Thursday, March 08, 2018

Cara Membersihkan Rumah yang Kotor



Membersihkan rumah yang kotor tentu perlu pembersihan yang menyeluruh. Dengan pembersihan yang menyeluruh, dengan menggunakan jasa pembersih rumah, rumah akan menjadi sangat bersih dan sehat yang akan terbebas dari kuman. Pembersihan rumah dapat dilakukan dengan perlahan lahan namun sistematis, dengan mengatur pembersihan apa yang akan dilakukan terlebih dulu. Misalnya dengan membersihkan lantai dengan menyapu atau mengepelnya, juga membersihkan karpet dengan cara di vakum. Dilanjut lagi dengan pembersihan di tiap-tiap ruangan lain di dalam rumah.

Untuk memudahkan pekerjaan pembersihan, kita bisa memulai dari ruang tengah lalu ke ruangan selanjutnya. Tak lupa juga untuk membersihkan dapur. Dapur memang bisa jadi tempat yang paling kotor di rumah kita, karena seringnya kita, para ibu berkutat di dapur. Makanya perlu pembersihan secara menyeluruh dan maksimal terhadap dapur.

Perabotan dapur juga perlu sering dibersihkan dan diberi perawatan maksimal secara rutin. Kita dapat mengelap meja dapur, lap sekitar oven atau kompor. Dimana noda minyak dan kotoran biasanya bersarang.
Pembersihan dapur juga perlu dilakukan secara berkala agar tidak terjadi penumpukan kotoran atau debu yang bisa menjadi sumber penyakit. Jangan lupa juga untuk sering membersihkan kulkas, dengan terlebih dahulu mengeluarkan isinya sebelum dibersihkan. Dan ingat untuk mematikan listrik kulkas sebelum dibersihkan.
Setelah itu kita dapat melanjutkan pembersihan terhadap ruangan lainnya. Misalnya kamar mandi. Membersihkan kamar mandi memang gampang gampang susah. Bahkan untuk sebagian orang, membersihkan rumah bagian kamar mandilah yang paling malas untuk dibersihkan. Membersihkan kotoran yang menempel pada keramik kamar mandi, kita memerlukan pembersih yang efektif untuk menghilangkan noda.
Kita dapat membeli cairan pembersih atau membuat pembersih sendiri di rumah dengan campuran bahan alami. Jangan lupa juga untuk membersihkan peralatan lain di kamar mandi  seperti toilet, wastafel atau cermin.
Pembersihan yang  dilakukan harus dikerjakan sesering mungkin untuk mencegah noda kembali datang dan mengotori kamar mandi. Kita perlu menggunakan sikat wc untuk membersihkan noda yang sulit dibersihkan hanya dengan cairan, agar noda tersebut dapat terangkat dengan sempurna.
Pembersihan terhadap kamar mandi juga harus dilakukan dengan menggunakan sarung tangan untuk mencegah kuman menempel dikulit. Dengan rutin melakukan pembersihan, kamar mandi  akan terbebas dari bau dan sumber penyakit. Kamar mandi kalau sering dibersihkan, nantinya tidak terlalu repot dan tidak terlalu menyita waktu banyak ketika membersihkannya.
Kita harus sesering mungkin melakukan pembersihan dirumah, agar rumah menjadi semakin nyaman untuk ditempati dan orang orang pun betah untuk berlama-lama di rumah kita. Supaya kegiatan pembersihan menjadi rutinitas, kita harus sesering mungkin melakukan pembersihan dan menjadikan kegiatan ini sebagai kebiasaan baru atau bahkan mungkin sebagai hobi baru J .
Kegiatan pembersihan secara keseluruhan memang memakan waktu namun apabila kita sering membersihkan ruangan secara berkala, kotoran atau bahkan debu menjadi tidak terlalu banyak atau menumpuk. Pembersihan perlu dilakukan juga untuk mengetes seberapa bersih kita dapat bekerja atau  mungkin memberikan tantangan pada kita untuk seberapa cepat kita dapat membersihkan suatu ruangan.
Kita perlu membersihkan semua bagian di rumah, dari mulai yang terkecil sampai besar. Dari yang terlihat sampai ke debu yang menempel di celah kecil sekalipun. Kita juga dapat mengajak anak-anak atau anggota keluarga yang tinggal serumah dengan kita untuk selalu menjaga kebersihan dan membiasakan diri masing-masing untuk membuang sampah di tempat sampah atau membersihkan barang milik mereka masing-masing.
Jangan sampai terjadi penumpukan kotoran atau debu yang dapat membahayakan kesehatan semua anggota keluarga yang tinggal di rumah kita. Selalu jaga kesehatan dengan rutin melakukan pembersihan pada rumah minimal sebulan sekali.
Selamat bersih-bersih :)

6 comments:

  1. Apalagi sekarang musim hujan, jadi harus sering-sering nge-pel lantai, hehe.

    ReplyDelete
  2. Saya tuh sering galau kalau urusan bebersih rumah. Gak dibersihin udah pasti kotor. Dibersihin pun berarti saya harus bersentuhan dengan kotor. Bukan karena jijik, tapi saya memang punya alergi debu. :D

    ReplyDelete
  3. Kalau sekedar nyapu lantai bisalah dilakukan tiap hari, tapi kalau bersihkan bagian atas itu kadang repot butuh waktu lama. Mangkanya paling banter seminggu sekali bersihkan bagian atas

    ReplyDelete
  4. aku suka geregetan sama rumah kotor tapi suka ngga ada tenaga untuk bersihinnya mba..memang harus dibantu ya

    ReplyDelete
  5. duh, jadi inget kamar. bersih-bersih dulu, deh. :"D

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran