Thursday, January 16, 2020

Yuk, Mengenal Secara Singkat Jenis ID Card Beserta Fungsinya


Tidak dipungkiri, adanya kemajuan teknologi membuat kehidupan manusia menjadi lebih simpel. Ada banyak sekali benda yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan tapi sangat membantu pekerjaan bahkan kehidupan manusia. Salah satunya adalah ID Card.


Siapa yang tidak mengenal ID card atau kartu nama ini? Dan pastinya teman-teman semua juga memiliki ID card. Di zaman sekarang ID card sangat membantu dan menjadi kebutuhan pada setiap perusahaan. Tidak hanya di perusahaan, di sekolah juga terkadang menggunakan ID card seperti saat sedang mengikuti ujian atau akses untuk ke sekolah masing-masing. Wah, termasuk penting bukan ID card? Wajar saja banyak yang menciptakan ID Card.

Lalu apa saja jenis-jenis ID Card beserta fungsinya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

  1. ID Card Biasa
Jenis ID Card yang pertama adalah ID card biasa. Jenis ini berfungsi sebagai tanda pengenal saja. Kartu nama ini hanya tercantum nama, identitas, jabatan, foto, dan nama perusahaan. Contohnya adalah SIM atau KTP. Biasanya ID card biasa jenis printer yang cocok adalah yang satu sisi dan satu warna saja karena bentuknya yang simpel. Bagi yang ingin membuat ID card mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama bisa menggunakan jenis kartu nama ini.

  1. ID Card Proximity
Jenis printer yang kedua adalah ID card proximity. ID card ini jika diperhatikan dengan sekilas maka memiliki sedikit kemiripan dengan kartu biasa. Namun, jika kita melihat dengan saksama maka akan terlihat perbedaannya.

Kita bisa menemukan sebuah chip atau program yang digunakan untuk menghindari adanya pemalsuan. Bahkan, kita bisa menemukan seseorang selain pemilik kartu yang menggunakan kartu tersebut. Untuk yang menginginkan keamanan tingkat tinggi bisa memilih jenis printer yang memiliki alat untuk mendeteksi pemalsuan.

  1. ID Card Magnetik
Jenis kartu ini berbeda dengan jenis kartu biasa. Kita bisa menemukan panel hitam pada sisi belakang ID card magnetik dan itulah yang menjadi pembeda. Tanda ini memiliki fungsi untuk menyimpan data dari pemilik ID card jenis ini. Contohnya adalah kartu transaksi.

  1. Kartu Mifare
Kartu jenis ini merupakan salah satu jenis kartu semikonduktor produksi dari NXP. Biasanya ID card jenis ini digunakan untuk kartu tol, tiket, kartu parkir, sistem absensi, kartu kredit, dan masih banyak lagi. Frekuensi yang digunakan untuk kartu jenis ini adalah 13,56 MHz. Kartu jenis ini juga bisa menyimpan data mulai dari nama, nomor ID, serta sidik jari. Wah, keren, bukan?

Secara umum, ID card berfungsi sebagai tanda pengenal. Ternyata, selain sebagai tanda pengenal, ID card memiliki beberapa fungsi lainnya, lho. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mempermudah Akses
ID card juga bisa berfungsi sebagai akses termudah bagi seseorang untuk meminta bantuan kepada rekan lain sesuai dengan divisi yang sudah tercantum. Selain itu, seseorang yang memiliki ID card bisa memiliki akses untuk menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.

  1. Menambah Kesan Formal
Salah satu fungsi ID card lainnya adalah untuk menambah kesan formal seorang karyawan dan juga membuatnya menjadi lebih rapi. Selain itu, kartu nama juga bisa memberikan tanda dan kesan positif dalam suasana pekerjaan.

  1. Sebagai Pembeda
Adanya ID card juga bisa menjadi pembeda antara karyawan dan non karyawan. Tujuannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Selain 3 fungsi di atas, masih ada lagi fungsi lainnya, seperti sebagai sarana promosi ketika berkunjung ke perusahaan lain.

Nah, itulah jenis ID Card beserta fungsinya. Bagi yang ingin mencetak kartu bisa mengunjungi ist.co.id. Yuk, tunggu apalagi? :)


No comments:

Post a comment

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran