Wednesday, January 27, 2021

Cara Membuat Aquascape Untuk Pemula

Aquascape dapat diartikan seni menata tanaman air tawar dalam akuarium. Aquascape ini bisa dijadikan simulasi dari sebuah ekosistem mahluk hidup yang berupa tanaman dan hewan. Namun, ekosistem yang paling dimunculkan dalam aquascape adalah ekosistem tumbuhan di alam bebas, sementara hewan yang ada hanya pelengkap saja. Aquascape adalah bentuk karya seni yang menempatkan bebatuan, tanaman air dan kayu apung di dalam akuarium untuk menciptakan tampilan yang estetis. Untuk membuat aquascape, inspirasi bisa datang dari mana saja, dari aquascape lain hingga hutan yang indah, air terjun, dan pantai. Berikut di bawah ini cara membuat aquascape untuk pemula.



            1. Bahan dan Alat

Sebelum membuat aquascape, kita harus lebih dulu mengumpulkan bahan dan alatnya, yaitu akuarium, filter, lampu, pasir silica, pupuk dasar atau pupuk cair, tanaman, ikan, CO2, dan kipas jika diperlukan. Pada lapisan pasir silika ini, tambahkan di bagian tengahnya karbon aktif. Karbon aktif ini berfungsi untuk menyerap zat yang berbahaya yang ada pada air saat kita membuat aquascape.

            2. Berikan Pupuk Dasar

Pertama, masukan pasir silika pada akuarium. Setelah memasang pasir silika sebagai dasar akuarium, selanjutnya adalah memberikan pupuk dasar. Pemberian pupuk dasar ini akan memberikan nutrisi pada tanaman yang kita masukkan ke dalam akuarium. Pemberian pupuk pada pembuatan aquascape hanya untuk tanaman yang mempunyai akar. Jangan lupa pilih pupuk yang memiliki kualitas terbaik. Pemberian pupuk dasar ini tentu dengan jumlah yang sudah direkomendasikan.

            3. Membuat Dasar dan Dekorasi

Selanjutnya setelah menutup semua permukaan dasar akuarium dengan pasir, sekarang kita dapat membuat dekorasi menggunakan kayu dan batu. Dekorasi yang dibuat biasanya disebut sebagai hardscape. Melakukan hardscape ini tentu tidak boleh dilakukan sembarangan. Penataan kayu dan batu harus dilakukan dengan baik supaya saat ditambahkan tanaman hasilnya akan seperti yang kita inginkan. Tipsnya, untuk mendapatkan efek depth atau yang artinyanya efek kedalaman, kita bisa membuat pasir yang ada di bagian belakang akuarium lebih tinggi daripada yang ada di bagian depan.

            4. Isi Air

Langkah selanjutnya yaitu mengisi air ke dalam akuarium. Mengisi air ke dalam akuarium ini juga  tidak boleh sembarangan. Jika asal-asalan memasukkan airnya, dekorasi yang sudah dibuat dengan baik bisa-bisa rusak seketika. Umumnya, orang yang belum berpengalaman akan menuangkan air secara langsung ke dalam akuarium. Hal tersebut tentu akan membuat pasir yang sudah ditata dengan rapi akan menjadi rusak. Tidak hanya pasir yang akan berhamburan, tetapi pasti pupuk yang ada di bawah pasir juga akan berantakan dan langsung larut ke dalam air. Lalu untuk menuangkan air dengan benar yaitu caranya adalah dengan menggunakan kertas atau koran. Bentangkan kertas ke seluruh penjuru akuarium, lalu kemudian tuangkan airnya secara perlahan dan hati-hati.

            5. Tanaman

Dan langkah terakhir yaitu menanam tanaman. Tahapan menanam ini ternyata bisa dilakukan sebelum akuarium diisi air. Kita juga bisa mengisi akuarium dengan sedikit air, kemudian masukkan tanaman, lalu isi lagi dengan air. Pilih salah satu tanaman yang menurut kita paling mudah untuk dimasukkan. Tidak hanya menanam tanaman, hal lain yang harus dilakukan pada tahap ini yaitu harus memasang peralatan seperti outlet filter, peletakan diffuser CO2, pemasangan lampu atau pencahayaan, dan peralatan lainnya.

Nah, sudah selesai. Untuk teman-teman yang menyukai tanaman khususnya Aquascape ini, semoga bisa membantu. Dan untuk yang belum tahu, semoga bisa jadi tahu bagaimana teknik menata tanaman Aquascape ini.

1 comment:

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran