Wednesday, December 26, 2018

Perbedaan Print Digital Dengan Teknik Sablon Kaos Manual


Pernah suami saya memesan kaos untuk kami sekeluarga dengan design nama kami hanya menggunakan bahasa isyarat. Lalu suami saya bilang, "Kaos yang kita pesan ini menggunakan teknik Print Digital." Saya tanya, "Print Digital itu seperti apa?" Suami bilang, "Nyablon-nya menggunakan komputer, seperti nge-print kertas di printer, bukan lagi manual." Baru deh saya ngerti. Ternyata nyablon kaos dan semacamnya ada teknik yang lebih canggih lagi yaitu menggunakan komputer. Sementara sablon di depan rumah kami, masih manual (kebetulan di depan rumah kami ada yang punya bisnis sablon). 


Masih ada yang ingin lebih tahu secara detil perbedaan print digital dengan teknik sablon kaos manual? 

Biasanya jasa print kaos ada yang menggunakan teknik print digital ada juga yang sablon kaos manual. Yang mana yang akan  dipilih? Bingung menentukan pilihan? Berikut penjelasan perbedaannya :

Perbedaan 1: Proses Pembuatan
Teknik kaos sablon manual masih menggunakan alat bantu seperti screen yang biasa disebut film sablon. Prosesnya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan membutuhkan keahlian khusus dalam menyablon. Bila harus mencetak multi colour, maka untuk satu design kaos harus dibuatkan cetakan sebanyak warna yang diinginkan.


Sedangkan, proses pembuatan print kaos digital menggunakan printer khusus yang mampu langsung mencetak diatas kaos. Hal ini tentunya membuat waktu pengerjaan menjadi lebih singkat. Print digital mampu mencetak apapun bentuk design yang  diinginkan, tidak terbatas pada apapun.

Porinto adalah salah satu penyedia jasa printing kaos custom yang terpercaya. Dengan menggunakan teknologi canggih, Porinto menawarkan kemudahan bagi kita yang ingin membuat kaos custom design kita sendiri. Tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan kaos custom design sendiri.

Kita cukup mengirimkan design buatan kita melalui email, lalu lakukan proses pembayaran. Setelah pembayaran, terkonfirmasi, kaos akan langsung dikerjakan. Kita hanya perlu menunggu 3 hari, dan kaos  akan dikirim langsung ke alamat rumah atau kantor sesuai alamatTidak mau menunggu sampai 3 hari? Tenang saja, Porinto juga menyediakan layanan pengerjaan express agar kita dapat segera mengenakan kaos idaman dengan design sendiri.

Perbedaan 2: Jumlah Kaos yang Bisa Diproduksi
Cetak sablon kaos secara manual membutuhkan adanya minimal order agar biaya produksi dapat ditekan. Karena cetakan sablon hanya bisa digunakan untuk satu design saja. Bila kita membutuhkan kaos dengan design unicolor (hanya satu warna) namun dengan kuantitas yang besar, mungkin akan lebih ekonomis menggunakan jasa sablon kaos manual.

Namun, jika kita ingin kaos yang sangat eksklusif dan hanya ingin mencetak satu kaos saja, tentu saja digital printing akan jauh lebih murah. Beberapa jasa cetak kaos digital juga menawarkan potongan harga bila kita ingin memesan dalam jumlah yang banyak. Semakin menghemat pengeluaran bukan?

Dengan memesan di Porinto, kita bebas memesan kaos custom tanpa jumlah minimal untuk satu design. Dengan harga hanya 85.000 untuk kaos lengan pendek, dan 95.000 untuk lengan panjang, kamu bebas memesan walau hanya satu potong kaos saja.

Untuk kita yang ingin memesan kaos dengan jumlah yang besar, Porinto akan memberikan potongan harga sebesar 5%. Syaratnya hanya harus memesan minimal 2 lusin. Masih ragu memesan kaos custom design sendiri di Porinto?

Perbedaan 3: Kualitas Hasil Sablon
Hasil sablon dengan menggunakan sablon manual sangat dipengaruhi teknik dan keterampilan dari yang menyablon. Bila orang yang mengerjakan kaos masih belum trampil, maka bisa dipastikan hasil sablonnya tidak akan bagus.

Sedangkan bila menggunakan printing digital, semua human error dan faktor-faktor kesalahan karena kurangnya keterampilan manusia akan dieliminasi oleh komputer. Tingkat keakuratan hasil sablon kaos dengan menggunakan digital printing tentunya tidak perlu diragukan lagi. Selain lebih akurat dalam hal warna, hasil cetaknya pun sudah bisa dipastikan akan benar-benar bagus.

Porinto sudah sangat dipercaya dalam melayani ribuan pelanggannya dari seluruh Indonesia. Porinto menjamin kualitas bahan kaos yang digunakannya dan hasil cetak printernya yang akurat. Porinto pasti akan menjadi pilihan terbaik untuk kita yang menginginkan kaos custom design sendiri yang keren, awet, dan tidak pasaran. Jadi mau pilih yang mana? Sablon kaos secara manual, atau cetak kaos dengan print digital?

3 comments:

  1. Pernah bikin kaos dengan design sendiri, iya lebih bagus hasilnya dengan printing digital, sablonannya memuaskan gak cepet rusak

    ReplyDelete
  2. Wah.. aku baru tau ternyata untuk sablon sablon skrg ada manual dan ada otomatic eh computerize hihihi...

    ReplyDelete
  3. Wah asik bisa seragaman sekeluarga. Itu bisa utk tas kain juga nggak? Kalau sablon manual itu lama, mahal & nggak bisa satuan. REpot deh

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran