengan berbagai fitur yang lengkap. Ada banyak pilihan mata pelajaran yang bisa dipilih, baik itu matematika, fisika, kimia, sampai bahasa asing. Selain itu, sang anak juga bisa kita daftarkan untuk mengikuti kegiatan belajar secara online.  Asiknya, sudah banyak tempat les atau bimbingan belajar (bimbel) yang menggunakan aplikasi ini sebagai metode untuk mengajari sang anak didiknya.

Periodic Table

Jika ada anak kita yang menyukai mata pelajaran kimia, mungkin aplikasi Periodic Table bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini cukup mengasyikan, karena sang anak akan diberikan informasi mengenai berbagai unsur kimia yang ada di tabel periodik, mulai dari kandungannya sampai strukturnya. Selain itu, sang anak juga bisa kita ikutkan ke dalam kuis yang pertanyaannya bisa diatur secara manual. Cukup menarik bukan?

Mathematics Mentor

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang disukai sekaligus dibenci oleh sebagaian murid. Banyak yang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan mengharuskan kita untuk berpikir. Namun tak perlu khawatir, kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk menghilangkan persepsi sang anak tentang jeleknya pelajaran matematika. Aplikasi ini akan membantu sang anak untuk mengerti matematika dengan cara yang menyenangkan. Sayangnya, aplikasi ini hanya memuat soal-soal untuk anak SMA dan setingkat, yaitu seperti aljabar, trigonometri, geometri, dan lainnya.

Duolingo

Aplikasi berikutnya diperuntukan bagi anak-anak yang ingin memperdalam bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Bahasa inggris merupakan bahasa internasional dan kita dituntut untuk bisa menguasainya. Aplikasi ini akan mempermudah sang anak untuk belajar bahasa asing, mulai dari bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jepang, sampai Mandarin. Cara mengajarnya pun cukup unik dan kita juga dapat melihat perkembangan bahasa sang anak untuk mengetahi sejauh mana sang anak menguasai bahasa tersebut. Jadi bagi kalian yang sudah memiliki kegiatan belajar mengajar di tempat kursus bahasa inggris atau bahasa asing lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini di waktu senggang untuk memperdalam kemampuan berbahasa kalian.

Nah kira-kira itulah aplikasi-aplikasi yang dapat membantu sang anak untuk belajar. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia di sistem Android saja, dan belum merambah ke IOS.

Selamat mencoba! 

5 comments:

  1. Wow, bakal membantu nih kalau jav udah sekolah nanti

    ReplyDelete
  2. Keren nih. Coba diterapin sama anakku deh. :)

    ReplyDelete
  3. Di zaman sekarang ya, banyak cara untuk belajar. Terima kasih share-nya Mbak :)

    ReplyDelete
  4. Sekarang semakin canggih yah, dulu saya belajar hanya mengandalkan RPUL dan RPAL

    ReplyDelete
  5. Duo lingo itu aku juga punya waktu awal2 belajar bahasa jerman dulu,,, seruuu memang aplikasinya
    Wah ternyata banyak aplikasi untuk perkembangan si bocah ya mbak

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran