Saturday, November 13, 2021

Bersepeda Menuju Saung Ende (Bersepeda Part 4)

walau keringetan, tapi happy 😀

Bersepeda Menuju Saung Ende (Bersepeda Part 4). Di Serang waktu itu, Saung Ende sebuah rumah makan yang berkonsep alam, bahkan ada sungai mengalir di dalam rumah makannya, merupakan tempat makan yang lumayan terkenal, padahal rumah makan yang baru dibuka. Karena mungkin mengusung konsep rumah makan alam dan memang tempatnya pun jauh dari hiruk pikuk jalanan. Lokasinya berada di dalam, dekat dengan hutan dan kebun. Dari jalan raya, harus masuk lagi ke dalam dan lumayan jauh dengan jalan yang kecil tapi sudah di aspal. Dan Saung Ende ini menjadi incaran para goweser menuju ke arah sana karena memang kontur tanahnya juga menantang alias nanjak wkwkwk... walaupun ketika para goweser kesana yang otomatis masih pagi, rumah makannya belum buka hehe... 'E' pertama pada kata Ende dibacanya seperti 'E' pada kata 'kesayangan' ya... 😀 Arti kata Ende menurut bahasa Jawa Serang adalah nenek.

Nah.. karena Saung Ende lumayan terkenal di kalangan goweser, saya dan suami pun tertarik dong untuk bersepeda kesana. Seperti biasa, kalau gowes jauh pasti di saat weekend. Dan... tersusunlah rencana bersepeda menuju Saung Ende

Perjalanan Menuju Saung Ende

Seperti biasa, sekitar jam 6 pagi kami sudah mulai gowes. Dari rumah, kami bersepeda mengambil arah ke Taktakan (memang rutenya ke arah Taktakan). Rute jalan raya yang lumayan ramai kendaraan dengan jalan raya yang lebar. Jalannya sih bagus, beraspal di sepanjang jalan. Tapi rute ke Taktakan tidak seperti rute bersepeda ke Banten Lama yang datar. Rute ke Taktakan ada tanjakan tapi tidak banyak seperti waktu saya bersepeda ke Tugu Puncak Bukit Sayar dan Desa Kuranji

Sempat nyasar waktu belokan, karena kami tidak tahu belokan menuju Saung Ende itu yang mana, bertanya pada warga gak ada yang tahu, ternyata belokannya masih jauh lagi wkwkwk., pantes warga sekitar gak tahu 😊Akhirnya kami menuju jalan utama lagi (balik kanan), untuk mencari belokan menuju Saung Ende. Setelah meraba-raba (menggunakan google map, google map-nya ngaco), akhirnya ketemu juga belokan menuju Saung Ende. Masuk ke jalan yang lebih kecil dari jalan raya, ternyata ada jalan yang sudah hancur tapi tidak banyak, ada juga jalan tanah yang tergenang air jadi becek, karena memang setelah hujan. Tapi Alhamdulillah ketika kami bersepeda, cuaca cerah. Keringat pun mengucur deras. Masuk ke jalan yang lebih sempit, berarti sudah masuk ke perkampungan warga. Sambil bersepeda santai, kami menikmati pemandangan yang masih asri karena masih banyak lahan berupa kebun-kebun. Kami pun melewati tempat pemancingan yang disewakan. Sempat foto-foto juga untuk mengingat bahwa kami pernah bersepeda kesini 😅

Alhamdulillah setelah melewati lika liku perjalanan, akhirnya kami sampai di Saung Ende dengan bersepeda. Kami gak ketinggalan dong sama goweser lainnya hehehe... Seperti yang saya bilang, nyampe Saung Ende, rumah makannya belum buka, jadi kami hanya duduk-duduk di warung dadakan di depan Saung Ende, yang sepertinya mereka berjualan memang khusus untuk para goweser yang datang kesitu. Mungkin mereka memanfaatkan moment, karena tempat makan Saung Ende belum buka, maka warga setempat membuka warung dadakan untuk sekedar minum dan ngemil. Yang belum sarapan juga bisa sarapan disini. Kami pun memesan minuman dan ngemil disini.

Sebetulnya, dari Saung Ende ini, bisa terus masuk ke dalam. Di dalam sana ada hutan dan setelah melewati hutan, ada perkampungan. Di perkampungan itu ada yang menjual lupis enak, dan sudah terkenal juga di kalangan goweser. Saya pun pernah kesitu menggunakan sepeda, tapi ceritanya di lain kesempatan ya, karena gowes kali ini, kami hanya sampai Saung Ende saja.

Setelah dirasa cukup kami duduk-duduk beristirahat sambil minum dan ngemil juga melihat sungai yang berada di dalam Saung Ende tapi bisa terlihat dari luar yang airnya sepertinya sedang surut, kami pun kembali ke arah semula untuk pulang.

Nah... pulangnya ini,  ada tanjakan yang tidak bisa saya gowes (gak kuat wkwkwk), akhirnya sepeda saya dorong a.k.a tuntun 😃

Setelah sepeda memasuki jalan raya, enaknya ketika pulang banyak turunannya karena waktu berangkat tadi banyak tanjakan.

Alhamdulillah kami sampai rumah dengan selamat. Enaknya bersepeda itu, selain sambil melihat pemandangan alam yang indah-indah, walaupun badan cape, tapi puas dan happy, juga ke badan terasa segar. Semoga selalu diberi kesehatan sehingga masih bisa terus bersepeda.

19 comments:

1. Pernah sekali ke saung ende. Naik motor. seruu jalannya asri ya mbak. sepanjang jalan tengok kanan kiri liat pemandangan.

Replies
    1. Iya.. masih asri. Apalagi kalau masuk ke dalam lagi. Udaranya lebih segar karena kanan kiri hutan

Delete
  2. Mbaaa, seruu banget gowesnyaaaa, apalagi gowes bareng kesayangan, makin assoy geboy yaakk
    aku udah lama nih engga gowes jarak jauh.
    palingan deket2 kompleks rumah doang.
    padahal, sensasi gowes jarak jauh tuh super mengasikkaan yak.

1. Mengasyikan banget hehe... walau cape tapi terbayar 😁

Delete
  3. Wah bersepeda lagi, jadi pengin juga apalagi sampai ke tempat yang bagus gini sekalian olahraga, hehe.

ReplyDelete
  4. Wah asyik banget gowes sembari menikmati pemandangan yang bikin hati adem nih. Aku cuma berani keliling komplek aja nih sepedahan, jajan nasi kuning trus pulang lagi deh, payah lah hahaha

5. Mba, berarti berapa kilo mba bersepeda nya. Ih sama kayak aku pas tanjakan juga kadang nggak siap juga dan milih nuntun sepeda. Heheh

1. PP 20kiloan mba...
      iya daripada gak kuat, jadi mending didorong hehehe

Delete
  6. Wah kebayang sampai 20 km PP hebatan ih si Mba... saya udah lama ga sepedaan ga bakalan kuat apalagi kalau medannya pas menanjak heu....Tapi jadi pengen latihan nih biar terlatih.

1. Saya mah blm seberapa mba hehehe, ada juga yg PP 50km

Delete
  7. wow bersepeda sambil berwisata ya mbak ceritanya. Dapat sehatnya dapat pula hepi-nya. Aku juga seneng lho bersepeda sambil masuk tempat wisata, biasanya digratiskan tiket masuknya karena kita naik sepeda...hehehe modus kali ya...tapi sumpah seru kok...apalagi dimusim pandemi seperti sekarang.

ReplyDelete
  8. wuihh keren nih, mbak.

Aku baru nggowes di jalan raya aja..
    belum pernah ke daerah yang rada masuk-masuk gitu, mbak

ReplyDelete
  9. aku pikir saung ende salah satu nama kota yang ada di NTT, ternyata beda sama arti nama yang di tulis diatas.
    Keren juga nih, gowes sepedanya...

10. Seru nih kisah perjalanan bersepedanya. Aku masih menghindari tanjakan mba sampai saat ini. Tanjakan di dalam kota aja masih bikin ngos-ngosan. Mungkin nanti kalau sudah cukup terlatih, punya nyali untuk mencoba tanjakan. :)

11. Juara kka Santiii..
    Aku apakabar?
    Baru naik sepeda seputaran Arcamanik ((yang jalanannya datar aja)) langsung ngambek badannya. huhu...

Ini ke Saung Ende yang track nya sungguh penuh tantangan. Juara banget...kak Santiiii~

12. Aaah senangnya
    Makin langsing dengan bersepeda
    Selain sehat bisa dapat banyak pengalaman dan keindahan tak terlupakan pula
    Ah, jadi mau beli sepeda dong jadinya

13. aku salfok sama judulnya tadi mbak, aku kira Ende yang di Flores sana
    aku pengen gowes minggu pagi tapi sepeda nggak punya :D
    kalau liat temen-temen sepedaan, seruuu gitu

pagi pagi sambil menghirup udara pagi, pasti nyenengin ya

ReplyDelete

terima kasih sudah memberikan komentar, kritik dan saran