Monday, November 01, 2021

Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah dan Waktu yang Tepat untuk Membacanya


Salah satu surat yang cukup sering dibaca oleh Rasulullah yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan yaitu surat Al Waqiah. Surat yang memiliki 96 ayat dan termasuk surat ke 56 dalam Al-Quran memiliki banyak sekali manfaat. Makna dari surat Al Waqiah ini adalah hari kiamat. Surat Al Waqiah diturunkan di kota mekkah maka suratnya masuk kedalam golongan surat Makkiyaah. Selain mengenai kiamat surat Al Waqiah ini memiliki keutamaan lain yaitu mengenai rezeki, hal tersebut terdapat dalam ayat 89 yang berbunyi :

   " Farauhuw waroihaanuw wajannaitunna'iim"

Artinya : Maka dia memperoleh ketenteraman dan rezeki serta surga (yang penuh) kenikmatan.

Jika membaca surat al waqiah lengkap InsyaAllah akan mendapatkan beberapa keistimewaan diantaranya yaitu : 

1.  Keistimewaan Rasulullah SAW

Dalam hadist menurut Ibnu Abbas RA yang berbunyi "Abu Bakar ash-Shiddiq RA berkata kepada Nabi SAW, 'Wahai Rasulullah, engkau telah beruban.' Beliau berkata, 'Aku berubah karena surat Hud, al-Waqiah, al-Mursalat, an-Naba', dan at-Takwir'."

2. Dicukupkan Rezeki

Dalam hadist menurut AbSyari'lah bin Mas'ud RA, saat rutin membaca surat Al Waqiah bisa membuat seseorang akan selalu tercukupkan. Hadist tersebut berbunyi "Saya mendengar Nabi SAW bersabda, 'Barang siapa membaca surat Al-Waqiah setiap malam, ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya."

Dari sebuah buku yang judulnya “Aku Yakin Menjadi Kaya (Dilengkapi Do'a dan Zikir)” yang di tulis oleh Kholidin, di dalamya terdapat beberapa cara untuk mengamalkan surat Al Waqiah yang benar yaitu dibaca setiap melaksanakan sholat malam atau sholat dhuha. Caranya  adalah baca seluruh surat Al Waqiah satu kali tapi  untuk ayat ke 89 di baca sebanyak 3 kali tanpa napas dan diam dulu sejenak lalu berdoalah kepada Allah SWT, cukup baca doa dalam hati saja. Setelah itu lanjutkan membaca hingga selesai.

Waktu yang paling tepat untuk membaca surat Al Waqiah ini yaitu saat sholat dhuha, setelah sholat kemudian dianjurkan untuk membaca doa :

“Allahumma inni As aluka bihaqqi suuratil Waaqi'ah Wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yusarritahu li katsiirin Bi kholqika Ya Allah Yaa Rabbal 'Aalamiin”

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Waqi'ah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezeki ku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk Mu, ya Allah, ya Robbal 'aalamin.

Selain itu kita juga bisa membaca surat Al Waqiah ini setiap malam, bacalah surat ini minimal 1 kali dalam satu hari. Hal ini juga dijelaskan oleh riwayat dari Abdullah bin Mas'ud yang berbunyi “Siapa yang membaca surat Waqiah tiap malam, maka tidak akan menimpa kepadanya kemiskinan/kekurangan selamanya.”

Setelah membaca surat Al Waqiah ini kemudian selanjutnya bacalah doa. Doa yang bisa dibaca ini sangat banyak sekali. Di bawah ini salah satu doa yang bisa dibaca yang ada dalam buku Aku Yakin Menjadi Kaya (Dilengkapi Do’a dan Dzikir) yang di tulis oleh Kholidin dan di terbitkan oleh Syntax Computama :

“Allohumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Alloh yaa robbal ‘aalamiin.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Waqi’ah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezeki ku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk kebanyakan makhluk-Mu, Ya Allah, ya Robbal a’alamin.”

Nah itu dia keutamaan dan waktu yang tepat untuk membaca surat Al Waqiah, semoga informasinya bisa bermanfaat.                                                                                            

1 comment:

  1. Wah banyak manfaatnya membaca surat ini apalagi di waktu yang tepat, terima kasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran