Thursday, February 25, 2021

Jerawat Oh Jerawat


Pernah jerawatan? Atau sedang mengalami jerawat yang membandel? Jerawat memang menjengkelkan ya... bukan hanya untuk kaum perempuan, jerawat pun pasti menjengkelkan untuk kaum Adam. Biasanya jerawat itu tumbuh di bagian wajah. Tapi jerawat pun bisa tumbuh di area tubuh yang lain seperti punggung dan leher. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Jerawat atau disebut juga dengan Acne adalah kondisi kulit yang mengalami gangguan yang disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan yang mengakibatkan terjadinya sumbatan pada saluran folikel rambut dan pori-pori kulit dan akhirnya mengalami peradangan.

Banyak cara yang ditempuh untuk mengatasi jerawat. Ada yang menggunakan obat-obatan kimia, ada juga yang menggunakan herbal atau menggunakan masker yang dibuat sendiri di rumah yang dirasa lebih aman dalam penggunaannya.

Saya sendiri termasuk yang jarang sekali ditumbuhi jerawat. Memang wajah saya bukan wajah yang sensitif sehingga tidak mudah jerawatan. Namun ada adik saya yang kulit wajahnya mudah meradang sehingga kulit wajahnya merah-merah dan berjerawat. Adik saya pun berkali-kali mencoba berbagai macam metode pengobatan. Tapi memang belum pernah memeriksakan diri ke dokter, khusus dalam menangani jerawatnya.

Untuk wajah yang mudah mengalami peradangan, memang harus lebih concern dalam hal kebersihan dan perawatannya. Karena wajah yang tidak bersih, akan lebih mudah terkena jerawat. Disamping itu untuk wajah yang mudah sekali berjerawat, harus pula selektif dalam memilih make-up. Karena jika salah dalam memilih make-up, maka dapat dipastikan jerawat akan mudah meradang. Jangan mudah berganti-ganti make-up karena penasaran ingin mencoba.

Saya sendiri yang tidak memiliki kulit sensitif, terkadang jerawat muncul jika saya berganti merk make-up. Tapi itupun hanya sebentar, dan jerawat pun paling hanya muncul satu. Setelah itu baik-baik saja, seolah-olah kulit wajah sudah beradaptasi dengan merk make-up saya yang baru.

Selain harus selektif dalam memilih perawatan untuk wajah, wajah yang sensitif atau mudah berjerawat pun harus menjaga asupan makanan. Jangan mengkonsumsi makanan yang merangsang timbulnya jerawat dengan mudah. Makanan sehat tentunya memang dibutuhkan apalagi untuk yang memiliki kulit yang sensitif. Menjaga dan memilih makanan dengan baik, akan meminimalisir timbulnya jerawat.

Ada beberapa buah yang bisa dijadikan masker untuk wajah yang berjerawat, jika ingin mencobanya diantaranya adalah buah mentimun, buah lemon, buah strawberry, bahkan putih telur pun bisa dipakai untuk masker bagi wajah yang berjerawat.

Tapi jika ada yang ingin berkonsultasi pada dokter pun tidak ada salahnya :) Selain mendatangi dokter langsung ke tempat prakteknya, konsultasi juga bisa dilakukan secara online. Gimana caranya? hehehe... Mudah kok.. bisa melalui aplikasi atau langsung menuju website-nya.

Salah satu layanan kesehatan yang bisa diakses secara online adalah Halodoc. Halodoc merupakan layanan kesehatan yang bisa diakses secara online yang terlengkap. Mau konsultasi, bisa langsung chat dokternya. Jadi seperti memiliki dokter pribadi saja hehehe... Saya pernah mencoba chat dengan dokter melalui layanan kesehatan Halodoc ini, dan ternyata memang menyenangkan bisa chat langsung seperti itu. Dokternya pun menjawab dengan ramah dan baik. Jadinya betah berlama-lama juga hehe...

Layanan kesehatan berbasis online sangat dibutuhkan saat pandemi seperti ini dimana jika mau ke dokter atau rumah sakit masih merasa khawatir. 

Ada yang sudah pernah mencoba layanan kesehatan Halodoc ini, atau mungkin penasaran? Coba deh, pasti ketagihan hehe

1 comment:

  1. Saya termasuk orang yang jerawatan. Saking seringnya dihampiri jerawat, malah jadi cuek bebek aja. Untungnya sekarang ngga separah dulu. Kalo muncul paling satu dua. Ngga rame2 kaya dulu.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran