Wednesday, August 14, 2019

Jangan Asal Memilih, Begini Tips Memilih Provider Data Center Dengan Tepat


Keberadaan perusahaan yang menawarkan layanan data center bisa kita temukan dengan mudah. Mengingat semakin banyaknya orang yang tertarik untuk menerapkan data center ini pada perusahaan. Walaupun demikian, untuk menemukan provider tersebut, ada juga tidak boleh sembarangan dalam memilihnya. Pasalnya tidak semua perusahaan tersebut bisa dipercaya.




Tips memilih provider data center

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, data center sendiri merupakan sebuah ruangan yang digunakan untuk menempatkan deretan server komputer dan perangkat jaringan computer agar mampu terhubung ke internet dengan baik. Tak hanya sebagai penghubung server dan jaringan computer saja, fungsi lainnya dari data center adalah digunakan sebagai ruang penyimpanan.

Perlu  diketahui apabila ruang penyimpanan yang ditawarkan oleh data center tersebut tidak main-main dimana kita bisa menikmati layanan penyimpanan dengan kapasitas yang besar. Sebelum melakukan instalasi data center, simak dahulu tips memilih provider data center tersebut.

1Ketahui dimana lokasi dari data center tersebut

Tips pertama yang bisa diterapkan sebelum instalasi data center adalah dengan mengetahui dimanakah lokasi dari data center tersebut. Jika dibutuhkan, kita juga harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah lokasi yang dipilih untuk menempatkan data center tersebut aman ataukah tidak.

Selain itu, pemeriksaan tersebut juga mampu membantu kita untuk mengetahui bagaimana sistem keamanan yang ditawarkan oleh provider data center. Tidak hanya itu saja, kita juga harus menanyakan kepada provider apakah mereka juga menawarkan lokasi lainnya sebagai tempat penyimpanan.

Apakah setiap lokasi tersebut juga akan saling terhubung dengan jaringan pribadi. Hal ini tentunya sangat penting terutama ketika kita sedang melakukan proses recovery data.

2Menanyakan layanan apa saja yang ditawarkan

Jika sudah, tips selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan menanyakan layanan apa sajakah yang ditawarkan oleh provider data center tersebut. Pastikan mereka juga mempunyai layanan IT. Seperti cloud. Tujuannya adalah agar  kita tidak repot-repot dalam mencari provider data center yang lainnya.

Secara tidak langsung, hal ini juga akan memberikan efisiensi dan kita juga akan lebih menghemat waktu. Pastikan juga apabila mereka menawarkan kemudahan dalam berkomunikasi baik itu melalui sms ataupun sambungan telefon.

3. Tanyakan bagaimana daya, kapasitas serta pendinginan

Ketika kita sudah menemukan data center pilihan kita, maka jangan lupa untuk menanyakan bagaimanakah dengan daya, kapasitas hingga pendinginan. Pastikan apabila mereka menawarkan daya yang selalu stabil dan kuat agar kinerjanya juga bagus. Tak hanya bagaimana kualitas dayanya, kita juga harus melakukan pemeriksaan terhadap kualitas pendinginan dan kapasitas. 

4. Menanyakan bagaimana mereka melakukan efisiensi energi

Masih ada lagi tips berikutnya yang bisa  digunakan yakni dengan menanyakan bagaimanakah mereka melakukan efisiensi energi. Hal ini bukan tanpa alasan karena data center tentu akan membutuhkan daya dan energi dalam jumlah yang besar. Itulah mengapa pentingnya untuk mengetahui bagaimana efisiensi energi yang dilakukan.

5. Pastikan  itu adalah perusahaan yang terpercaya

Agar kita semakin merasa aman ketika menginstal data center, pastikan jika perusahaan yang kita pilih tersebut merupakan perusahaan yang terpercaya. Dimana mereka sudah berpengalaman selama bertahun-tahun  dalam layanan ini.
Itulah beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk memilih perusahaan data center. Dengan  banyaknya perusahaan data center, memang membuat kita harus berhati-hati dalam memilihnya. Agar anda tidak tertipu dengan data center yang abal-abal maka kita bisa langsung mengunjungi https://www.nexdatacenter.com/id.

Semoga bermanfaat J

3 comments:

  1. Mencari informasin yang akurat itu memang sangat penting nih ya Mbak

    ReplyDelete
  2. Wah tipsnya bisa dicoba nih Mbak hehe. Terima kasih atas informasinya ya

    ReplyDelete
  3. Wah iya nih Mbak memang nggak boleh asal memilih nih ya. Harus diteliti dahulu

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran