Friday, October 22, 2021

Hoala & Koala, Lagu Animasi Anak Indonesia

Hoala dan Koala


Hoala & Koala, Lagu Animasi Anak Indonesia. Lagu-lagu anak-anak yang saya kenalkan pada anak-anak saya sewaktu mereka masih kecil, adalah lagu-lagu anak-anak yang pernah saya nyanyikan saat saya kecil (juga), seperti lagu Topi Saya Bundar, Naik-naik ke Puncak Gunung, Lihat Kebunku, Pelangi-pelangi, Burung Kakatua, dll. See? Berarti tidak ada lagu-lagu anak-anak yang baru yang saya kenalkan pada anak-anak saya. Kenapa? Karena memang tidak ada. Atau mungkin ada, tapi hanya sedikit jumlahnya, tidak seperti saat saya kecil dulu yang penuh dengan lagu-lagu anak-anak, dan bisa saya kuasai bahkan diingat ketika saya sudah memiliki anak. Sehingga lagu-lagunya bisa turun temurun. Mungkin kelak, ketika anak-anak saya sudah memiliki anak juga, mereka akan mengenalkan lagu-lagu anak-anak yang pernah saya ajarkan dan mereka hapalkan. 

Padahal kita ketahui banyak manfaat mengenalkan lagu-lagu anak-anak pada si kecil. Jadi ingat, dulu sewaktu anak-anak saya bisa bernyanyi lagu-lagu anak-anak yang saya kenalkan pada mereka, mereka terlihat gembira sekali, tertawa-tawa, bertepuk tangan dengan antusias. 

Manfaat Mengenalkan Lagu Anak-Anak Pada Si Kecil

Diantara manfaat mengenalkan lagu anak-anak pada si kecil yaitu :

• Kosakata si kecil akan bertambah

• Hati si kecil akan selalu riang gembira

• Kemampuan berbahasa akan meningkat

• Otak si kecil akan berkembang secara optimal

• Mempertajam daya ingat si kecil

Tapi bersyukur, walaupaun anak saya sudah besar sekarang ini, tahun 2020 lahirlah karakter musikal yang bernama Hoala & Koala. Hoala seorang gadis kecil yang memiliki sahabat Koala bernama Koala :) Karakter ini banyak mengenalkan lagu-lagu anak-anak baru, yang tentunya sangat mudah diikuti oleh orang tua dan anak-anak. Semua videonya bisa dilihat di channel Youtube Hoala dan Koala.

Tentang Hoala & Koala

Hoala & Koala adalah karakter musikal yang sangat gemar menyanyi. Karakter ini diciptakan untuk  terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya.  Hoala & Koala adalah sepasang sahabat. Karakter ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital. Mengapa harus digambarkan dengan karakter 3D? Karena karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.

Hoala & Koala diciptakan dengan karakter animasi 3D yang selalu bernyanyi lagu-lagu anak-anak, yang mudah diikuti dan dihapalkan oleh orang tua dan anak-anak. Lagu-lagu yang dinyanyikan sesuai dengan kegiatan yang sedang Hoala & Koala lakukan. Seperti pada video youtube Hoala & Koala ini tentang lagu anak cuci tangan Hoala Koala.


Hoala dan Koala


Lagu dan animasi anak Indonesia Hoala & Koala ini yang diciptakan untuk terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya, diharapkan terus berinovasi dan memiliki kreativitas yang tinggi, sehingga anak-anak tidak mudah bosan dengan menonton videonya. Dengan begitu, karakter Hoala & Koala menjadi nomor satu di hati para anak-anak dan para orang tua. 

Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala. Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.

Melihat kebanyakan musik dan lagu anak-anak di Indonesia selama ini tidak pernah mendapat perlakuan istimewa dalam sisi penggarapan, Hoala & Koala menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.

Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam pemilihan genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Kehadiran Hoala & Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak. 

Hoala dan Koala


18 comments:

  1. Nah ini menarik banget buat si kecil ini, apalagi belakangan ini si kecil lebih suka buka youtube buat lihat video kartun sambil bernyanyi dan ada edukasinya. Mantap banget ini hoala dan koala.

    ReplyDelete
  2. bener nih Hoala dan koala memang menyediakan beragam lagi, jadi si kecil bisa mengenal dan belajar banyak.

    ReplyDelete
  3. Asyik banget, ya, apalagi kartun edukasi kayak gini pasti disukai si kecil dan menarik serta bermanfaat untuk si kecil.

    ReplyDelete
  4. Mantap ini hoala dan koala kalau mengingat ini juga mengajarkan keragaman musik di Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Rekomended banget ini mah apalagi kartun video sambil bernyanyi ini memberi edukasi dan bermanfaat untuk si kecil selain menarik.

    ReplyDelete
  6. Kalo ada ponakanku yg balita main ke rumah, kayaknya perlu banget diajak nyanyi bareng Hoala dan Koala.
    Bikin bocah bahagiaaaa ini ya Mba

    ReplyDelete
  7. seruuuu.. sekarang ada hoala & koala. anakku pun ku ajak nonton ini biar happy dia bisa nyanyi2..

    ReplyDelete
  8. Senang banget ada HOala dan Koala, jadi punya referensi tontonan berfaedah dan mendidik buat anak-anak.
    Lagu-lagunya juga pas banget buat usia anak-anak, dengan bahasa yang mudah dipahami :)

    ReplyDelete
  9. Semoga semakin banyak lagu anak berkualitas yg menarik sehingga anak2 dapat menynyikan lagu yg pas dg usianya ya

    ReplyDelete
  10. Hoala dan koala jadi hiburan anak2 zaman now, disaat minimnya lagu anak Indonesia, Hoala dan Koala hadir jadi hiburan pada anak. 5 album dan 45 lagi dapat membuat anak menjadi cerdas.

    ReplyDelete
  11. Senang banget saat tau ada Hoala & Koala yang menghiasi lagu² anak Indonesia. Apa lagi dibuat dengan animasi 3D yang sangat menarik ya, mbak ��

    ReplyDelete
  12. Akhirnya ada lagu anak lagi. Senang banget dengarnya. Judulnya bagus ya Hoala dan Koala.

    ReplyDelete
  13. Gemes banget lihat karakter Hoala Koala ini yaa..
    Apalagi kegemarannya sama seperti anak-anak yang riang gembira dan suka sekali bernyanyi. Bagus banget pengembang Hoala Koala dalam memperdalam karakter yang dekat dengan dunia anak-anak.

    ReplyDelete
  14. Iya ya yang namanya lagu anak2 tak hanya memberkan hiburan buat anak2 tapi juga ada pelajaran di sana, selain pelajaran ttg moral dan kebaikan, anak2 juga secara tak langsung belajar berbahasa dan berkesenian gtu yaa

    ReplyDelete
  15. Udah kutonton juga nih mba youtubenya. Banyak lagu anak yang bagus-bagus ya. Sesuai dengan usia anak-anak.

    ReplyDelete
  16. Wah bagus nih Hoala dan Koala. Menyajikan lagu-lagu anak dalam bentuk animasi ya. Yang begini nih yang bakal disukai anak-anak. Selama ini anak-anakku kalo nyetel lagu anak, larinya pasti ke Nursery Rhymes. Kalo ada Hoala dan Koala begini, bisa nih ke sana. Cus ke Youtube-nya ah. Semoga anak-anakku suka. :)

    ReplyDelete
  17. Bagus Hoala Koala untuk dikenalkan ke para ibu akan bisa merekoendasikan ke anak-anaknya lagu-lagu yang apik sesuai usianya ya mba. Habis sekarang banyak banget anak-anak yang justru hapa lagu dewasa

    ReplyDelete
  18. Asiik nih, ku punya ponakan kecil, mau tak rekominin sama adekku buat kenalan sama Hoala Koala. Biarkan anak2 bermain dan bernyanyi sesuai dengan umurnya yaa.

    Duh ku jadi inget sama lagunya nyam..nyam..nyam..nyam..nyam..selalu ku pake buat sound kalo pas aplot makanan hahaa.

    ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran