Friday, May 10, 2019

Marhaban Ya Ramadhan

Assalamua'alaikum

Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat wal'afiat ya....
Sudah lama tidak menyapa teman-teman. Sekitar sebulan lebih sepertinya blog ini 'kosong' tulisan. Sedih sebenarnya, tapi memang kondisi dan situasinya yang membuat saya baru menulis. Bulan April 2019 tak ada satupun jejak tulisan saya di blog ini :(  Untuk itu, di bulan Mei ini, di bulan Ramadhan ini saya 'memaksakan' diri untuk mengisi blog, walaupun Ramadhan sudah memasuki hari ke 5. Jadi gak masalah ya, kalau saya memberi judul tulisan ini dengan Marhaban Ya Ramadhan, karena Ramadhan masih di awal-awal pekan. Keinginan sih ada untuk ikut challenge dari Blogger Perempuan menulis selama 30 hari di bulan Ramadhan ini, tapi khawatir saya tidak sanggup yang akhirnya keteter :(

Baiklah... 
Marhaban Ya Ramadhan...
Tentunya di setiap Ramadhan, kita menginginkan Ramadhan yang kita jalani menjadi Ramadhan terbaik yang pernah kita jalani selama hidup kita. Terbaik ibadahnya, maka akan mendapatkan pahala terbaik juga dari Allah. Tentunya untuk mendapatkan pahala terbaik, ada hal-hal yang harus kita persiapkan dalam hal ibadah sehingga Allah akan memberikan pahala terbaik tersebut.

Kita sudah tahu bahwa di bulan Ramadhan setiap amal sholeh yang kita kerjakan, akan mendapat pahala dari Allah SWT berlipat-lipat. Jadi untuk mendapatkan pahala yang berlipat-lipat itu, kita harus memiliki rencana dalam meningkatkan ibadah. Apa saja dan bagaimana?


Seperti keinginan saya yang menginginkan Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang terbaik dari Ramadhan-Ramadhan sebelumnya, karena belum tentu kita bisa bertemu kembali dengan Ramadhan tahun depan, ya kan... walaupun tentu kita memiliki keinginan dan selalu berdo'a untuk bisa bertemu dan merasakan Ramadhan di tahun-tahun selanjutnya. 
Lalu langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan supaya ibadah di bulan Ramadhan tahun ini bisa maksimal, yang InsyaAllah pahala pun bisa maksimal didapatkan.

Di bulan Ramadhan ini, saya harus meningkatkan amal sholeh. Apa saja amal sholeh itu?

1. Shalat. 

Ibadah shalat harus lebih ditingkatkan lagi. Yang tadinya shalat sunnah Rawatib dan Mutlak masih bolong-bolong, maka di bulan Ramadhan saya NIAT kan untuk tidak ada yang tertinggal shalat sunnah Rawatib maupun Mutlaknya. Juga shalat sunah lainnya, seperti Dhuha. Shalat wajib harus tepat waktu, tidak boleh mengulur-ulur. Bahkan sebelum adzan berkumandang, harus sudah siap-siap menghadap Allah untuk shalat. Shalat Tarawih pun jangan sampai 'bolong' dan diusahakan berjamaah, walaupun bagi perempuan, berjamaah tidak wajib, tapi pahalanya akan lebih besar dibanding shalat sendiri. Tahun-tahun sebelumnya saya lebih sering shalat tarawih sendiri di rumah, tapi tahun ini InsyaAllah akan selalu berjamaah.

2. Infaq & Sodaqoh

Sudah tahu lah ya... kalau di bulan Ramadhan ini semua orang berlomba-lomba untuk meningkatkan infaq dan sodaqohnya. Dengan memberikan infaq dan sodaqoh dengan ikhlas, InsyaAllah Allah akan membalasnya berlipat-lipat. 

3. Interaksi dengan Al-Qur'an

Ada bermacam-macam interaksi dengan Al-Qur'an. Ada yang membaca Al-Qur'an, ada yang memahami artinya dengan dibarengi membaca tafsirnya, bahkan ada yang menghapal Al-Qur'an.  Bahkan di grup WA pun sudah banyak yang menyebarkan cara-cara jika ingin khatam membaca Al-Qur'an mulai dari yang satu kali khatam, dua kali sampai sebanyak-banyak khatamnya. Tinggal sebanyak apa kita berinteraksi dengan Al-Qur'an dan sekuat apa niat kita dalam berinteraksi dengan Al-Qur'an. Yang jelas, bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk ,meningkatkan intensitas dalam berinteraksi dengan Al-Qur'an. Satu huruf yang kita baca mendapatkan 10 pahala. Dan di bulan Ramadhan pahalanya dikalikan lagi 10. Dan dalam sekali membaca Al-Qur'an, tidak mungkin kan kita hanya membaca satu huruf Al-Qur'an saja. Satu ayatnya pun memiliki beberapa huruf. Dan juga gak mungkin kita sekali membaca Al-Qur'an hanya satu ayat.

Ada pertanyaan yang menurut saya cerdas dari Fayda, "Kata Ibu, setiap kebaikan yang kita kerjakan, akan mendapat pahala 10. Kalau kita shalat, kita dapat pahala 10. Terus, kalau kita shalat kan baca surat Al-Qur'an, kata Ibu lagi kalau baca Qur'an dapat pahala 10 setiap hurufnya. Nah.. kalau baca surat Al-Qur'an waktu shalat, kita juga dapat pahala baca Qur'annya kan Bu?" 
Adakah yang bisa jawab dari pertanyaan Fayda? Silahkan jawab di kolom komen ya... hehehe....

Baiklah... itulah hal-hal yang sudah saya rencanakan saya lakukan di bulan Ramadhan yang suci ini. Saya yakin teman-teman juga sudah memiliki rencana dalam peningkatan ibadah di bulan yang mulia ini. Semoga saja amal sholeh yang sudah teman-teman rancang, akan berjalan dengan baik. Dan semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini diterima Allah SWT, sehingga ketika Ramadhan 'pergi' amal sholeh yang kita kerjakan selama Ramadhan intensitasnya tetap bisa kita kerjakan di bulan-bulan lain selain bulan Ramadhan. Seyogyanya begitulah arti Ramadhan. Ada perbaikan-perbaikan dalam hidup kita untuk mendapatkan ridho Allah SWT.

1 comment:

  1. Nggak terasa udah puasa seminggu yah...
    tinggal 3 minggu lagi. Cepet banget deh.
    Semoga bulan ramadhan membawa berkah bagi semua.
    Amin ya rabb...

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran