Wednesday, January 25, 2017

Antara Teh Hijau & Teh Hitam



Teh dan kopi adalah salah dua *eh :) minuman favorit saya. Kalau ada kopi atau teh baru dan rasanya enak, saya pasti ingin mencobanya. Tapi kali ini saya tidak akan membicarakan tentang kopi, saya akan bicara tentang teh. Dan selama ini yang sering saya minum adalah teh hitam. Seperti yang kita tahu, teh yang lebih kita kenal ada dua, yaitu teh hijau dan teh hitam. Walaupun katanya ada juga teh putih. Namun rasanya teh putih tidak terlalu banyak dikenal. Saya pun rasanya belum pernah mencoba teh putih dan apa manfaat dari teh putih ini.  Menurut saya, teh hitam lebih familier di sini.




Teh hijau seperti baru beberapa tahun ini saja lebih terkenal di negara kita, dibanding teh hitam. Karena memang sepertinya produksi teh dalam negeri lebih banyak teh hitam dibanding teh hijau. Dan juga banyak manfaat yang bisa diperoleh dari teh hijau, diantaranya untuk menurunkan berat badan. Teh hijau lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jepang dibanding masyarakat Indonesia.

Teh hijau banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia akhir-akhir ini, karena memang sepertinya teh hijau memiliki khasiat yang sama atau bahkan lebih dari teh hitam yang biasa kita konsumsi. Perbedaan teh hitam dengan teh hijau terdapat pada proses pembuatannya. Karena perbedaan pada proses pembuatannya tersebut, maka citarasa, aroma dan kandungan yang ada dalam teh hitam dan teh hijau tidak sama. Teh hitam diproses dari daun tanaman teh yang dipanggang atau dijemur lebih dahulu, kemudian dilakukan proses fermentasi. Sedangkan pembuatan teh hijau tidak melalui proses fermentasi, dan diolah tanpa melalui proses pengeringan. Teh hitam lebih cocok diminum pada pagi hari untuk menambah semangat dalam beraktivitas. Sedangkan teh hijau cocok diminum pada malam hari untuk memberikan efek menenangkan dan memberikan kenyamanan.

Karena perbedaan proses pembuatan tersebut, maka teh hitam mengandung lebih banyak kafein dibanding teh hijau. Sementara teh hijau menyimpan antioksidan yang lebih banyak dibanding teh hitam. Banyak manfaat dari kedua teh tersebut. Jadi... pilih yang mana? Teh hitam atau teh hijau? :) Apapun pilihannya, untuk mengambil manfaat kesehatan dari kedua teh tersebut, harus tetap diimbangi dengan pola makan dan pola hidup sehat ya, teman-teman :) Jangan lupakan pula untuk mengkonsumsi air putih. Jangan hanya karena teh menyimpan banyak manfaat, lalu air putih dilupakan dan hanya mengkonsumsi air teh. Salam sehat! :)

28 comments:

  1. Aku sempat kerja praktek di Batang Mbak, ngurusin teh, pabrik dan kebun teh. Dari mulai pembibitan, nanam, metik daun teh yg beratus tahun usianya sampai proses produksi fermentasi, packing juga. Teh hitam dan teh hijau, yg hijau malah di eksport hehe. Btw yg teh hijau rasanya agak2 aneh sih, apa karena nggak terbiasa ya? tapi sangat cocok untuk kesehatan

    ReplyDelete
  2. aku belum ngerasain yang teh hitam kaya gimana yah mba...?
    pastinya enakk yah mba

    ReplyDelete
  3. Teh putih, sama sekali blm pernah tahu. Teh hitam, teh yang kebanyakan kita minum itu bukan mbak..? Klo teh hijau..dulu pernah mbeli, pas pengen langsing☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh putih saya juga jarang denger mba, hanya pernah baca. iya teh hijau lebih cenderung buat melangsingkan ya... hehe

      Delete
  4. teh hitam itu rasanya manis, teh hijau itu agak pahit ya mbak :D, saat ini lagi belajar konsumsi teh hijau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh hitam juga pahit kok mas, cuma kalo rasa saya memang lebih suka rasa teh hitam :)

      Delete
  5. Ooooooooo....waduh baru tahu loh aku kalau teh hitam dan teh hijau itu dari daun teh yang sama tapi dengan proses yang berbeda,,,ini yang bikin aku suka sama tulisanmu mbak,,,nambah pengetahuan.
    Dulu saat di Inonesia, aku tahunnya juga teh hitam dan teh hijau saja. Tapi ternyata di Jerman ´, teh itu ada ratusan bahkan ribuan jenisnya. Bahkan banyak toko yang menjual khusus kopi atau teh saja. Teh dari India (Yogi Tea), atau dari Afrika (Roiboos Tea) yang paling diminati orang Jerman. aku lebih suka minum teh sih ketimbang kopi, soalnya suka kembung kalau abis minum kopi....hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa.... jadi pengen ke jerman hehe... borong teh dan kopinya :)

      Delete
  6. aku pernah nyobain keduanya mbak, tapi paling suka yang teh hijau sih dari jaman kuliah karena banyak antioksidannya itu makanya lebih milih teh hijau. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. teh hijau memang sepertinya lebih bnyk manfaatnya ya, tapi saya malah lebih sering minum teh hitam

      Delete
  7. kalau teh hijau mulai rajin konsumsi, tp kalau teh hitam belum pernah hehe

    ReplyDelete
  8. Teh Hijau wangi. Lebih prefer teh hijau sih. Cuma harga e kyk y lebih larang dibanding teh biasanya yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... emang lebih murah teh hitam ya kalo harga :)

      Delete
  9. Aku jatuh cinta banget sama teh hijau mbak :))

    Salam,
    Rasya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah... saya seringnya minum teh hitam. teh hijau jarang :)

      Delete
  10. Baru nyoba yang teh hijau dan masih penasaran dengan teh hitam. Tp skr lg suka minum cokelat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya lebih suka teh hitam hehe... cokelat juga suka :)

      Delete
  11. Mbak, dari tulisanmu ini, aku nulis juga tentang teh di Jerman. Makasih ya udah ngasih inspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama2. pengen juga ngerasain teh di jerman. kapan ya bisa ke jerman :)

      Delete
  12. aku kurang suka dengan teh hijau karena pernah punya pengalaman ga enak. abis minum teh hijau langsung diare,, jadi sampe hari ini lebih suka teh manis (karena manis, tidak selalu hitam. eaaa,, hehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga lebih suka teh hitam, walaupun katanya teh hijau lebih bnyk manfaatnya :)

      Delete
  13. aku pernah nyobain dua-duanya sih, and personally aku lebih suka green tea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya kebalik, suka yg teh hitam :)

      Delete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran