Wednesday, May 30, 2018

5 Ide Kekinian Hasilkan Uang dari Smartphone Flagship


Ada yang punya smartphone flagship? Ingin dipakai untuk hal-hal yang lebih bermanfaat selain dipakai untuk main di media sosial? Rasanya sayang aja kan ya, kalau hanya dipakai untuk bermedia sosial yang tidak menghasilkan, apalagi kalo belinya pakai kredit hp online tanpa dp. Cicilannya tetap jalan tiap bulan, tapi smartphonenya digunakan untuk hal yang nggak produktif. Nah, lho…. siapa itu? hehehe….

Nggak cuma harganya yang di atas rata-rata, pastinya smartphone flagship juga punya kemampuan lebih dibanding smartphone middle class atau entry level. Mulai dari fitur kamera ganda dengan OIS dan EIS, baterai berteknologi fast charging, RAM & ROM yang cukup besar, sampai desain yang tipis dan elegan.

Selain untuk kebutuhan pribadi, kita juga bisa menyulap smartphone flagship supaya bisa menghasilkan uang. Lumayan, kan, buat nambah-nambah bayar cicilan per bulannya.

Ada 5 ide kekinian yang bisa  dicoba dilakukan dari smartphone flagship, 

Misalnya,


Jadi kontributor foto

Salah satu keunggulan smartphone flagship terletak pada kameranya. Biasanya kamera di smartphone flagship punya fitur OIS atau EIS dan ada juga yang kamera ganda dengan dua lensa sekaligus. Kalo dibarengi dengan skill foto yang mumpuni, kemungkinan besar kita bisa menghasilkan foto berkualitas hanya dengan modal smartphone. 

Nah, yang punya hobi foto dan ngotak-ngatik kamera hp,  bisa manfaatkan peluang ini buat jadi kontributor foto. Di jaman sekarang, mulai dari situs berita, situs online travel agent, sampai situs komersial untuk menjual stok foto yang kita punya, udah cukup menjamur.  Kita perlu rajin-rajin berselancar di dunia maya dan cari peluang sebagai kontributor foto. Biasanya, beda vendor, beda juga syarat dan ketentuan foto yang dibutuhkan. Kalo foto kita dibeli atau terbit sebagai bahan artikel, maka kita akan dapat fee sesuai yang disepakati. Lumayan, kan?

Jualan online

Selain modal dan ketertarikan, butuh niat yang kuat buat memulai bisnis atau jualan online. Kalo nggak, bisa-bisa bisnis kita setop di tengah jalan. Nggak harus jualan produk, kita juga bisa jualan jasa, yang penting sesuai dengan kapasitas dan ketertarikan yang  dimiliki masing-masing.
Kalo jago desain, bisa jual jasa desain untuk berbagai kebutuhan, misalnya hadiah untuk berbagai event kayak wisuda, anniversary, bridal shower, dan lain-lain. Kalo jago masak, bisa coba mulai dari bisnis snack atau makanan ringan. Manfaatkan kamera smartphone flagship yang dimiliki dan media sosial sebagai lahan promosi.

Tapi, perlu diingat, untuk memulai bisnis online, sebaiknya kita  menyusun perencanaan bisnis hingga modal yang matang lebih dulu. Yang nggak kalah penting juga, riset pasar dan target market. Hindari bisnis-bisnis yang modelnya cepat viral, cepat juga hilang, es kepal milo contohnya. Utamakan produk yang kira-kira long lasting dan nggak kemakan zaman.

Kalo perencanaan bisnis yang kita miliki sudah oke, mau kredit hp online tanpa dp sebagai alat ngejalanin bisnis juga nggak masalah. Sebab, kredit termasuk dalam utang produktif. Dengan kata lain, utang ini dipakai untuk kebutuhan usaha. Nantinya, keuntungan dari usaha bisa diputar sebagai modal dan sebagian disisihkan untuk bayar cicilan. 

Nah, ada 3 aspek utama yang sebaiknya  dipertimbangkan matang-matang sebelum pilih fasilitas kredit hp tanpa dp online, yaitu suku bunga, panjang tenor cicilan, dan biaya tambahan lainnya. Salah satu perusahaan multifinansial populer yang sekarang udah kerja sama dengan lebih dari 180 merchant online dan offline adalah Kredivo.  Dengan Kredivo, kita bisa kredit hp online tanpa dp di merchant kayak Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.id, tanpa perlu kartu kredit, survey, dan biaya tambahan lain.

Bunga yang ditawarkan Kredivo untuk kredit hp online tanpa dp dan barang lainnya, juga lebih rendah dibanding perusahaan sejenis, misalnya AkuLaku. Suku bunga Kredivo cuma 2,95% per bulan, sementara AkuLaku, bisa mencapai 5%. Sama juga untuk panjang tenor cicilan, Kredivo ngasih 3 opsi tenor, yaitu 3/6/12 bulan, sedangkan AkuLaku cuma sampai 9 bulan aja. Dari segi pilihan tenor dan bunga, pakai Kredivo pastinya lebih menguntungkan dibanding AkuLaku.
Menariknya, Kredivo juga punya opsi kredit “Bayar dalam 30 hari” dengan bunga 0%. Opsi ini bisa dimanfaatkan kalo harga barang yang  dibeli di bawah Rp 1,5 juta. Sementara kalo harga produknya Rp 1,5 juta, udah bisa ambil cicilan tenor. Opsi ini lumayan banget buat beli pulsa hp, pulsa listrik, sampai beli barang-barang kebutuhan sehari-hari. Bayarnya nanti deh, pas gajian hehe.... 

Silahkan klik di sini untuk lihat cara daftar akun Kredivo secara online. Praktis dan nggak ribet!

Coba peluang usaha jastip

Suka jalan-jalan ke berbagai destinasi? Bisa coba peluang usaha jastip atau jasa titip. Peluang usaha yang satu ini lumayan lagi populer belakangan. Selain lumayan gampang, fee yang didapat dari jastip juga bisa buat biaya traveling, balik modal, loh.
Nggak perlu langsung profesional misalnya buka akun instagram atau website khusus. Kalo ada rencana traveling ke berbagai tempat, luar negeri misalnya, kita bisa tawarkan jastip ke teman-teman atau kerabat. Pastinya, dengan upah jastip yang udah disepakati di awal.

Sesuaikan juga destinasi traveling dengan target pasar yang  dituju. Misalnya,  rencana berangkat ke Korea Selatan, maka barang-barang populer yang sering digandrungi dari negeri gingseng satu ini biasanya kosmetik, aneka snack unik, sampai produk fashion kayak pakaian dan sepatu. Untuk target pasarnya,  bisa tawarin  ke teman-teman yang suka korea-koreaan lewat media sosial.

Untuk jastip, sebaiknya minta pembayaran di awal, kalo modal nggak cukup untuk nalangin. Untuk feenya, bisa dibayarkan setelah barang sampai ke tangan pembelinya. Tawarkan juga jasa khusus, misalnya, fotoin stok barang yang ada di toko, pilihan warna, produk baru, dan yang lainnya, supaya jasa yang dimiliki berkualitas dan sesuai dengan tarif yang dipatok.

Freelance admin media sosial

Bagi  yang rajin ngurusin media sosial pribadi, mungkin sekarang saatnya merambah juga jadi admin media sosial untuk tujuan komersial. Jadi, main media sosial nggak lagi cuma-cuma, tapi juga dibayar. Menjamurnya e-commerce dan online shop belakangan, pastinya butuh strategi media sosial yang baik untuk pendekatan ke pelanggan sekaligus promo barang dagangan. 

Instagram, Facebook, dan Twitter adalah 3 besar platform media sosial yang paling sering jadi wadah e-commerce atau online shop untuk jualan. Supaya bisa jadi admin media sosial, pastinya mesti pintar-pintar cari peluang. Kalo punya teman dekat yang punya bisnis online, nggak ada salahnya nawarin diri untuk freelance. Dengan modal smartphone flagship, kita bisa ngejalanin kerjaan freelance ini dengan lebih fleksibel, kapan pun, dan di mana pun.

Gunakan aplikasi microtasking

Pernah dengar soal aplikasi Snapcart atau Cashtree? Ini adalah dua contoh dari aplikasi microtasking yang bisa  diunduh di Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini nantinya akan ngasih aneka tugas khusus dengan berbagai imbalan, mulai dari uang, cashback, sampai pulsa. Salah satu tugas yang diberikan antara lain kita harus foto dan upload struk belanjaan yang kita punya ke dalam aplikasi ini. Makin banyak total belanjaan, makin banyak poin atau keuntungan yang bisa  didapat.


5 comments:

  1. Aku baru tahu kalau soal kontributor foto, hihi.

    ReplyDelete
  2. Pernah nyoba cashtree juga, tapi sekarang udah aku uninstall aplikasinya. :D

    ReplyDelete
  3. Waahh aku kok belum kepikiran sampe kesana ya hehehe, thank you sharingnya mbak

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  4. endorsement seharusnya diikut sertakan..
    itu kalo masuk kualifikasi sebagai seleb-online.. :D

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran