Thursday, September 19, 2019

5 Manfaat Minyak Telon Bagi Bayi Yang Harus Diketahui

Bukan hanya sekedar wangi, namun minyak telon juga sering digunakan ke tubuh bayi karena bisa memberikan banyak manfaat. Dalam hal ini, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), minyak telon bekerja dengan cara memperlebar pemburuh darah lokal sehingga bisa timbul sensasi hangat. Bukan hanya itu, IDAI juga menyebutkan bahwa kalau minyak telon ini bisa sedikit mengurangi rasa nyeri yang dirasakan oleh bayi. Memang penggunaan minyak telon ini biasanya digunakan pada tubuh bayi atau anak setelah selesai mandi. Lalu apa saja manfaat lainnya dari minyak telon ini untuk bayi? Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang manfaat minyak telon bagi bayi sebagai berikut :

1. Untuk Mengatasi Jerawat Pada Bayi

Seperti yang diketahui bahwa terkadang bayi seringkali mengalamai masalah kulit karena masih sensitif. Salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada bayi adalah timbulnya jerawat atau bintik-bintik kemerahan pada kulitnya. Tentunya kondisi ini bisa membuat bayi anda merasa tidak nyaman bukan? Oleh karena itu, untuk mengatasinya anda bisa oleskan sedikit minyak telon pada kulit bayi. Lalu diamkan dalam waktu beberapa jam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

2. Bisa Meringankan Gigitan Serangga Pada Bayi

Kandungan minyak kelapa yang ada pada minyak telon ini mengandung antibakteri dan antiradang sehingga bisa mengobati dari gigitan serangga. Pada saat digigit serangga, kulit bayi akan cepat meradang, memerah dan bengkak. Dengan demikian, bayi pun akan menjadi rewel karena kulitnya terasa gatal, panas, atau bahkan sakit. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa coba oleskan minyak telon dan diamkan beberapa saat hingga kulitnya sembuh. Mudahkan?

3. Bisa mengatasi Kulit Kering dan Iritasi Pada Bayi

Perlu diketahui bahwa cuaca yang sangat ekstrim seperti sekarang ini, seperti panas terik atau suhu ruangan yang terlalu dingin kadang bisa membuat kulit bayi menjadi kering. Yang akhirnya, kulit bayi juga bisa mengalami iritasi. Maka dari itu, anda bisa coba oleskan minyak telon pada kulit bayi.

4. Meringankan Dermatitis Seboroik (Cradle Cap) Pada Bayi

Kandungan minyak kelapa pada minyak telon juga bisa mengatasi dermatitis seboroik pada bayi. Karena memang kulit kepala pada bayi masih sangat sensitif, sehingga terkadang mengalami cradle cap atau dermatitis seboroik yang disebabkan oleh jamur. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa coba gunakan minyak telon ini, karena minyak telon merupakan antijamur yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut Bayi

Ada sebagian rambut bayi tumbuh sangat tipis. Namun anda jangan khawatir, karena minyak kelapa yang ada pada minyak telon bisa membantu untuk merangsang pertumbuhan rambut pada bayi. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung vitamin E dan K yang bisa membantu menstimulus akar rambut sehingga lebih kuat dan cepat tumbuh. Caranya juga sangat mudah, kita hanya perlu membasahi rambut bayi dengan air hangat. Kemudian tuangkan sedikit minyak telon di tangan, gosok-gosok terlebih dahlu. Kemudian usapkan pada kulit kepala bayi. Lalu pijat dengan lembut dan diamkan selama setengah jam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Dalam hal ini kita bisa menggunakan Doodle Telon Oil. Karena minyak telon plus ini memiliki aroma yang khas yakni green tea sehingga bisa membuat tubuh bayi harum dan segar sepanjang hari. Selain itu, minyak telon hits saat ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau.




Sssstt.... saya juga masih sering lho menggunakan minyak telon, makanya di rumah saya punya stok minyak telon padahal sudah tidak punya bayi lagi J Selain anak-anak masih menyukai aroma minyak telon dibanding minyak kayu putih kalau sedang membutuhkan baluran minyak hangat, saya juga suka banget pada aroma minyak telon ini. Makanya selain untuk menghangatkan, untuk aroma (parfum) juga bisa J. Cobain deh, balurin ke tubuh, maka aroma minyak telonnya harumnya enaak banget J

1 comment:

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran