Monday, June 11, 2018

Tips Belanja Hemat Saat Promo Idul Fitri Tiba



Idul Fitri sebentar lagi. Kaum muslimin dan muslimat seluruh dunia akan merayakannya. Perayaan Idul Fitri biasanya disambut dengan segala sesuatu serba baru, seperti pakaian baru. Dan biasanya supaya barang yang kita inginkan kita dapatkan semua tapi dengan pengeluaran yang minimal, kita memanfaatkan berbagai macam promo dan diskon.

Namun kadang promo idul fitri membuat orang gila-gilaan saat membeli sesuatu. Salah satunya adalah membeli pakaian muslim. Entah itu baju koko ataupun gamis. Tujuannya adalah agar tampil menawan di hari raya idul fitri.

Peristiwa ini sudah lumrah terjadi. Biasanya penjual akan memberikan banyak potongan harga pada pakaian yang dijual. Dengan adanya potongan harga, maka orang-orang kadang kalap untuk membelanjakan uangnya.

Kalau sudah begini, keuangan akan bermasalah. Biasanya, bulan seperti ini akan membuat kita kekurangan uang. Akhirnya, sejumlah kebutuhan penting harian kadang terkendala.

Supaya tidak mengalami masalah keuangan, mari berhemat saat belanja sesuatu. Terlebih saat promo lebaran tiba. Nah, bagaimana tips hemat belanja saat memasuki bulan promo lebaran?

Catatlah Barang Yang Dibutuhkan

Tips pertama berupa perencanaan. Perencanaan ini wajib dilakukan mengingat kondisi di lapangan bisa merubah keinginan kita. Misalnya bila ada harga sangat miring, kita akan tertarik untuk membelinya tanpa perhitungan sama sekali.

Akibat dari prilaku demikian, uang yang dibelanjakan akan terkuras. Lagi-lagi, keseimbangan finansial yang dipertaruhkan. Ini yang harus dihindari.

Supaya tidak mengalami masalah keuangan, catatlah barang-barang yang akan dibeli. Kemudian, buatlah prioritas mengenai barang yang akan dibeli.

Ingat, belilah barang yang sangat dibutuhkan. Bukan barang yang diinginkan. Dengan cara demikian, kita bisa menghemat uang.

Bawalah Uang Secukupnya

Kata-kata cukup ini berbeda pada setiap individu. Kitalah yang tahu mengenai keuangan masing-masing. Dan yang terpenting, uang yang akan dibelanjakan ini sudah difikirkan sebelumnya.

Misalnya pada saat ingin membeli sesuatu, kita telah tahu kira-kira berapa uang yang akan dikeluarkan untuk barang tersebut. Biasanya, harga sebuah barang sudah diketahui sebelumnya. Apalagi jika membeli secara online.

Setelah mengetahui harga dari barang tersebut, tentu akan lebih baik jika membawa uang lebihan secukupnya. Jangan terlalu berlebihan dalam membawa uang. Terlebih membawa kartu kredit.

Jika membawa kartu kredit, belanja akan tidak terkontrol. Pasalnya, kita merasa sangat aman ketika ingin belanja. Dengan demikian, kita akan lupa dengan biaya yang pertama kali ingin dikeluarkan.
Tahan Diri Meskipun Melihat Banyak Barang di diskon

Namanya juga promo idul fitri, selalu ada banyak barang yang dilabeli dengan harga miring. Hampir setiap barang mengalami potongan harga.

Ketika melihat banyaknya barang mengalami penurunan harga sampai beberapa persen, niatannya pasti ingin membeli. Tapi bagi kita yang ingin berhemat, pastikan untuk menahan diri.

Seminimal mungkin tahan diri untuk membeli barang diskonan tadi. Akan jauh lebih baik ketika membeli barang yang benar-benar dibutuhkan. Sementara bila uang yang dibawa tersisa cukup banyak, kita boleh membeli barang lain.

Tentunya dengan catatan biaya yang dikeluarkan tidak melebihi uang yang dibawa. Atau, jangan sampai menghabiskan uang dalam waktu singkat. Dengan sabar dan tahan diri, menghemat uang akan lebih mudah.

Langsung Pulang Ketika Sudah Memperoleh Barang Yang Diinginkan

Tips terakhir yang paling powerful adalah segera pulang. Ketika memperoleh barang yang diharapkan, wajib bagi kita untuk langsung cabut dari tempat penjualan. Ini berguna untuk menghindari nafsu untuk membeli barang lainnya. 

Jika tidak dilakukan, niatan untuk berhemat tidak akan terkontrol. Penyebabnya adalah melihat banyak barang yang disukai sedang di diskon. Dan seringnya melihat, kita akan kepikiran untuk memilikinya. Dan ini biasanya sulit untuk dikontrol.

Kesimpulannya, rencanakan uang yang akan dikeluarkan. Kemudian carilah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Setelah itu, segeralah angkat kaki supaya kita tidak termakan oleh promo idul fitri secara berlebihan.

1 comment:

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran