Friday, April 23, 2021

Beragam Manfaat Temulawak yang Membuatnya Banyak Digunakan Sebagai Obat Herbal


Teman-teman disini pasti sudah tahu ya , apa itu temulawak. Temulawak merupakan salah satu jenis rimpang yang bisa dengan mudah dijumpai di Indonesia. Apalagi memang pada dasarnya jenis herbal yang satu ini bisa dengan mudah tumbuh subur di dataran Indonesia. Ada begitu banyak kandungan senyawa bermanfaat yang ada di dalam rempah yang satu ini. sehingga tak heran jika seandainya ia banyak dikombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk dijadikan sebagai obat. Karena memang ada begitu banyak diantara manfaat temulawak tersebut yang pada dasarnya sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Sebut saja diantaranya ia mengandung senyawa kurkunim, germakron yang dikenal sebagai senyawa antiradang sampai dengan tumeron. Bahan-bahan yang terkandung didalam temulawak ini sendiri dapat digunakan untuk mengobati beragam jenis penyakit, diantaranya adalah :

  1. Mengatasi masalah yang terjadi pada sistem pencernaan, ia dapat digunakan untuk merangsang produksi cairan empedu yang mana manfaatnya memang sangat banyak, yaitu dapat membantu pencernaan atau metabolisme makanan yang ada dalam tubuh. Bahkan banyak para ahli yang sudah melakukan riset dan juga menemukan bahwa temulawak ini efektif digunakan untuk meredakan perut kembung sampai dengan meningkatkan nafsu makan. Sehingga ia banyak dicampur pada obat-obatan atau vitamin untuk anak-anak.

  2. Mengobati osteoarthritis, pasien yang mengalami masalah persendian karena pengaruh usia, seperti diantaranya adalah sendi menjadi kaku dan juga sakit. Maka tidak perlu khawatir karena memang dapat diatasi menggunakan senyawa yang ada dalam temulawak ini. Hal tersebut memang sudah diteliti dalam sebuah jurnal, dimana efeknya memang sama dengan ibuprofen.

  3. Membantu pengobatan pasien kanker, sebuah penelitian juga menemukan bagaimana temulawak ini dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker pada pasien untuk kanker prostat, payudara sampai dengan jenis kanker usus. Bahan tersebut memang berguna untuk menghentikan pertumbuhan dari sel kanker, karena memang ia kaya akan kandungan antioksidan.

  4. Sebagai obat antiradang, ia mengandung senyawa antiradang yang memang bisa bekerja untuk menghambat produksi dari senyawa prostagladin E2, dimana hal tersebut memang dapat memicu terjadinya peradangan. Sehingga sangat membantu dalam mengatasi penyakit yang terjadi akibat peradangan yang ada dalam tubuh.

  5. Bersifat antibakteri dan juga antijamur, beragam senyawa antibakteri dan juga antijamur terdapat dalam bahan tersebut. Sehinggan bagus untuk membunuh beberapa jenis bakteri yang ada dalam tubuh, begitu juga dengan beberapa jenis jamur yang terdapat dalam tubuh dapat diatasi dengan bahan tersebut.

  6. Obat jerawat, bahkan dalam dunia kecantikan sendiri nyatanya rimpang yang satu ini juga banyak digunakan, umumnya sebagai campuran bahan untuk membuat obat jerawat. Karena sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas. Bahkan ia memang memiliki sifat antibakteri, jadi mampu untuk membunuh bakteri pemicu jerawat tersebut.

  7. Dapat menjaga kesehatan liver, senyawa yang terdapat didalam temulawak ini juga akan melindungi hati dari hepatotoksin. Sebut saja diantaranya adalah karbon tetraklorida sampai dengan acetaminiphen. Dimana bahan tersebut jika terserap terlalu banyak oleh hati, maka dalam jangka waktu panjang akan memicu masalah kesehatan yang serius. Dengan mengonsumsi temulawak secara teratur maka akan sangat membantu dalam menetralisirnya.

  8. Obat diuretik, ternyata temulawak ini juga mampu membersihkan kelebihan garam yang ada dalam tubuh.

Manfaat temulawak ini sekarang bisa kita rasakan secara praktis atau mudah dalam bentuk obat yang siap untuk dikonsumsi yaitu Herbana. Sehingga nantinya jika kita memerlukan, tidak perlu repot-repot lagi dalam pengolahannya sebelum digunakan. Nah yang ingin merasakan manfaat temulawak, bisa mencoba herbal dari Herbana ini :)

No comments:

Post a comment

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran