Friday, May 10, 2013

FAYDA FM

Saya baru memberikan susu formula pada anak kedua saya yang bernama Fayda Fatharani Muhayya, ketika Fayda berusia 6 bulan. Kenapa usia 6 bulan? Karena saya memberikan ASI eksklusif pada anak saya, dan karena saya bekerja, mulai usia 6 bulan, selepas ASI eksklusif, saya baru memberikan susu tambahan, tapi ASI masih tetap diberikan jika saya di rumah hingga usia 2 tahun. Dan sekarang Fayda sudah berusia 3 tahun, sudah mau masuk Kober/Play Group.

Kecerdasan si kecil sudah mulai terlihat di usia 18 bulan, ketika Fayda  sudah mulai lancar berbicara. Dan sekarang, di usianya yang sudah bertambah, kecerdasan nya pun ikut bertambah. Di usia 2 tahun 7 bulan, Fayda sudah bisa membaca do’a mau tidur dan bangun tidur,  do’a mau makan, dan sesudah makan,  do’a masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi dan  do’a naik kendaraan. Juga Fayda sudah hapal huruf Alphabet dan angka 1-10, walaupun belum hapal jika huruf & angka diacak, dan sudah bisa menghitung benda.

Selain hapal bacaan do’a-do’a sehari-hari, Fayda juga cepat menghapal lagu-lagu yang sering saya, ayahnya dan kakaknya nyanyikan. Bahkan di rumah, ayahnya sering menyanyikan lagu-lagu dewasa yang sedang “in” saat ini, tak pelak lagi, Fayda sering bersenandung menyanyikan lagu-lagu itu, kadang bernyanyi sendiri, kadang duet dengan kakaknya. Kalau sudah begitu, saya suka geli melihatnya, anak kecil kok, hapal lagu dewasa hehehe….. Malah lagu berbahasa Jawa yang sering diajarkan mba Utinya pun sudah Fayda hapal. Dan jika ayah nya sedang bermain gitar, Fayda pun suka ikut-ikutan membunyikan gitar, jreng…jreng……. :)

Fayda paling senang mengganggu kakaknya jika sedang belajar. Bukan mengganggu sih tepatnya, tapi ingin ikut-ikutan belajar. Jika kakaknya sedang membaca buku pelajarannya, atau ayahnya sedang menemani kakaknya belajar, pasti Fayda akan ikut-ikutan membaca buku milik kakaknya. Jika saya atau ayahnya sedang tanya jawab dengan kakaknya, Fayda pun harus ikut ditanya oleh kami, walaupun jawabannya asal-asalan :)

Selain cerdas, Fayda pun termasuk anak yang aktif (mungkin meniru dari kakanya ya…. karena kakaknya pun sangat aktif). Melihat kakaknya jungkir balik, maka Fayda pun ikut mencoba untuk jungkir balik, dan sekarang Fayda sudah mahir jungkir balik. Untuk yang satu ini, saya sangat khawatir, karena Fayda masih terlalu kecil untuk bisa jungkir balik sendiri. Kalau kakak nya sedang bermain bola, Fayda pun pasti ikut-ikutan bermain bola, layaknya anak yang sudah mahir menedang bola.  Apalagi jika panjat memanjat, hadeuh……… sudah ahlinya deh ... :)

Saya bersyukur pada Allah SWT, bahwa saya dan suami sudah diberikan anak-anak yang cerdas dan sehat.

8 comments:

  1. senengnya Mbak.. pasti seru dengan keluarga lengkap seperti itu.
    semoga Fayda makin cantik dan pinter ya Dek :)

    ReplyDelete
  2. Aamiin... Terima kasih mba Ayu yang ayu :)

    ReplyDelete
  3. Allhamdulillah senang sekali melihat anak-anak yang cerdas

    ReplyDelete
  4. @ Lidya : Alhamdulillah, apalagi kalo sehat terus :)

    ReplyDelete
  5. Senang ya bisa konsisten kasih ASI sampai 2 tahun, jempol deh Mbak :) Semoga anak2 selalu sehat, kuat, dan tumbuh jadi anak sholeh/sholeha :)

    ReplyDelete
  6. @ Helda : Alhamdulillah mba. Aamiin. Terima kasih atas doanya.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran