Wednesday, July 21, 2021

Do’a Sehari-hari yang Perlu Diajarkan pada Anak-anak


Do’a merupakan wujud permohonan manusia kepada sang pencipta, dalam agama Islam sendiri do’a merupakan hal yang wajib dilakukan, meskipun terkadang tak semua yang kita inginkan dikabulkan. Nah sejak kecil kita tentunya sudah diajarkan berbagai do’a oleh orang tua kita, diantara do’a tersebut ada yang wajib dibaca dan ada pula Sunnah. Mengajarkan do’a sedari kecil memang merupakan hal yang baik, sebab ingatan anak-anak sangatlah kuat dan do’a tersebutlah yang akan memperbaiki moral anak-anak, kita bisa mengajarinya do’a sebelum/sesudah makan, do’a keluar rumah, doa saat hujan dan masih banyak lagi. Nah disini saya akan memberikan informasi seputar do’a sehari-hari yang perlu diajarkan pada anak-anak. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

1.Do’a kedua  orang tua

Mendo’akan kedua orang tua adalah hal yang wajib dilakukan dan tentunya mendo’akan orang tua harus diutamakan ketimbang do’a lainnya, untuk itu kita sebagai orang tua harus mengajarkan sedari kecil do’a kedua orang tua itu. Doanya adalah :

Allohummaghfirli waliwaalidayya warhamhumma kama rabbaayanii shagiiraa

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dosaku, dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu aku kecil.”

2.Do’a sebelum tidur

Do’a sebelum tidur juga wajib diajarkan kepada anak kita, agar anak-anak selalu mengingat Tuhannya walaupun hendak beristirahat dan do’a sebelum tidur memiliki bacaan yang sangat pendek sehingga mudah dihafal, nah berikut do’a sebelum tidur.

Bismika allahumma ahya wa bismika amut

Artinya :”Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.”

3.Do’a setelah bangun tidur

Bukan hanya ketika hendak tidur saja kita membaca do’a melainkan ketika bangun tidurpun kita diharuskan membaca do’a. Berikut do’a setelah bangun tidur.

Alhamdulillahi al-adhi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihi-nnushur

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami kembali.”

4.Do’a sebelum makan

Allahumma baarik lanaa fimaa rozaqranaa wa qinaa ‘adzaa bannaar

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin.”

5.Do’a setelah makan

Alhamdulillahilladzi ath-ammanaa wa saqona wa ja’alanaa minal muslimiin

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberik kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin.”

6.Do’a sebelum belajar

Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi sidnii ilmaan warzuqnii fahmaan

Artinya : “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabu Muhammad sebagi Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

7.Do’a masuk kamar mandi

Alloohumma innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khobaaits

Artinya : “Ya Allah, sungguh aku berlindung  kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.”

8.Do’a keluar kamar mandi

Ghufranaka Alhamdulillahil ladzii adzhaba ‘annil adzaanwa’aafaanii

Artinya : “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah mengilangkan kotoranku dan membuatku sehat.”

Nah itulah beberapa do’a sehari-hari yang sering diajarkan pada anak-anak yang tentunya akan diingat sepanjang masa. Bagaimanapun do’a adalah wujud permohonan bagi kita manusia kepada sang pencipta, dan do’a bisa juga merupakan bentuk syukur kepada-Nya. Maka dari itu kita wajib mengajarkannya kepada anak-anak, agar ia akan mengingatnya hingga dewasa sebab do’a itulah yang menjaga kehidpuannya.

5 comments:

  1. Doa-doa ini memang perlu diajarkan ke anak sejak dini agar terbiasa digunakan di kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  2. Bener banget doa dalah wujud permohonan bagi kita manusia kepada Sang Pencipta, anak memang perlu diajari sejak kecil agar saat besar mengingatnya karena itu memang yang menjaganya sampai dewasa bahkan seumur hidup.

    ReplyDelete
  3. Doa ini memang penting apalagi yang pertama, doa untuk orang tua yang membekali anak untuk tetap berbakti sampai dewasa.

    ReplyDelete
  4. doa-doa ini memang perku diajarkan sejak kecil agar anak terbiasa dan mengingatnya sampai dewasa, apalagi doa-doa ini penting untuk menjaga kehidupan anak.

    ReplyDelete
  5. mantap nih doa-doa ini memang penting banget dan harus diajarkan sejak dini pada anak.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran