Sunday, December 02, 2018

Wonderful Indonesia : Cantiknya Kepulauan Indonesia


Seperti kita ketahui, negara kita adalah negara kepulauan. Sejak SD kita sudah mempelajari banyaknya pulau-pulau yang ada di Indonesia. Menurut wikipedia, terdapat 17.504 pulau yang termasuk ke dalam wilayah kedaulatan Negara Republik Indonesia. Pulau-pulau tersebut, sewaktu saya masih kecil (masih sekolah), hanyalah sekedar pulau yang harus dihapalkan. Namun sekarang, pulau-pulau indah yang ada di Indonesia sudah menjadi tempat wisata yang menarik. 

Karena memang negara kita adalah negara maritim, negara kepulauan, maka sekarang ini spot-spot cantik dari pulau-pulau yang kita miliki menjadi daya tarik untuk dikunjungi, sebagai tempat wisata. Selain bisa untuk berfoto-foto menampilkan keindahan pulau-pulau yang dikunjungi, pulau-pulau ini pun menjadi wawasan sejarah tersendiri buat kita. Jadi bukan hanya sekedar jalan-jalan, tapi ada edukasi di dalamnya.

Ada banyak pulau cantik di Indonesia yang bisa kita kunjungi. Mulai dari Aceh ada pulau Weh. Tentang pulau ini, kita tentu sudah pernah belajar ya... namun dulu, saat kita mempelajarinya, pulau ini sepertinya belum menjadi tempat wisata yang cantik. Namun sekarang, Pulau Weh bisa menjadi tempat wisata yang menawan yang bisa kita kunjungi.

Di Sumatera Utara, ada pulau Nias. masih ingat jika kita membuka buku IPS, ada orang yang sedang melompat tumpukan batu, yang disebut dengan lompat batu? Atraksi ini menjadi daya tarik para wisatawan yang berwisata ke pulau Nias.

Sumatera Barat memiliki pulau Mentawai yang konon terkenal oleh para peselancar dunia. See? How Wonderful Indonesia.

Belum lagi pulau-pulau lainnya. Negara kita memiliki begitu banyak provinsi yang didalamnya sudah pasti terdapat pulau-pulau yang indah yang menjadi tempat wisata. Ada pulau Belitung di Bangka Belitung yang tak kalah cantik, pulau Pahawang yang menjadi tempat wisata favorit juga menjadi andalan yang ada di Lampung. Ada 2 pulau Pahawang yaitu Pahawang kecil dan Pahawang besar. Dan.... di Banten, tempat dimana saya tinggal, terdapat pulau yang juga menawarkan keindahan kepulauan Indonesia. Pulaunya berada di Taman Nasional Ujung Kulon, yaitu pulau Peucang. Di Taman Nasional Ujung Kulon ini kalau mujur, bisa melihat badak bercula satu, salah satu hewan yang dilindungi karena hampir punah. Selain pulau yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten juga memiliki pantai-pantai yang layak untuk tempat beristirahat dan berkumpul bersama keluarga menikmati deburan ombak, matahari terbit dan terbenam. Seperti pantai-pantai yang banyak tersebar di daerah Anyer dan Carita. Belum lagi pulau-pulau kecil yang sekarang sudah disulap menjadi tempat wisata domestik. Seperti pulau Tunda, pulau Dua, pulau Tiga, pulau Lima, dll. Dan bukan hanya pulau, pantai yang indah yang dimiliki Banten, tempat wisata sejarah seperti Benteng Speelwijk yang berada di Banten Lama pun menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi sekarang ini sedang ada renovasi tempat wisata yang ada di Banten Lama, agar para wisatawan semakin nyaman dan betah jika berkunjung ke tempat wisata sejarah yang ada di Banten.


Benteng Speelwijk Banten Lama


Pulau Tiga Karangantu Serang

Saya lupa, ada sebuah film dalam negeri yang menampilkan keindahan pulau ini, membuat saya jadi ingin kesana. Kalau gak salah pemeran utama prianya Hamis Daud, yang wanitanya lupa :) Lokasinya film tersebut ada di pulau Anak Krakatau. Ya Allah... saya ngeliatnya takjub. Indah banget, gimana kalau melihat langsung ya... :) Pulau Anak Krakatau ini terletak di selat sunda.

Bahkan, ibukota negara kita Indonesia pun yaitu Jakarta, memiliki pulau yang pantas dan indah untuk dikunjungi. Ada pulau Semak Daun, pulau Macan, pulau Onrust, pulau pari, dan masih banyak lagi. Untuk teman-teman yang berada di kota Jakarta dan ingin melihat keindahan pulau Indonesia namun tidak bisa jauh-jauh, pulau-pulau ini bisa dijadikan tempat untuk me-refresh tubuh.

Belum lagi pulau-pulau yang ada di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Pulau Bali dan lain sebagainya.

Belum lama ini, anak-anak saya sempat liburan di Pulau Bali. Tentunya sudah tahu ya, pariwisata Bali menampilkan keeksotisan pantai dan lautnya. Bali sudah mendunia, bahkan ada beberapa negara yang hanya mengenal Bali, bukan Indonesia :( Banyak pantai dan laut di pulau Bali, menjadi daya tarik. Berwisata ke pulau Bali lebih leluasa memilih pantai mana yang lebih nyaman yang ingin kita kunjungi, karena pulau Bali adalah pulau dengan banyak destinas pantai dan laut.







Jadi, Indonesia is wonderful dengan segala panorama dan alamnya yang bisa dijadikan tempat berwisata.

Ayo dukung Wonderful Indonesia dengan mengikuti kompetisi blognya :)




13 comments:

  1. Wonderful Indonesia salah satu program wisata dan pengenalan daerah tujuan wisata yang saya suka. Saya pernah menyaksikan program ini di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Mantab.

    ReplyDelete
  2. Pantai di Serang bagus ya mba . Landai dan jerniiih airnya.. semoga suatu hari bisa menikmati keindahan t4 wisata di Serang

    ReplyDelete
  3. Selalu banggaaaa tidak terkira kalau ngomongin tentang pariwisata di Indonesia.
    Gak bakal ada habisnya kalau ngomongin keindahan alamnya, keberagaman sukunya, keunikan sejarahnya.

    Aaahh semoga dimampukan bisa keliling menikmati keindahan alam ciptaan Allah di Indonesia, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bangeet.... Indonesia memang sangat indah :)

      Delete
  4. Tak perlu ke luar negeri untuk mencari keindahan, jelajahi negeri sendiri saja sudah cukup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, di dlm negeri juga bnyk tempat yg tak kalah indah :)

      Delete
  5. Mbaa Santi, aku blm pernah ke benteng itu. Pengin deh.. bangga banget jadi orang Indonesiaaa ya mba. Cakeep semuanya

    ReplyDelete
  6. Banyak sekali pulau-pulau kecil yang belum kukunjungi. Jangankan yang kecil, pulau besar pun belum semua dijajahi. Ke depannya semoga bisa mengkhatamkan menjajahi pulau-pulau di Indonesia. Biar melek sama negeri sendiri.

    ReplyDelete
  7. Waaa... terlalu banyak kalaunmau diitung tempat-tempat indah di Indonesia ini ya mba. Pokoknya rugi kalau pelesiran keluar negeri muluk mah hihi

    ReplyDelete
  8. indahnya indonesia emang ga bisa diceritakan lewat kata2, ga ada ujungnya yah mbakk, masyaa Allah banget

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran