Monday, February 10, 2020

Cara Menghitung Berat Badan Ibu Hamil dan Menambah Berat Badan Yang Aman




Dulu, waktu saya hamil, jika ingin mengetahui berat badan saya tambah atau tidak, saya hanya menggunakan timbangan seperti biasanya saja. Namun di era digital sekarang ini sangat dimudahkan untuk mengetahui berbagai informasi apapun yang dibutuhkan, salah satunya adalah informasi tentang berat badan saat sedang masa hamil dengan menggunakan beberapa aplikasi di smartphone android. Karena memang mengetahui berat badan bagi bu hamil sangatlah penting demi kesehatan ibu maupun bayi yang ada di dalam kandungan serta kelancaran proses persalinan nantinya . Salah satu aplikasi untuk menghitung berat badan ibu hamil tersebut adalah Pintar BMI Calculator.

Dengan menggunakan aplikasi Pintar BMI Calculator ini anda bisa menghitung perkiraan lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan seseorang. Selain itu, aplikasi kalkulator berat badan ibu hamil ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah seseorang tersebut memiliki kelebihan berat badan atau malah sebaliknya kekurangan berat badan. Aplikasi ini bukan hanya untuk menghitung IMT orang dewasa saja, namun bisa juga digunakan untuk menghitung IMT pada anak-anak juga. Dan juga, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang menarik. Sehingga dengan menggunakan Pintar BMI Calculator ini program diet yang sedang dijalankan (kalau memang sedang menjalankan program diet) bisa lebih terjaga. Lalu bagaimana kalau ternyata kekurangan berat badan? Begini caranya :

Cara Menambah Berat Badan Yang Aman

1.        Konsumsi Protein Berkualitas

Supaya tubuh menjadi gemuk serta bikin otot-otot kuat, maka pilihan sumber protein harus sangat diperhatikan. Dalam hal ini kita bisa mengkonsumsi protein berkualitas tinggi seperti bijia-bijian, susu, ikan, maupun telur. Perlu diketahui, bahwa tubuh membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan (kg)/hari, guna membentuk otot baru. Oleh karena itu, jika kita mengkonsumsi lebih banyak protein berkualitas, maka proses pembentukkan otot akan berjalan dengan baik.

2.       Mengkonsumsi Karbohidrat

Cara berikutnya untuk meningkatkan berat badan adalah dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat. Karena dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat ini bisa memicu lebih banyak asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh  dalam menggemukkan badan. Untuk mendapatkan asupan karbohidrat ini, kita bisa mendapatkannya pada makanan seperti tepung, gandum, ubi jalar, singkong, kentang, dan nasi.

3.       Cukupi Kebutuhan Lemak

Jangan mengkonsumsi makanan yang lemak secara berlebihan, namun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh saja. Karena dengan mencukupi kebutuhan lemak serta nutrisi lain, tentunya berat badan akan meningkat dengan cepat. Sumber lemak ini bisa kita dapatkan pada makanan seperti kelapa, mentega, minyak sayur, daging, ikan, jagung, dan lain sebagainya.

4.       Perbanyak Konsumsi Susu

Cara yang paling efektif untuk menambah berat badan aman adalah dengan mengkonsumsi susu. Jika sebelumnya ada yang tidak suka minum susu, cobalah mulai besok untuk sering meminumnya. Dalam hal ini bukan hanya susu murni saja yang bisa  dikonsumsi, namun bisa mengkonsumsi olahannya juga, seperti puding, yoghurt, dan es krim. Jika tidak mau mengkonsumsinya sebagai cemilan, bias juga meminumnya sebagai penutup sesudah makan siang.

5.       Konsumsi Camilan Yang Sehat

Cara lainnya untuk menambah berat badan yang aman adalah dengan sering makan. Akan tetapi makan lebih sering itu bukan berarti  harus makan nasi dan lauk pauk 5 kali dalam sehari. Namun bias dengan menambahkan cemilan di sela aktivitas kita. Misalnya, di tempat kerja, bisa menyediakan buah-buahan di meja supaya mudah dijangkau, bahkan pada saat  sedang sibuk sekalipun.

6.       Banyak Mengonsumsi Air Putih

Tahukah teman-teman, bahwa hampir 70% lebih orang bertubuh kurus itu ternyata kurang cairan tubuh? Padahal air ini sangat penting fungsinya untuk pengoperasian berbagai fungsi organ tubuh, termasuk untuk usus dan lambung dalam menyerap nutrisi. Namun kebanyakan orang sangat malas untuk mengkonsumsi air putih karena memang seringnya justru bisa bikin kenyang dan mual. Untuk memenuhi kebutuhan air pada tubuh 2 liter /hari, kita bisa mengkonsumsinya dalam beberapa sesi. Dimana bisa memulainya dari bangun tidur di pagi hari, siang, sore, hingga malam hari.
Mungkin itu saja artikel kali ini tentang cara menghitung berat badan ibu hamil dan cara menambah berat badan yang aman. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a comment

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran