Wednesday, August 10, 2016

Minuman Sehat Pengganti Susu

Anak pertama saya, Farras sejak lepas dari ASI, gak mau minum susu tambahan. Sebagai seorang ibu, tentunya saya khawatir. Pastinya tahu kan ya, manfaat susu untuk perkembangan anak-anak itu sangat besar. Dan saya gak mau kalau kebaikan yang ada di dalam susu tidak Farras penuhi. Anak-anak harus tumbuh secara optimal. Untuk tumbuh secara optimal, kebutuhan nutrisi harus terpenuhi maksimal.

Berbeda dengan anak kedua saya, Fayda. Dia sangat suka minum susu. Sampai sekarang di usianya yang 6 tahun, masih rutin mengkonsumsi susu. Makanya pertumbuhan badannya beda dengan kakaknya. Badan kakaknya terbilang kecil, sementara Fayda badannya besar.
Karena keadaan Farras yang tidak suka susu, saya tidak boleh menyerah dan diam saja. Sebagai gantinya saya memberinya yoghurt, es krim, juice, es campur/sop buah dengan susunya yang banyak :) atau saya membuat susu beku. Anak-anak kan, lebih suka minuman dingin daripada panas/hangat. Jadi minuman susu beku seperti memakan es saja, namun tentunya akan lebih bergizi, karena es-nya berupa susu yang dibekukan, sebagai ganti asupan susunya. Untungnya Farras suka sama minuman-minuman tersebut. Namun, bukan hanya minuman itu saja yang harus selalu saya beri. Saya pun harus berkreasi membuat resep minuman sehat untuk keluarga. Kalau resep minuman sehat untuk Farras harus yang mengandung susu, sementara resep minuman sehat untuk saya dan suami, cukup teh dengan tambahan aroma seperti lemon, jahe atau yang lainnya. Disamping itu, saya lebih suka minuman hangat, sementara anak-anak lebih suka minuman yang dingin.




Kalau berbicara tentang minuman, untuk saya sendiri, saya suka teh dan kopi. Bahkan saya sudah punya merk khusus teh dan kopi favorit saya. Setiap hari, teh dan kopi harus selalu ada. Tapi saya lebih suka minuman teh dan kopi panas/hangat. Mungkin karena faktor usia ya, yang mana usia segini ini memang senangnya minum minuman panas/hangat. Selain teh dan kopi, saya juga suka sama bajigur dan wedang jahe. Tapi kalaupun saya suka minum minuman hangat, saya pun tetap suka sama minuman dingin seperti juice atau yang lainnya. Apalagi di musim kemarau, minum minuman dingin itu membuat segar tenggorokan :) Tahu kan, manfaat minuman juice, yang pastinya banyak mengandung vitamin. Jadi... tidak ada alasan saya tidak menyukai juice. Kalau saya tidak suka juice, nanti anak-anak saya bisa ketularan gak suka juice juga.



19 comments:

  1. Nah saya setuju mba sama postingan ini :D
    salam kenal saya tamu baru di situsnya mba salam hangat blogger indonesia

    ReplyDelete
  2. suami saya biasanya iminum tehnya dicmpur antangin ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagi masuk angin, enak minum kayak gitu mba, anget :)

      Delete
  3. Favorit saya: teh manis panas, nyesss rasanya :D btw jadi ibu emang mesti muter otak ngadepin anak yg gak doyan susu atau gak suka makan lah atau dll. hihi semangat terus mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong, teh manis anget hihi... makasih ya

      Delete
  4. Aku sama suami suka kopiii :D. Bocil suka susu tapi syaratnya harus dimakan sama sereal. Hahhaa

    ReplyDelete
  5. aq pecinta teh, kopi juga siihh.. hahhaa

    ReplyDelete
  6. Saya dan Marwah pecinta susu mbak hiks. meski kadang suka juga minum teh

    ReplyDelete
  7. Saya & anak suka minum susu. Tapi saya lebih ke susu bubuk sekarang, anak saya suka susu UHT. Teh juga suka tapi dibatasi segelas/hari saja. Jus juga saya suka, tapi kalau males ngejus buahnya dimakan langsung hehe.

    ReplyDelete
  8. Teh dikasih lemon itu rasanya maknyuus ya mbak, aku juga suka

    ReplyDelete
  9. Dulu, saya suka kopi banget. Sekarang sudah berkurang. Berganti teh. Kadang jahe, jeruk, atau jus.

    ReplyDelete
  10. Sama mbak, saya juga suka minuman hangat *apakarenafaktor U ya*, hehe.. terutama segala macam variasi teh dan jahe :) Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  11. Hi, Santi, sblm mereview sebisa bunda, lebih baik bunda jalan2 dulu ke blog ini.Fayda sama ma cucu bunda paling doyan susu.OOT nih ya, liat foto Santi, rasa2nya bunda inget Santi pernah ikut GA Bunda ya dulu banget. Maaf kl salah. Rajin bngt postingnya hampir tiap hari, ya? Semangat...

    ReplyDelete
  12. Aku suka teh, apalagi teh tarik, ahhhh tidakkk aku bisa ngabisin satu bag sendiri, setiap hari hahahhaha. Im a tea addict. Kopi juga suka, susu juga suka, jus juga suka (semuanya aja suka).

    ReplyDelete
  13. Mba santi, udah langka kang bajiguur..enak anget yah padahal. Lemon tea seger, enak anget atau dingin

    ReplyDelete
  14. Kalau saya suka apa yak..kalau lagi ngantuk di kantor sih sukanya kopi cream pakai es batu...sehat ga yak...kayaknya sih enggak...whuuuaaa...

    ReplyDelete
  15. Kalau saya mah jarang mbak paling seminggu sekali kalau mau minuman kaya begitu dan kopi juga saya mah jarang dan kalaupun minum kopi itu waktu mau begadang saja.

    ReplyDelete
  16. Klo anak2 dan saya minumannya susu kambing 😁

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran