Wednesday, December 30, 2020

Bisa Hemat Banyak Uang, Ini Tips Merawat Cincin Emas Secara Mandiri

Memiliki perhiasan berbahan emas memang sangat menyenangkan, baik itu hadiah, membeli, atau kenang-kenangan pernikahan. Namun, perawatan juga harus sering dilakukan agar cincin emas bisa bertahan lama dan tidak cepat rusak. Hal ini karena jika perhiasan emas digunakan setiap hari secara terus-menerus, penampilannya akan semakin menurun.

Cara terbaik untuk melakukan perawatan terhadap cincin berbahan emas ini adalah dengan membawa ke ahli emas yang bisa ditemui di toko-toko emas. Akan tetapi, selain kurang praktis karena harus pergi ke toko emas, biaya yang diperlukan juga tidak murah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk menjaga perhiasan emas tetap awet. 

Tips Merawat Cincin Emas

1. Melepas cincin saat berdandan atau mandi

Terlalu sering mendapat kontak dengan bahan-bahan seperti pasta gigi, pembersih wajah, sampo, atau sabun mandi akan membuat warna emas akan memudar. Oleh sebab itu, saat mandi atau memakai make up, lepaskan cincin terlebih dahulu untuk menghindari terkena bahan kimia tersebut. Kita bisa menempatkan di atas tisu atau kotak khusus untuk menyimpan cincin tersebut.

2. Menyimpan dengan benar

Saat tidak memakai cincin tersebut, usahakan untuk menyimpannya dengan benar. Sangat disarankan untuk menyimpan di kotak perhiasan khusus untuk cincin. Jika  memiliki banyak perhiasan, pisahkan sesuai dengan jenisnya. Hindari terlalu sering menumpuk perhiasan sembarangan karena bisa saling menempel dan menyebabkan warnanya pudar.

3. Gunakan di momen spesial saja

Cincin berbahan emas sebaiknya tidak digunakan terus-menerus, apalagi jika emas tersebut memiliki nilai karat yang tinggi. Selain warnanya akan cepat memudar, cincin dengan bahan emas berkarat tinggi akan mudah tergores dan rusak. Jadi, sebaiknya gunakan cincin tersebut di saat spesial saja seperti acara pernikahan, reuni, dan perkumpulan resmi lainnya.

Tips Membersihkan Cincin Emas dengan Tepat

Tidak hanya menjaga penggunaan saja, kita juga harus membersihkan cincin berbahan emas secara rutin. Kita tidak perlu membawanya ke toko emas karena cara ini bisa dilakukan di rumah secara mandiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan cincin berbahan emas.

1. Menggunakan cairan amonia

Amonia atau NH2 cukup ampuh untuk dijadikan bahan pembersih emas agar dapat berkilau lagi. Untuk mengaplikasikannya juga tidak terlalu sulit. Kita cukup mencampurkannya dengan segelas air. Selanjutnya, masukkan cincin tersebut ke dalam larutan amonia ini. Diamkan beberapa menit dan angkat menggunakan sendok atau pinset. Terakhir, bilas dengan air bersih dan lap sampai kering.

2. Menggunakan alkohol

Selain amonia, bisa juga bisa menggunakan cairan alkohol yang lebih mudah ditemui. Cairan ini bisa menghilangkan noda-noda yang menempel di perhiasan seperti kalung dan cincin. Noda tersebut bisa berupa lemak atau noda makanan. Untuk menggunakan alkohol tidak boleh sembarangan karena tidak semua cincin emas memiliki kandungan emas sepenuhnya. Ada beberapa logam yang tidak cocok jika terkena alkohol.

3. Menggunakan sabun cuci piring

Cara terakhir ini menggunakan bahan yang lebih mudah lagi untuk ditemui, yakni sabun cuci piring. Ternyata selain bisa membersihkan berbagai peralatan dapur, sabun ini juga bisa membersihkan cincin berbahan emas agar berkilau kembali. Untuk membersihkannya, siapkan sabun dan air hangat. Selanjutnya, masukkan cincin dan tunggu beberapa saat hingga kotoran dan debu mulai terlepas. Angkat dan bersihkan menggunakan tisu sampai kering.

Yang terpenting dari hal ini adalah pastikan cincin yang kita rawat tersebut adalah cincin dengan kualitas baik. Cincin dari Passion Jewelry adalah salah satu yang berkualitas tersebut. Jika ingin mencari berbagai cincin emas, kita bisa mengunjungi passionjewelry.co.id dan memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan.

3 comments:

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran