Wednesday, November 23, 2016

Keindahan Lahiriah dan Batiniah di #UsiaCantik Wanita

Wanita di #UsiaCantik, bukan hanya memiliki kecantikan secara lahiriah saja, namun juga harus memiliki kecantikan secara batiniah.



Menurut ulama besar Imam Al-Ghazali, keindahan itu terbagi menjadi dua, yaitu keindahan lahiriah dan keindahan batiniah.

Keindahan lahiriah adalah keindahan yang dipersepsikan melalui panca indera seperti mata, telinga, dll. Contoh keindahan lahiriah adalah kecantikan wajah, kemerduan suara, kelembutan kulit, rambut yang berkilau dll.
Sedangkan keindahan batiniah adalah keindahan yang hanya bisa dipersepsikan oleh hati, tidak bisa dilihat melalui panca indera. Misalnya inner beauty. Kecantikan dan keindahan yang memancar dari dalam. 

Keindahan bisa disamaartikan dengan kecantikan. Semua wanita pastinya ingin memiliki keindahan lahiriah dan batiniah. Untuk mendapatkan kedua keindahan tersebut, memerlukan waktu yang tidak sebentar, memerlukan proses. Keduanya memerlukan perawatan intensif. Namun terkadang, wanita hanya melakukan perawatan secara lahiriah saja, supaya terlihat indah dan cantik dari luar. Keindahan batiniah seolah-olah terlupakan atau dicuekin. Salah satu contoh, misalnya saja ini sih ya, saya tidak menunjuk seseorang atau ingin memojokan siapapun. Beberapa kali saya membaca status teman-teman blogger di facebook yang datang pada suatu acara namun lupa pada sopan santun. Misal, membawa makanan berlebihan atau berebut. Walaupun saya belum pernah ikut acara blogger secara langsung, sebagai seorang blogger saya miris. Saya sih sebenarnya berharap para blogger bisa menjadi contoh yang baik pada dunia luar. Apalagi blogger ibu-ibu ya... Kan pasti tau bahwa ibu adalah madrasah bagi anak-anaknya. No hurt feeling ya, saya hanya sekedar mengingatkan :)

Keindahan Lahiriah

Sejak kuliah sampai sebelum punya anak, saya sering sekali dikatakan kalau wajah saya masih imut, bahkan jika pakai seragam SMA masih pantes. Iiiih... geer dong saya :) Masa sih? hehehe... Badan saya memang kecil, imutlah kalau boleh dibilang, mungkin pengaruh ke wajah juga kali ya :) Disamping itu, saya penyuka lalapan. Lalapan mentah maupun rebus. Bahkan saya pernah mencoba memakan kunyit dan kencur yang dicocol sambel sebagai lalapan saat saya makan :) Selain lalapan, saya juga penyuka jamu. Iya, saya rajin minum jamu. Mamah saya dulu rajin membuat jamu untuk Alm. Ayah saya. Kalau saya panas dalam, sariawan, batuk, sakit saat mens, Mamah membuatkan jamu untuk saya. Lalapan dan jamu.

Disamping itu, supaya kulit wajah saya selalu segar di usia 40-an, saya juga melakukan perawatan dari luar, diantaranya :

1. Saya tidak pernah melupakan mencuci muka memakai sabun muka jika saya sudah di rumah dan hendak tidur. Jadi wajah saya akan selalu bersih, tanpa ada kotoran, debu dan lemak. 


Untuk mengangkat sisa make-up, kotoran dan debu, yang akan menjadikan kulit wajah menjadi bersih dan juga menyiapkan kulit untuk perawatan rutin anti wrinkle + firming untuk hasil yang maksimal, bisa menggunakan produk dari L'Oreal Paris Revitalift Milky Cleansing Foam. Diperkaya dengan BHA + Glycerin yang secara lembut membantu mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kuit tampak muda.


2. Saya selalu menggunakan pelembab plus tabir surya untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan dan sinar matahari. Penggunaan pelembab dan tabir surya akan meminimalisir terjadinya penuaan kulit.

Untuk penggunaan pelembab wajah sehari-hari, bisa menggunakan Revitalift Dermalift Day Cream, krim siang untuk melawan tanda penuaan.


Formula Baru Dermalift yang berperforma tinggi ketika dikombinasikan dengan Pro Retinol A memiliki aksi intensif untuk merawat kekencangan kulit & anti-kerut secara efektif, dan memberikan perlindungan terhadap UVA & UVB untuk mencegah penuaan dini. Teksturnya lembut dan ringan meresap dengan cepat ke dalam kulit.

3. Memakai krim malam. 
Saat malam, kulit beregenerasi 2x lebih cepat, krim dengan formula innovatif yang menstimulasi 8 natural lifters pada kulit wajah untuk mengoptimalkan regenerasi kulit wajah. Saat bangun tidur, kulit terasa lembab, lembut dan nyaman. Kulit terasa lebih halus dan elastis, kerut tersamarkan.

Untuk krim malam, gunakanlah Revitalift Dermalift Night Cream.
Teknologi Baru Dermalift meningkatkan produksi 8 natural lifters yang merawat kekencangan kulit dari dalam, dikombinasikan dengan Pro-Retinol A bahan anti-wrinkle yang megoptimalkan regenerasi kulit.
Mengandung Centella Asiatica dengan 2 aksi:
a. Mencegah timbulnya kerutan dari dalam
b. Memperbaikin kerutan dari luar



Selain wajah, sebelum memakai jilbab, teman-teman saya banyak yang bilang kalau rambut saya bagus, hitam dan lebat. Kalau sekarang sih, sudah tidak hitam lagi, tapi putih lebih mendominasi hahaha... lebih seksi kalau menurut saya sih wkwkwkwk... Rambut hitam dan lebat saya mungkin karena pengaruh Mamah saya yang rajin merawat rambut saya saat kecil. Mamah saya sering mengoleskan minyak urang-aring pada rambut saya. Iya... minyak urang aring jaman baheula, yang warnanya hijau, botolnya unik, yang sepertinya botol seperti itu sudah jarang ada sekarang ini :) 

Setelah saya berjilbab, tak ada lagi yang mengatakan kalau rambut saya hitam dan lebat. Ya iyalah... siapa pula yang bisa lihat :)

Kecantikan/keindahan lahiriah, bisa diperoleh dengan menggunakan produk-produk dari L’Oreal Paris Revitalift Dermalift, untuk menambah kecantikan di #UsiaCantik ibu-ibu :)


Keindahan Batiniah

SMP, SMA, kuliah, saya termasuk orang yang labil, mudah goyah dalam pendirian, sehingga mudah 'ditipu' (suami saya sering marah karena sifat saya ini). 

Waktu menikah, usia saya sudah tidak muda lagi. Saya menikah di usia 28 tahun. Anak pertama lahir setelah saya menunggu selama 2 tahun lebih. Gimana gak stress saya saat itu. Apalagi ada teman saya yang mengatakan berbahaya jika melahirkan di usia 30 tahun, tambah stress saya :( Namun Alhamdulillah, saya hamil anak pertama di usia 30 tahun, dan melahirkan di usia 31 tahun dalam keadaan normal dan sehat tak kurang suatu apapun. Puji syukur ke hadirat Ilahi Robbi tak putus-putusnya.

Setelah anak pertama lahir, tingkat kegalauan belum berakhir, karena untuk melahirkan lagi, usia saya tidak boleh lebih dari usia 35 tahun, riskan katanya. Sementara saya masih ingin menambah anak. Allah-lah Sang Maha Pengatur. Saya melahirkan anak kedua di usia yang sudah memasuki 35 tahun. Alhamdulillah melahirkan secara normal dan sehat. 

Pengalaman berumah tangga yang notabene hidup dengan seseorang yang sangat berbeda dengan kita, baik dari sifat, sikap, kebiasaan, kesukaan dll, juga pengalaman hamil, melahirkan, menyusui, mengasuh, membesarkan, mendidik dua buah hati, plus wejangan-wejangan suami tentang baik dan buruk tentang hidup, sebagai seorang nakhoda biduk rumah tangga yang harus selalu saya hormati, ditambah usia yang semakin matang, menjadikan saya perlahan-lahan harus bisa menjadi wanita 'dewasa'. Dewasa secara keseluruhan, karena untuk menjadi tambah cantik di #UsiaCantik, kita harus bisa bersikap dewasa sebagai wanita. Dan inilah saya, di usia 41 tahun, yang bermetamorfosa menjadi wanita yang lebih baik di usia cantik. 

#UsiaCantik adalah ketika pengalaman hidup dan kedewasaan berpadu. 

Mencoba menjadi lebih bijak, gak serampangan (lagi), gak sembrono (lagi), dan harus bisa 'melihat' mana kawan, mana lawan. Ketika berhadapan dengan 'lawan', harus juga bisa menyikapi dengan baik.




“Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L’Oreal Revitalift Dermalift.”


30 comments:

  1. Tulisannya jadi pengingat saya banget nih. Semoga kita bisa sama-sama jadi pribadi yang lebih baik lagi ya, Mbak. Salam kenal :D

    ReplyDelete
  2. saya turut prihatin mbak ketika mbak smp stress ketika menunggu kehamilan. Seharusnya org2 mbok ya jgn bikin panik dan turut menyabarkan. Pasti karena Tuhan punya rencana yg lbh baik... tp mereka2 itu jg yg menambah kedewasaan kita dan khususnya mbak dlm hal ini... Makin dewasa berpikir & makin cantik pula...

    ReplyDelete
  3. ini maksudnya cantik luar dalam ya mba, saya setuju banget

    ReplyDelete
  4. Saya melahirkan anak kelimaku di usian 39 lho, Mba. Waktu dokternya kutanya soal riskan melahirkan di usia segitu eh beliau malah menenangkanku. Katanya gak apa-apa yang penting ibunya sehat, tidak stress karena ketenangan dan kenyamanan sangat penting bagi ibu hamil. Alhamdulillah, anakku kini 3 tahun dan tumbuh menjadi gadis cilik yang cantik dan cerdas. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  5. Waah... Temannya mbak Santi kurang piknik tu hihihi maaf, yang riskan melahirkan kalau sudah lebih dari 35 tahun, tapi zaman sekarang banyak yang melahirkan usia menjelang 40 tahun baik2 saja...

    ReplyDelete
  6. Waah... Temannya mbak Santi kurang piknik tu hihihi maaf, yang riskan melahirkan kalau sudah lebih dari 35 tahun, tapi zaman sekarang banyak yang melahirkan usia menjelang 40 tahun baik2 saja...

    ReplyDelete
  7. Temen juga ada yang sudah 40 an hamil lagi...tapi keguguran terus Mbak. Katanya sih memang faktor usia pengaruh yak. Temen saya sedih banget, jarak berdekatan hamil, semuanya mesti kuretase..

    ReplyDelete
  8. cantik lahiriah, ada guru ngaji saya, udah mau 5O tahun tapi liat wajahnya adem banget, cantiknya dari dalem bener bener..

    ReplyDelete
  9. Inner beauty memang penting tetapi outer beauty tak boleh diabaikan.
    Semoga berjaya dalam lomba
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  10. Kalo batuk aku suka makan kencur, Mbak. Kalau kunyit? Belum pernah. Getir banget pasti ya.

    ReplyDelete
  11. MBak Santi mah awet mudaaaaa, aku pikir masih 30 aaan

    ReplyDelete
  12. aku jg suka lalapan ama sambel mbak, tp seumur2 belum pernah ngegadoin kencur dan kunyit ama sambel sih :D.. Kayaknya kalo yg itu aku nyerah :D.. tp bener ih mukamu baby face banget :).. perawatan wajah mah emg penting, malah hrsnya itu sedari dini banget.. jgn pas udh mulai keliatan garis halus, baru mulai perawatan.. mamaku dulu suka maksa utk g prnh lupa pake sunscreen, skin care yg sesuai umur, suapay kulit ttp kencang walo masih muda.. ama perawatan dr dalam kyk vitamin wajah itu aku rutin minum dr smu

    ReplyDelete
  13. Sama dong, aku juda demen lalapan, tapi sama dengan Mbak Fanny, belum pernah gadoin kencur+kunyit+sambal. Hehehe...

    Aku menikah usia 25 tahun, tapi tunggu momongan selama 7 tahun, baru nongol. Aku percaya AllahuRobbi punya rencana yang lebih bagus denganku, meski mama sudah kasih saran ini itu kepadaku.

    Yuk sama-sama apresiasi perjalanan usia kita, ya

    ReplyDelete
  14. Yeaay di usia cantik ini memang lebih ke peduli cantik batiniah kalo aku Mak *tanda2 sepuuh xixiix..
    Semoga selalu memancarkan kecantikan dari dalam ya yang otomatis akan terpancar dari wajah kita.

    ReplyDelete
  15. wah senangnya bisa menikmati usia cantik, postingannya juga bermanfaat buat smua perempuan yang masih melangkah menuju usia cantik ^_^ www.pesonacleopatra.com

    ReplyDelete
  16. hampir sama...aku nikah umur 27 th. tapi malah ogah punya anak cepet2, kacaw yak haha
    moga makin bersinar di usia cantik ini ya mbak santu
    sukses buat lombanya

    ReplyDelete
  17. Sukses ya mba lombanya. Aku kira mba santi blum masuk usia cantik.masih imut mba ^^ minum jamu aku juga, tapi pake pelembab masih rada2 nih hihii

    ReplyDelete
  18. nongol lagi di mari, MBak Dewi awet mudaa

    ReplyDelete
  19. Gak terlihat loh Mbak, klo sekarang usianya udh 40an. Masih terlihat fresh dan awet muda 😊
    Sukses ya Mbak utk lombanya

    ReplyDelete
  20. walau usianya 40 an tapi tetap masih cantik aja ya mbak

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran